5 Cara Mudah Atasi Kulit Bruntusan, Baik dengan Skincare Maupun Bahan Alami

5 Cara Mudah Atasi Kulit Bruntusan, Baik dengan Skincare Maupun Bahan Alami

Pernahkah kamu mengeluhkan wajahmu yang tiba-tiba muncul banyak bintik-bintik kecil? Bintik tersebut disebut juga dengan bruntusan. Bruntusan memang bukanlah masalah kulit yang cukup serius, namun keberadaanya ternyata cukup mengganggu penampilan, karena menyebabkan kulit tampak lebih kasar dan tidak rata. Bruntusan dapat muncul pada siapapun di usia berapapun, baik anak-anak, remaja, maupun orang dewasa, dengan berbagai jenis kulit wajah. Pada umumnya, bruntusan akan muncul disertai dengan sedikit rasa gatal.

Bruntusan sendiri dapat muncul pada area wajah, dan yang paling rentan yaitu seperti hidung, dahi, serta dagu. Namun, sebenarnya bruntusan juga dapat muncul pada bagian tubuh yang lainnya lho, seperti punggung, lengan dan juga dada. Bruntusan bisa muncul hanya 1 atau 2 saja pada satu titik, namun tak jarang bruntusan dapat muncul secara menggerombol pada area wajah. Mengganggu tentunya kan?

Baca Juga : 5 Cara Tepat Atasi Tekstur Kulit Tidak Rata

Lalu apa sih yang menyebabkan munculnya bruntusan pada area wajah ? Ada beberapa penyebab umum kenapa bruntusan dapat muncul pada wajahmu. Beberapa penyebabnya yaitu diantaranya :

1. Penggunaan skincare yang tidak tepat

Setiap produk skincare pastinya memiliki manfaat dan juga kandungan yang berbeda pula. Maka, jika tidak tepat dalam memilih produk skincare atau tidak sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulitmu, maka kulit akan rentan mengalami iritasi, lebih sensitif, dan bruntusan atau breakout juga dapat muncul dengan mudah.

Baca Juga : Wajib Tahu, Ini Dia Beda Purging dan Breakout Akibat Memakai Skincare

2. Tidak menjaga kebersihan wajah dan sekitar

Menjaga kebersihan memang menjadi suatu kewajiban bagi kamu yang menginginkan kulit wajah yang bersih bebas masalah. Bruntusan dapat dengan mudah muncul, jika kondisi wajahmu dalam keadaan yang kotor. Kotoran, debu, dan juga minyak atau keringat, baik yang berasal dari wajah itu sendiri, atau berasal dari make up yang digunakan, rambut kotor yang menempel, sarung bantal, sprei, selimut dan juga kotoran dari lingkungan yang berpindah ke wajah, dapat menyumbat pori – pori, sehingga dapat memicu terbentuknya bruntusan di wajah.

3. Tidak pernah melakukan eksfoliasi

Tidak hanya kotoran dan minyak saja, pori – pori dapat tersumbut yaitu akibat banyaknya sel kulit mati yang menumpuk. Jika kamu jarang bahkan tidak pernah melakukan eksfoliasi, maka tidak heran jika banyak bruntusan yang betah menempel di wajahmu.

Jika tidak segera diatasi, bruntusan akan menyebabkan masalah kulit yang ainnya, sehingga dapat mengganggu dan menjadikanmu tambah tidak nyaman. Bruntusan dapat dengan mudah hilang dan teratasi, jika kamu menerapkan beberapa tips, mulai dari menggunakan skincare sampai dengan bahan alami yang tepat dan mudah berikut ini :

1. Rutin membersihkan wajah

Oily Facial Cleanser

Jika kamu menginginkan wajah bersih bebas bruntusan, rutin membersihkan merupakan kegiatan paling awal yang tidak boleh ditinggalkan dalam merawat kulit. Bersihkan wajahmu paling tidak 2x dalam sehari, yaitu di pagi dan malam hari. Akan lebih baik, jika kamu menerapkan double cleansing pada malam hari, agar make up dan kotoran yang menempel akibat beraktivitas seharian, dapat dengan mudah terangkat.

Untuk membersihkan wajah, kamu bisa menggunakan facial wash yang cocok untuk kulit bruntusan. Oily facial cleanser dari Qinara, bisa kamu andalkan untuk mencegah dan mengatasi bruntusan yang ada. Pastikan kamu menggunakan oily facial cleanser setiap hari dengan benar, agar wajah benar – benar bersih, dan bruntusan tidak terlihat lagi. Facial wash ini juga sangat cocok digunakan bagi yang memiliki masalah kulit berminyak, berjerawat dan komedo.

2. Menjaga kelembaban kulit

Night Cream Moisturist

Setelah wajah sudah bersih bebas kotoran dan minyak, maka langkah selanjutnya yaitu menggunakan pelembab. Baik kulit normal, kering, berminyak atau berjerawat, menggunakan pelembab wajib bagi kamu yang tidak menginginkan wajahmu bermasalah, salah satunya yaitu munculnya bruntusan. Penggunaan pelembab mampu menjaga kondisi skin barrier lebih optimal, sehingga mencegah efek buruk lingkungan, radikal bebas dan juga bakteri yang menyebabkan bruntusan. Penggunaan pelembab juga dapat mencegah kulit memproduksi sebum berlebih yang dapat menyumbat pori-pori, penyebab bruntusan.

Gunakan selalu pelembab di pagi dan malam hari setelah membersihkan wajah dan pilihlah pelembab yang nyaman dan mudah meresap ke dalam kulit. Kamu bisa mencoba produk pelembab Qinara yaitu Night Cream Moisturist, yang merupakan pelembab yang mengandung antioksidan tinggi, yang dapat mengunci kelembaban kulitmu dengan baik.

3. Menggunakan Sunscreen

Daily Cream White Intensive Sunscreen

Penyebab bruntusan bisa juga dikarenakan paparan sinar matahari dan perubahan cuaca serta iklim yang ekstrim. Kondisi tersebut mengakibatkan kondisi kulit tidak stabil, dan berbagai macam masalah kulit dapat muncul.

Untuk mencegah efek buruk sinar matahari dan cuaca, maka penggunaan sunscreen sangatlah dibutuhkan. Sunscreen dengan kandungan SPF 30 akan membantu menghalau efek buruk sinar UV dan juga radikal bebas penyebab bruntusan. Daily cream white intensive sunscreen dan Oily facial cleanser, bisa kamu gunakan, karena sudah mengandung SPF 30, kaya akan vitamin dan antioksidan, serta berperan juga dalam menjaga kelembaban alami kulitmu.

4. Tidak melupakan Eksfoliasi

Pinterest.com

Penumpukan sel kulit mati memang sangat berdampak pada kesehatan dan kecantikan kulit. Cara mengatasi agar sel – sel kulit mati dan juga kotoran tidak terus menerus menumpuk dan menghalangi pori – pori, melakukan eksfoliasi merupakan langkah yang sangat tepat. Dengan melakukan eksfoliasi secara rutin setiap minggunya, yaitu 1 – 2 kali dalam seminggu, maka sel kulit mati dan kotoran penyebab bruntusan dapat dengan mudah dan hilang. Pastikan kamu memilih produk eksfoliasi yang aman, tidak menjadikan kulit sensitif dan iritasi, serta sesuai dengan jenis kulitmu.

5. Bahan alami

Cara yang cukup mudah dan paling aman untuk mengatasi bruntusan yaitu menggunakan bahan-bahan alami. Beberapa bahan alami memang memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kecantikan kulit wajah. Bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi bruntusan diantaranya :

Baca Juga : Bahan – Bahan Alami yang Ampuh Atasi Kulit Wajah Kering

a. Madu

Pinterest.com

Khasiat madu bagi kesehatan tubuh dan kulit sudah tidak diragukan lagi. Madu juga terkenal dengan manfaatnya yang dapat mengatasi kulit kusam dan kering. Namun ternyata, madu juga memiliki manfaat yang baik dalam mengatasi masalah jerawat meradang dan bruntusan. Cara menghilangkan bruntusan dengan madu sangatlah mudah. Hal yang perlu dilakukan yaitu, membersihkan wajah terlebih dahulu, kemudian mengoleskan madu pada wajah dan mendiamkannya sekitar 30 menit saja, lalu bilaslah menggunakan air dan sabun wajah. Jika rutin mengaplikasikannya, maka bruntusan di wajahmu dapat cepat hilang.

b. Aloe Vera

Tanaman aloe vera atau lidah buaya memang sangat terkenal di dunia kecantikan, salah satunya untuk mengatasi bruntusan. Lidah buaya disebut mampu mengatasi gatal akibat iritasi dan bruntusan, karena mengandung vitamin E yang cukup. Kamu hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada area wajah, diamkan beberapa menit, kemudian membilasnya dengan air.

c. Es batu

Pinterest.com

Bruntusan juga dapat mudah hilang hanya dengan menggunakan es batu saja lho. Sensasi dingin yang dihasilkan es batu mampu meredakan rasa gatal akibat bruntusan dan juga peradangan pada kulit. Cukup tempelkan es batu pada wajah yang mengalami bruntusan, maka bruntusan dan kemerahan di wajah bisa teratasi.

Sekarang sudah tahu kan, apa saja penyebab bruntusan dan bagaimana cara mengatasinya?. Terapkan beberapa tips di atas dengan benar, maka masalah bruntusan dapat mudah teratasi. Akan tetapi, jika bruntusan tak kunjung sembuh dan semakin bertambah banyak, segeralah untuk mengunjungi dokter ya.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0
X