5 Cara Tepat Menyembuhkan Jerawat Batu, agar Tidak Semakin Meradang

5 Cara Tepat Menyembuhkan Jerawat Batu, agar Tidak Semakin Meradang

Salah satu masalah kulit wajah yang banyak dikeluhkan karena sangat mengganggu penamapilan yaitu adanya jerawat. Ternyata jerawat tidak hanya satu jenis saja lho, banyak sekali jenis-jenis jerawat yang muncul pada daerah wajah yang berbeda, dan disebabkan oleh berbagai faktor. Jerawat batu, merupakan salah satu jenis jerawat yang bisa disebut paling parah dan paling menyiksa. Keberadaan jerawat batu kerap kali membuat stress karena selain menjadikan wajah tidak menarik, tentunya ada rasa nyeri yang dirasakan.

Jerawat batu atau bisa disebut juga dengan crystal acne, merupakan jenis jerawat yang cukup parah yang terbentuk karena adanya infeksi pada lapisan kulit yang sangat dalam. Infeksi tersebut diakibatkan karena adanya sel-sel kulit mati, kotoran, minyak, dan juga bakteri yang terperangkap di dalam kulit, sehingga menyebabkan pori-pori tersumbat dan menimbulkan reaksi peradangan. Selain akibat pori-pori yang tersumbat, jerawat batu bisa muncul dikarenakan berbagai faktor, yaitu seperti faktor perubahan hormon, genetik, kulit yang terlalu berminyak, dan penggunaan obat atau skincare tertentu.

Baca Juga : Pori – Pori Besar Mengganggu Penampilan ? Ini Dia Cara Aman untuk Mengecilkannya

Jerawat batu memiliki ukuran yang cukup besar dibandingkan jenis jerawat lainnya, karena di dalamnya berisi nanah, yang apabila pecah akan menginfeksi atau menyebar pada area wajah lain, dan menimbulkan munculnya jerawat batu yang lain disekitarnya. Ketika disentuh, permukaan jerawat batu akan terasa lembut, namun ketika ditekan jerawat batu tersebut akan terasa keras dan berisi. Tidak hanya itu, jerawat batu juga dapat menimbulkan rasa sangat nyeri saat disentuh lho, apalagi jika jerawat batu tersebut sedang pada fase memerah dan meradang. Keberadaanya di wajah bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama, dan ketika pecah dapat meninggalkan bekas yang butuh waktu yang cukup lama juga untuk di samarkan. Oleh karena itu, pengobatan dan perawatan jerawat batu, lebih dianjurkan dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, agar diberikan penanganan yang tepat.

Namun, jika ingin mengobat jerawat batu sendiri di rumah, kamu bisa melakukan beberapa rangkaian perawatan berikut, untuk meredakan peradangan dan menyembuhkannya :

1. Kompres es batu

Pinterest.com

Timbulnya rasa nyeri dikarenakan adanya pembengkakan yang terjadi pada jaringan kulit yang dalam. Untuk meredakan rasa nyeri akibat efek peradangan tersebut, kamu bisa memanfaatkan es batu sebagai pertolongan pertama. Suhu es batu yang sangat dingin itu lah yang dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa nyeri pada jerawat batu. Memanfaatkan es batu sebagai pereda peradangan, juga dapat membantu mengecilkan ukuran pori-pori wajah, sehingga bakteri penyebab crystal acne tidak mudah untuk masuk. Cara memanfaatkan es batu yaitu, dengan menggunakan handuk, kain atau tissue sebagai pembungkusnya, kemudian tempelkan pada jerawat 1 – 2 menit saja. Pastikan kamu tidak menempelkan secara langsung es batu pada jerawat, dan pastikan juga wajahmu dalam keadaan bersih.

2. Rajin membersihkan wajah

Oily Facial Cleanser

Apapun jenis jerawatmu, membersihkan wajah merupakan keharusan yang tidak boleh dilupakan. Untuk mengatasi jerawat batu, kamu bisa menggunakan facial wash yang mengandung salysilic acid di dalamnya. Salysilic acid dapat bekerja efektif dalam mengangkat kotoran, minyak dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Salysilic acid juga dapat membantu menghambat pertumbuhan dari bakteri penyebab crystal acne lho, karena memiliki sifat sebagai anti inflamasi yang baik, sehingga jerawat batu pun tidak mudah muncul. Cukup bersihkan wajah 2 kali dalam sehari, dengan lembut dan tak perlu menggosoknya dengan kasar, agar kondisi jerawat tidak semakin parah.

Baca Juga : 5 Manfaat Salysilic Acid Atasi Kulit Berjerawat

Oily facial cleanser dari Qinara bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membantu mengatasi jerawat batu. Penggunaan Oily Facial Cleanser, membantu mempercepat dan mengeringkan jerawat batu, dengan tetap menjaga kelembaban kulit di sekitarnya.

3. Menggunakan pelembab

Acne Night Care

Mengaplikasikan pelembab setiap hari tetap harus lakukan ya. Hal ini bertujuan untuk tetap menjaga kelembaban kulit, mengontrol minyak alami kulit, serta mencegah rusaknya skin barrier. Pilihlan pelembab yang mengandung oil free dan bersifat non comedogenik, agar minyak pada kulit tidak semakin bertambah dan tidak ada resiko penyumbatan pada pori-pori wajah lagi. Menggunakan pelembab dengan kandungan niacinamide merupakan salah satu solusi yang tepat. Niacinamide membantu mengurangi efek kemerahan dan peradangan pada kulit, serta mengembalikan fungsi dari skin barrier.

Baca Juga : Tips Memilih Moisturizer yang Sesuai Jenis Kulit

Pelembab yang bisa kamu gunakan yaitu Acne night care dari Qinara. Krim tersebut, sudah diformusalikan bagi kamu yang memiliki masalah kulit berminyak serta berjerawat. Dengan kandungan oil free dan bersifat non comedogenik, acne night care dapat merawat kulit yang berjerawat dengan baik. Selain itu, kandungan niacinamide di dalamnya juga dapat membantu menyamarkan flek atau bekas jerawat batu yang tertinggal.

4. Spot Acne Treatment

Acne Solution

Spot acne treatment atau Obat jerawat yang dioleskan pada jerawat batu, membantu menghentikan aktivitas bakteri penyebab peradangan akibat crystal acne. Karena pengaplikasiannya dioles pada area yang berjerawat saja, maka obat jerawat dapat bekerja dengan langsung dan fokus pada pusat permasalahan jerawat saja, sehingga proses penyembuhan jerawat dapat berjalan optimal.

Acne solution dari Qinara, merupakan salah satu jenis obat jerawat yang sangat efektif untuk menyembuhkan jerawat batu dan mengatasi masalah peradangannya. Acne solution mengandung salysilic acid, sehingga berperan penting dalam mengempiskan jerawat batu, dan mencegahnya tumbuh kembali.

5. Antibiotik oral

Antibiotik oral merupakan salah satu jenis obat jerawat, yang digunakan untuk menghilangkan jerawat batu. Antibiotik tida dapat berperan dalam mengontrol produksi sebum, dia hanya bekerja dengan cara mengurangi peradangan dan bakteri yang dapat memicu terbentuknya jerawat batu. Penggunaan antibiotik sebaiknya sesuai dengan petunjuk pemakaian atau sesuai dengan resep dokter. Penggunaan antibiotik yang berlebih, mengkhawatirkan dapat menimbulkan resiko terjadinya resistensi bakteri, sehingga jerawat batu susah untuk di hilangkan lagi.

Itu lah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk meredakan dan menyembuhkan jerawat batu yang ada. Selain melakukan perawatan di atas, pastikan kamu menerapkan pola hidup sehat, agar tubuh dapat membantu melawan bakteri penyebab inflamasi pada jerawat batu tersebut. Atur pola tidur yang cukup, konsumsi makanan yang bernutrisi, hindari stress berlebih, serta cukupi kebutuhan cairan tubuh, maka jerawat batu dan peradangan yang diakibatkannya dapat mudah di atasi.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X