7 Cara Tepat Atasi Kulit Wajah Belang Akibat Paparan Sinar Matahari, Agar Kulit Kembali Cerah

7 Cara Tepat Atasi Kulit Wajah Belang Akibat Paparan Sinar Matahari, Agar Kulit Kembali Cerah

Tuntutan pekerjaan, sekolah, kuliah ataupun aktivitas lainnya, mengakibatkan kulit sering terpapar sinar matahari setiap harinya. Sinar matahari memang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit, namun jika terlalu sering terpapar sinar matahari secara berlebihan, maka kulit akan terbakar dan menimbulkan efek belang pada wajah.

Kulit belang menunjukkan bahwa kulitmu memiliki warna yang tidak rata atau lebih gelap dengan bagian kulit lain yang biasanya tertutup oleh sesuatu. Kulit wajah belang normal atau biasa dialami oleh semua orang dengan berbagai jenis kulit, jika kulit tidak dilindungi dengan baik. Penyebab utama kulit belang yang pasti yaitu akibat kulit terpapar sinar matahari secara berlebih. Saat kulit terpapar sinar matahari, maka kulit secara otomatis akan memproduksi pigmen melanin, untuk menjaga dan melindungi sel kulit dari efek radiasi. Semakin sering kulit terpapar sinar matahari, maka semakin banyak sel kulit yang terganggu, sehingga produksi pigmen melanin kulit akan semakin meningkat. Hal tersebutlah yang mengakibatkan kulit akan semakin menggelap dan menimbulkan efek belang.

Untuk mengatasi kulit belang, dibutuhkan perawatan dengan skincare dan tips yang lain, yang dapat mengembalikan warna kulit dan memberikan efek cerah secara keseluruhan. Dan berikut merupakan beberapa perawatan dan tips lainnya, yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi kulit belang di wajahmu:

Baca Juga : Mau Kulit Lebih Cerah ? Pastikan Skincare yang Kamu Gunakan Mengandung Bahan Aktif Berikut

1. Gunakan Sunscreen kemanapun kamu pergi

Suncare Oily High Protection

Melindungi kulit dengan menggunakan sunscreen, merupakan basic step yang memang wajib dilakukan. Menggunakan sunscreen merupakan salah satu langkah tepat untuk menghalau efek buruk dari sinar matahari, penyebab kulit terbakar dan belang. Sunscreen akan mencegah penggelapan kulit semakin meningkat, dan melindungi kulit dari efek buruk sinar UV, penyebab masalah penuaan pda kulit. Gunakan sunscreen setiap hari saat beraktivitas, dan pilihlah sunscreen yang mengandung SPF minimal 30, dengan kandungan antioksidan yang tinggi dan dengan takaran yang pas.

Gunakan sunscreen dari Qinara, Daily Cream White Intensive Sunscreen atau Suncare Oily High Protection, untuk mencegah kulit menjadi belang. Sunscreen dari Qinara sudah mengandung SPF 30, kaya antioksidan, mengandung bahan alami dan bahan aktif yang aman lainnya, sehingga sangat efektif digunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Baca Juga : Tips Memilih Sunscreen yang Tepat, Sesuai Jenis Kulit

2. Menghidrasi kulit dari luar dan dalam

Night Cream Moisturist

Menggunakan moisturizer merupakan salah satu cara yang tepat juga dalam mengatasi masalah kulit belang. Penggunaan moisturizer akan membantu menjaga kelembaban kulit dan membantu membuat tampilan kulit menjadi berkilau dan tidak kusam. Saat kulit dalam keadaan lembab atau terhidrasi dengan baik, maka kemampuan kulit dalam merefleksikan cahaya akan bekerja dengan baik, sehingga kulit tidak semakin menggelap, kering ataupun kusam.

Night Cream Moisturist dari Qinara, merupakan krim 2 in 1 yang bisa digunakan saat pagi dan juga malam, yang berperan dalam melembabkan dan mencerahkan kulit wajah. Dengan menggunakan krim yang betekstur ringan tersebut setiap hari, maka akan membantu kulitmu terhindar dari masalah kulit belang.

Selain menghidrasi kulit dari luar dengan perawatan skincare, menjaga kelembaban kulit dari dalam juga sangat diperlukan lho. Sebaiknya penuhi kebutuhan cairan tubuh, dengan cara mengonsumsi air mineral dengan cukup, agar tubuh dapat terhidrasi dengan baik.

3. Melakukan eksfoliasi secara rutin

Pinterest.com

Hiperpigmentasi pada kulit akibat sinar matahari, mengakibatkan sel-sel kulit mengalami penggelapan dan kerusakan. Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan eksfoliasi untuk memperbaiki sel-sel pada permukaan kulit. Eksfoliasi kulit akan merangsang regenerasi sel kulit baru yang lebih cerah merata, dan menggantikan atau menyingkirkan sel-sel kulit mati yang ada di permukaan kulit. Pilihlah jenis dan bahan eksfoliasi yang tepat, agar kulit menunjukkan hasil yang maksimal dan tidak mengalami iritasi.

4. Gunakan produk skincare yang mencerahkan kulit

Night Cream Intensive Whitening Cream

Salah satu cara yang cukup efektif untuk mengembalikan bagian kulit yang gelap dan belang, yaitu dengan menggunakan skincare dengan bahan aktif yang mampu mencerahkan kulit secara merata kembali. Skincare dengan kandungan seperti  niacinamide, kolagen, glutathion, arbutin dan antioksidan, merupakan kandungan skincare yang sangat efektif digunakan untuk menghambat produksi melanin pada kulit.

Night Cream Intensive Whitening dari Qinara, merupakan salah satu produk skincare yang mengandung bahan aktif yang bersifat brightening. Krim malam tersebut mengandung glutathion dan antioksidan yang tinggi, yang dapat merangsang produksi kolagen, sehingga mampu memudarkan warna gelap pada kulit dan menjadikan kulit lebih putih dan cerah.

5. Menggunakan face mask yang tepat

Pinterest.com

Memilih face mask yang mengandung bahan yang mampu mencerahkan kulit, juga merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah dan mengatasi kulit belang. Jenis masker, sheet mask dan clay mask merupakan beberapa contoh face mask yang dapat mencerahkan wajah. Sheet mask biasanya mengandung antioksidan yang tinggi serta brightening ingredients lain, yang efektif mencerahkan dan menenangkan kulit wajah. Sedangkan clay mask, merupakan face mask yang mengandung clay jenis bantonite dan kaolin, yang bekerja dengan cara mengangkat dan membersihkan kotoran sampai ke dalam pori-pori.

Baca Juga : Mengenal Macam dan Manfaat Face Mask yang sesuai dengan Jenis dan Kebutuhan Kulit

6. Konsumsi makanan sehat

Pinterest.com

Sebaiknya untuk menghindari kulit belang, kamu juga harus memilih dan mengonsumsi makanan yang sehat saja, terutama yang kaya antioksidan. Makanan kaya antioksidan juga dapat membantu merangsang produksi kolagen kulit, sehingga kulit akan terlihat lebih sehat dan cerah. Sebisa mungkin hindari konsumsi alkohol dan makanan yang berlemak tinggi, agar kulit tidak semakin bermasalah.

7. Menggunakan alat pelindung

Pinterest.com

Kondisi kulit belang akibat paparan sinar matahari, bisa kamu minimalisir dengan memanfaatkan beberapa alat pelindung. Kamu bisa menggunakan kaca mata hitam, topi, payung atau masker untuk mencegah dan mengurangi kulit terkena paparan sinar matahari secara langsung dan berlebih.

Saat kamu tidak menginginkan wajahmu belang, maka sebaiknya kamu melakukan beberapa tips di atas ya! Pastikan kamu membatasi kegiatan atau aktivitas diluar ruangan saat sedang terik, agar kulitmu tidak terpapar matahari secara berlebih, sehingga kulit wajahmu tidak mengalami belang atau berubah menjadi gelap.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0
X