7 Bahan Alami yang Dikira Aman, Ternyata Tidak Boleh Digunakan Langsung Pada Wajah

7 Bahan Alami yang Dikira Aman, Ternyata Tidak Boleh Digunakan Langsung Pada Wajah

Merawat wajah sudah menjadi keharusan, yang tidak boleh ditinggalkan. Banyak yang rela mengeluarkan banyak uang untuk melakukan perawat yang dianggap paling baika, mulai dari menggunakan skincare ataupun skin treatment langsung di klinik atau ke dokter. Namun, tidak sedikit pula, yang lebih memilih menggunakan bahan-bahan alami, karena dianggap lebih murah dan aman digunakan. Banyak yang mengklaim menggunakan bahan alami sangatlah ampuh mengatasi berbagai macam masalah kulit, dan tentunya tidak memberikan efek samping yang berbahaya.

Akan tetapi, Ternyata banyak juga pengguna bahan alami yang mengaku kulitnya semakin bermasalah setelah menggunakan beberapa jenis bahan alami. Tidak semua bahan alami boleh digunakan secara langsung pada kulit wajah lho. Karena, bahan alami tertentu bisa menjadi sarang bakteri dan kuman, serta mengandung zat tertentu yang bisa berbahaya bagi kulit.

Baca Juga : Bahan Alami yang Ampuh Atasi Kulit Wajah Kering

Apa saja sih, bahan – bahan alami yang cukup berbahaya dan tidak boleh digunakan secara langsung pada kulit ? Berikut informasinya :

1. Lemon

Pinterest.com

Mengoleskan air lemon sebagai masker wajah mamang banyak diterapkan oleh banyak orang, karena dianggap mengandung vitamin yang tinggi, yang mampu menjadikan kulit lebih cerah dan mencegah munculnya jerawat. Namun, ternyata lemon, menjadi salah satu bahan alami yang tidak boleh dioleskan secara langsung pada wajah. Air lemon memiliki pH yang sangat asam, yang jika dioleskan pada wajah dapat menurunkan pH alami wajah, dan dapat menyebabkan pada kulit. Akibat kerusakan kulit tersebut, kulit akan lebih rentan mengalami iritasi, muncul hiperpigmentasi, dan lebih sensitif jika terkena matahari, serta menjadikan kulit kering, memerah dan mengelupas.

2. Baking soda

Penggunaan baking soda dipercaya dapat menyembuhkan jerawat di wajah, karena bertindak sebagai anti – inflamasi. Namun, baking soda memiliki pH yang cukup tinggi yaitu mencapai 9, yang jika dioleskan langsung pada wajah, dikhawatirkan kulit akan kehilangan minyak alaminya. Dampak dari hilangnya minyak alami kulit yaitu, kulit menjadi lebih kering, sensitif dan malah akan lebih rentan muncul jerawat, akibat skin barriernya mengalami kerusakan.

3. Telur mentah

Pinterest.com

Penggunaan masker telur mentah yang berupa putihnya saja, diyakini dapat membantu mencerahkan kulit dan mengencangkan wajah secara alami. Padahal, putih telur mentah mengandung molekul protein yang cukup besar, dan tidak mudah meresap ke dalam kulit. Protein yang terhambat masuk, malah dapat menyebabkan penyumbatan pada pori-pori wajah lho. Penyumbatan tersebut tentunya dapat memicu terbentuknya jerawat di wajah. Telur mentah juga mengandung bakteri salmonella yang jika terkena kulit, bisa mengakibatkan alergi.

4. Gula

Pinterest.com

Gula banyak digunakan sebagai scrub wajah yang bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Namun, gula tidak lah baik digunakan sebagai scrub di wajah. Gula ternyata berbentuk butiran kristal dengan ukuran yang cukup besar dan betekstur kasar dan sangat keras jika digosokkan di wajah. Penggunaan gula sebagai scrub dapat mengakibatkan kerusakan pada kulit, terutama kulit sensitif. Dampak yang ditimbulkan yaitu kulit akan memerah, kering, lecet dan luka.

5. Alkohol

Penggunaan alkohol dianggap mampu mengurangi produksi minyak pada kulit sehingga kulit tidak berminyak atau mengkilap. Namun, pernyataan tersebut tidaklah benar. Alkohol yang diaplikasikan langsung pada wajah dapat menyebabkan kulit menipis dan rentan mengalami iritasi serta pembengkakan kulit akibat bahan yang terkandung pada alkohol cukuplah keras. Jika sudah terlanjur, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan rangkaian produk skincare yang dapat mengembalikan kesehatan kulit.

6. Bawang putih

Pinterest.com

Banyak yang mencoba menggunakan bawang putih sebagai masker wajah, karena bersifat anti – mikroba. Sayangnya, kandungan pada bawang putih cukuplah keras bagi kulit. Senyawa kimia dari bawang putih yang berupa Allicin, jika diaplikasikan pada wajah yang berjerawat malah dapat mengakibatkan dermatitis, sehingga jerawat akan lebih membengkak, melepuh dan terasa sangat sakit.

7. Cuka

Cuka biasa digunakan sebagai campuran masker wajah, karena disebut memiliki banyak manfaat, terutama cuka apel. Namun sebenarnya, cuka atau cuka apel tidak dianjurkan dioleskan secara langsung pada wajah. Cuka apel memiliki kadar pH yang cukup tinggi, yang dapat mengakibatkan kulit memerah dan lebih sensitif, serta dalam jangka panjang dapat menyebabkan efek terbakar pada kulit.

Nah, itulah beberapa bahan alami yang ternyata tidak boleh diaplikasikan secara langsung pada wajah ya ! Mulai sekarang, pastikan untuk mencari tahu kebenaran dan manfaat yang terkandung pada beberapa bahan alami, sebelum kamu benar-benar mencoba mengaplikasikannya langsung pada wajahmu, serta cari tahu terlebih dahulu apakah boleh digunakan langsung pada wajahmu atau tidak.

Saat ingin mengobati atau mengatasi masalah kulit, sebaiknya memeriksakan atau melakukan perawatan langsung ke dokter, atau memilih menggunakan skincare berbahan alami yang tepat. Untuk memiliki kulit yang mulus dan cantik bebas masalah secara mudah tanpa mengeluarkan biaya yang mahal, menggunakan skincare bisa menjadi solusinya. Salah satu skincare berbahan alami yang dijamin efektif mengatasi berbagai masalah kulit, tanpa memberikan efek samping yang buruk yaitu menggunakan rangkaian skincare Qinara. Produk Qinara mengandung bahan-bahan alami, seperti aloe vera dan juga minyak zaitun, yang pastinya sangat aman digunakan secara langsung pada wajah, karena sudah dicampur bahan aktif tertentu dan di proses secara benar. Jika menginginkan wajah yang cantik natural dari hasil bahan-bahan alami, menggunakan rangkaian skincare Qinara perlu kamu coba.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0
X