5 Cara Tepat Merawat Kulit di Sekitar Mata, Agar Terhindar dari Masalah Penuaan

5 Cara Tepat Merawat Kulit di Sekitar Mata, Agar Terhindar dari Masalah Penuaan

Sudah diketahui bahwa, kulit di sekitar area mata atau kelopak mata merupakan kulit yang paling tipis dengan ketebalan 0,5 mm, dan lebih sensitif dibandingkan dengan kulit pada area wajah lainnya. Selain itu, kulit area mata ternyata tidak memiliki lapisan lemak seperti area yang lain, sehingga rentan mengalami berbagai masalah kulit, terutama masalah aging atau penuaan. Masalah kulit di sekitar area mata juga disebabkan karena terlalu sering adanya pergerakan pada area mata setiap harinya, seperti untuk berkedip, mengerutkan mata, atau saat mengekspresikan emosi.

Lalu, apa saja sih masalah kulit yang sering muncul pada sekitar area mata ? Dan berikut macam masalahnya :

1. Dark circle (Lingkaran hitam)

Pinterest.com

Dark circle atau lebih sering disebut dengan mata panda merupakan masalah kulit pada area mata, dimana terjadi penggelapan warna atau perubahan warna pada bagian bawah mata. Penggelapan warna pada mata atau mata panda tersebut, bisa disebabkan karena faktor genetik atau keturunan dan akibat produksi melanin yang berlebih, sehingga memberikan efek gelap pada bagian bawah mata. Mata panda bisa juga berwarna merah, ungu atau biru yang bisa disebabkan karena faktor lingkungan, serta kurang tidur dan stress berlebih.

Baca Juga : Kenali 7 Penyebab Mata Panda dan Cara Mengatasinya

2. Eye bag (kantung mata)

Pinterest.com

Eye bag atau kantung mata terjadi akibat kulit mulai mengalami pengenduran dan melemah sehingga akan membentuk seperti kantong. Bantalan lemak yang terdapat pada bawah mata melentur ke bawah untuk mengisi ruang. Penyebab timbulnya kantung mata yaitu dikarenakan menumpuknya cairan di sekitar mata, akibat perubahan hormon, stress, kelelahan, dan terlalu banyak mengonsumsi garam. Selain itu, kantung mata juga bisa diakibatkan karena bertambahnya usia dengan produksi kolagen yang rendah. Kolagen yang rendah tersebut, dapat menurunkan elastisitas dan kekencangan kulit, sehingga kulit akan terlihat lebih mengendur.

3. Fine lines (kerutan di mata)

Pinterest.com

Kerutan di sekitar mata merupakan kondisi kulit dimana akan muncul seperti lekukan, atau lipatan kecil, dan juga garis – garus halus yang disebabkan oleh beberapa faktor. Kerutan yang muncul pastinya mengganggu penampilan dan mengakibatkan wajah akan terlihat lebih tua. Kerutan pada area mata tersebut, bisa diakibatkan karena pergerakan dari mata yang terlalu sering, faktor usia, kebiasaan tidur yang terlalu mendorong wajah ke bantal, serta hilangnya kelembapan kulit akibat dehidrasi.

Masalah kulit di sekitar area mata tersebut, jika tidak segera diatasi dengan baik, maka dapat mengganggu penampilan dong tentunya. Oleh karena itu, segeralah melakukan tindakan pencegahan dan perawatan yang tepat, agar kulit area mata tetap terlihat cerah dan cantik tanpa mengalami masalah.

Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan, jika kamu tidak menginginkan kulit disekitar matamu mengalami masalah :

1. Sunscreen

Daily Cream White Intensive Sunscreen

Mengatasi berbagai macam masalah kulit memang tak pernah terlepas dari bantuan sunscreen. Seperti halnya masalah kulit yang lain, masalah pada area mata baik kantung mata, mata panda, dan kerutan, semuanya dapat diatasi dan diperbaiki dengan penggunaan sunscreen secara teratur. Menggunakan sunscreen setiap hari, akan membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang dapat memperparah hiperpigmentasi pada kulit. Sinar UV dapat memecah kolagen pada kulit yang akan berdampak pada elastisitas kulit yang menurun dan kulit menjadi kendur. Oleh karena itu, kamu perlu mengoleskan sunscreen setiap harinya, agar kerusakan kolagen dapat dihindari.

Baca Juga : Tips Memilih Sunscreen yang Tepat Sesuai Jenis Kulit

Maka dari itu, pastikan kamu tidak melewatkan area mata saat mengaplikasian sunscreen. Namun, jangan lupa untuk selalu memilih dan menggunakan sunscreen yang sesuai dengan jenis dan kondisi kulitmu ya. Kamu bisa menggunakan Daily cream white intensive sunscreen dan Suncare oily high protection dari Qinara, untuk membantu mencegah kerusakan lapisan kulit area mata akibat terlalu sering terpapar sinar matahari secara langsung.

2. Pola hidup terjaga

Pinterest.com

Menerapkan pola hidup sehat merupakan salah satu cara basic yang sangat mudah dan harus kamu lakukan. Untuk mengatasi masalah pada area mata seperti mata panda dan kantung mata, mulai sekarang kamu harus mengatur atau memperbaiki pola tidurmu, Karena salah satu penyebab munculnya masalah pada area mata, yaitu karena kurangnya waktu tidur. Cobalah untuk mencukupi waktu tidurmu 7-9 jam dalam sehari dengan posisi yang nyaman, dengan menopang kepala sedikit tinggi, agar tidak terjadi penumpukan cairan.

Migonsumsi minuman beralkohol dan berkafein tinggi juga bisa menjadi salah satu penyebab masalah pada area mata lho. Diketahui, minuman dengan kandungan tersebut dapat mengakibatkan dehidrasi ringan, serta mengganggu jam tidur dan membuat kantung mata dan mata panda akan nampak terlihat jelas. Sebaiknya cukup penuhi cairan tubuh dengan air putih biasa minimal 2 liter per hari dan diimbangi dengan konsumsi makanan bernutrisi, agar kulit terhidrasi dengan baik dan tetap sehat.

3. Pijat wajah

Pinterest.com

Sudah diketahui bahwa melakukan pijat wajah memang sangat membantu menjadikan kulit nampak lebih muda dan terbebas dari penuaan. Masalah pada kulit mata juga bisa diatasi dengan melakukan pijat wajah secara benar dan rutin setiap harinya. Dengan melakukan pijat wajah, maka sirkulasi darah akan meningkat dan berjalan dengan lancar, sehingga masalah kantung mata dan tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan dapat teratasi dengan baik, karena tidak ada penumpukan lemak dan racun.

4. Eye mask

Menggunakan eye mask juga dipercaya dapat mengatasi masalah kulit di sekitar mata, seperti mata panda dan kantung mata. Pilihlah eye mask yang mengandung bahan yang tepat, agar dapat diperoleh hasil yang memuaskan. Eye mask dengan kandungan seperti vitamin C, kolagen, niacinamide, dan hyaluronic acid dapat kamu coba untuk mengatasi masalah kulit tersebut. Kandungan eye mask yang kaya antioksidan tersebut, dapat membantu mengurangi produksi melanin dan meningkatkan produksi kolagen, sehingga kulit di sekitar mata akan terlihat cerah merata.

Baca Juga : Apa Itu Kolagen ? Sumber dan Manfaatnya Bagi Kulit

5. Eye cream

Eye cream atau krim mata, merupakan krim perawatan wajah yang berperan dalam melembabkan kulit di sekitar mata, dan berfungsi untuk mencegah penuaan. Kulit di sekitar mata yang 3 kali lebih tipis dibandingan area yang lainnya tersebut, perlu diberikan perawatan yang tepat, karena jika tidak sesuai maka kulit akan mengalami iritasi, kering dan masalah penuaan akan mudah muncul. Penggunaan krim malam yang sesuai, dapat membantu menjaga kulit tetap halus, menyamarkan mata panda serta mencegah keriput dan garis halus. Gunakan krim malam dengan kandungan pelembab yang aman, serta mengandung komposisi yang jelas dan ampuh untuk mengatasi tanda penuaan pada area mata.

Itulah berbagai masalah kulit disekitar mata yang sering muncul yang harus kamu waspadai, serta beberapa cara tepat untuk mengatasinya. Jika kamu menginginkan kulit disekitar mata yang selalu terlihat sehat dan cantik, kamu bisa menerapkan tips di atas dengan benar dan rutin.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0
X