5 Tanda Kulitmu Tidak Cocok dengan Produk Skincare Baru

5 Tanda Kulitmu Tidak Cocok dengan Produk Skincare Baru

Menggunakan skincare secara rutin bertujuan untuk menjadikan kulit agar terlihat lebih cantik dan sehat. Tetapi, tidak semua jenis skincare yang digunakan dapat memberikan hasil yang memuaskan seperti yang diharapkan. Butuh waktu untuk bisa menemukan produk skincare yang cocok untuk kulit, karena tidak semua skincare memberikan hasil yang sama pada setiap orang. Bisa jadi salah satu jenis skincare dapat memberikan hasil yang maksimal pada kulit temanmu, namun saat kamu menggunakan jenis skincare yang sama, bukannya mulus dan cantik, yang ada kulitmu menjadi bermasalah. Itu berarti produk skincare yang kamu gunakan tidaklah cocok untuk jenis kulitmu.

Lalu, apa saja sih yang menandakan bahwa skincare yang kamu pakai tidak cocok di kulitmu? Agar tidak penasaran, langsung saja simak penjelasannya di bawah ini :

1. Kulit terasa panas, terbakar atau menyengat

Pinterest.com

Salah satu tanda atau ciri skincare tidak cocok yang paling sering dialami yaitu, kulit akan terasa panas, seperti ada efek terbakar atau terasa menyengat. Penggunaan skincare yang tepat, seharusnya tidak memberikan efek panas atau terbakar pada kulit. Kondisi kulit seperti itu, terjadi karena adanya reaksi iritasi akibat paparan zat alergen atau bahan aktif yang terkandung pada skincare. Kulit menunjukkan tanda-tanda tersebut, dikarenakan kulit melakukan mekanisme pertahanan atau melindungi diri dari bahan aktif yang tidak cocok pada kulit. Efek panas dan terbakar yang dirasakan, biasanya akan muncul setelah kamu mengaplikasikan skincare pada kulit, dan efek nya akan terasa hanya beberapa menit saja. Namun, jika sensasi panas terus menerus muncul, maka segera hentikan penggunaan produk yang kamu pakai.

2. Kulit terasa kering dan mengelupas

Pinterest.com

Ada beberapa produk skincare yang memang memberikan efek samping kulit menjadi kering dan mengelupas setelah menggunakannya. Biasanya produk skincare yang mengandung retinoid atau benzoil perokside lah yang dapat mengakibatkan kulit terasa kering atau mengelupas akibat proses pengangkatan sel-sel kulit mati. Namun, efek tersebut hanya terjadi beberapa kali saja, dan setelahnya kulit akan terasa lebih halus dan mulus. Akan tetapi, jika kulitmu sering terasa kering dan mengelupas dalam waktu yang lama serta tak kunjung mengalami perubahan, maka itu bisa menjadi tanda bahwa kulitmu tidak cocok dengan skincare yang kamu gunakan. Kondisi tersebut, diakibatkan karena kulit mengalami iritasi. Jika tak segera dihentikan pemakaiannya, kondisi kulit bisa menjadi lebih parah, karena akan memerah, meradang dan berubah menjadi sensitif. Hal tersebut, tentunya dapat menjadikn kulit stress dan lebih cepat mengalami proses penuaan.

3. Timbul jerawat di di beberapa area wajah

Pinterest.com

Salah satu ciri lain kulit tidak cocok dengan produk skincare yaitu munculnya jerawat di beberapa area di sekitar wajah. Jerawat-jerawat yang ada atau yang biasa disebut breakout, terjadi karena zat yang ada pada skincare bersifat acnegenik atau karena tidak cocok dengan jenis dan kondisi kulitmu. Jerawat yang muncul akibat tidak cocok dengan produk skincare tertentu, biasanya berjumlah banyak dan cepat berkembang, serta biasanya berada pada area wajah yang sebelumnya tidak pernah ditumbuhi jerawat. Jerawat-jerawat tersebut, akan menjadi lebih parah jika kamu sering menggonta-ganti produk skincare.

Baca Juga : Bahan Aktif yang Cocok untuk Melawan Jerawat

4. Wajah lebih berminyak & muncul flek

Pinterest.com

Ketika kamu merasa kulitmu lebih berminyak atau terasa licin setelah menggunakan suatu produk skincare, itu bisa menandakan bahwa kulitmu kehilangan minyak alaminya. Kulit yang terlalu berminyak, diakibatkan karena produk skincare yang kamu gunakan mengandung bahan aktif atau zat yang terlalu keras, yang tidak bisa memberikan efek melembabkan pada kulit. Hal tersebut mengakibatkan kulit memproduksi minyak dalam jumlah banyak, untuk menggantikan minyak alami yang hilang.

Selain itu, ketidak cocokan pada produk skincare, bisa juga ditandai dengan penampakan wajah yang terlihat lebih gelap dan adanya bintik-bintik hitam, atau flek. Flek hitam ini biasanya lebih sering muncul akibat kulit tidak cocok dengan penggunaan produk berupa krim pemutih, yang di dalamnya terkandung hydrokuinon ataupun asam kojic. Jika flek hitam banyak muncul pada kulit wajah, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter, dan jangan coba-coba untuk menghilangkannya dengan produk krim pencerah atau pemutih lain, karena jika tidak cocok lagi malah dapat memperparah kondisi kulit.

5. Kulit mengalami gatal-gatal dan memerah

Pinterest.com

Gatal-gatal yang kamu rasakan setelah menggunakan produk skincare, juga merupakan ciri-ciri kulit yang tidak cocok dengan skincare yang kamu gunakan. Gatal-gatal terjadi karena adanya reaksi histamin atau alergi akibat penggunaan skincare yang tidak tepat. Jika kulit terasa gatal maka hentikan menggunakan berbagai produk perawatan, kemudian mengaplikasikannya kembali secara bertahap atau memberi jeda, untuk mengembalikan kondisi kulit, dan untuk mengetahui jenis skincare mana yang dapat memberikan reaksi alergi tersebut.

Selain gatal-gatal, kulit yang memerah dan mengalami iritasi juga bisa menjadi ciri skincare yang kamu gunakan tidak cocok di kulitmu, apalagi jika kamu pemilik kulit yang sensitif. Kulit yang memerah biasanya diakibatkan karena kulit tidak cocok dengan produk yang di dalamnya mengandung pengawet ataupun wewangian serta bahan kimia yang disebut akrilat. Untuk menghindarinya, maka pastikankamu mengecek bahan aktif yang tertera pada label produk sebelum kamu membelinya.

Saat bingung hendak menggunakan produk skincare apa yang dijamin aman dan cocok untuk berbagai jenis kulit, kamu bisa mencoba menggunakan rangkaian produk skincare dari Qinara. Produk – produk Qinara sudah disesuaikan untuk berbagai macam masalah kulit, mulai dari masalah kulit kusam, kering, berjerawat dan berminyak, hingga masalah penuaan. Kamu cukup memilih produk dari Qinara yang sesuai dengan masalah dan juga jenis kulitmu, maka kulit yang cantik, sehat, dan mulus bisa kamu miliki tanpa khawatir kulitmu tidak cocok atau mengalami masalah yang lebih parah. Produk Qinara juga bersifat hypoallergenic, sehingga setelah menggunakannnya kulit tidak akan rentan mengalami iritasi.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0
X