Cara Tepat Atasi “Maskne”

Cara Tepat Atasi “Maskne”

Saat ini masker kain merupakan barang wajib yang harus dibawa dan dipakai jika hendak bepergian atau beraktivitas di luar rumah, untuk mencegah penularan virus yang berbahaya bagi kesehatan. Akan tetapi, penggunaan masker yang merupakan suatu alat pelindung diri malah dapat menimbulkan berbagai macam permasalahan pada kulit wajah, salah satunya yaitu jerawat atau Maskne. 

Maskne merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut munculnya acne atau jerawat yang terdapat pada area yang tertutup masker, yang disebabkan karena tekanan, gesekan, atau kondisi terttutup sehingga menimbulkan kondisi yang panas dan lembab. Hal – hal tersebut dapat mempermudah terjadinya sumbatan pada kelenjar minyak, yang pada akhirnya akan dapat menimbulkan jerawat. Apalagi pada orang – orang tertentu yang memang memiliki kulit wajah yang cenderung berminyak.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat yang muncul akibat pemakain masker kain. Diantaranya yaitu :

  1. Memilih bahan masker

Memilih bahan masker kain yang tepat, yang tidak menyebabkan iritasi ataupun alergi pada kulit, seperti kain katun. Penggunaan kain masker berbahan katun dapat tetap menjaga sirkulasi udara dengan baik, sehingga kelembaban dapat tetap terkontrol. Bila menggunakan masker medis dapat ditambahkan tissue atau kain lain yang melapisi bagian dalam masker yang menempel pada kulit.

pinterest.com

2. Mencuci tangan dan muka

Mencuci tangan sangat penting, karena jika tangan dalam kondisi yang kotor dan sengaja maupun tidak sengaja menyentuh area wajah, maka hal tersebut dapat mengakibatkan permasalahan pada wajah, seperti munculnya jerawat. Selain itu, walaupun menggunakan masker saat berada diluar, bukan berarti kulit wajah bersih atau terbebas dari kotoran maupun debu – debu yang menempel pada kulit. Bersihkan wajah baik sebelum dan sesudah menggunakan masker, menggunakan air dan sabun berpelembab agar kulit wajah tetap besih dan terjaga kelembabannya.

3. Hindari penggunaan kosmetik yang berlebih.

Penggunaan kosmetik tertentu dan terlalu tebal dapat menyumbat pori- pori dan akhirnya menimbulkan jerawat. Apalagi didukung dengan pemakain masker yang tentunya tingkat kelembaban semakin tinggi yang dapat memicu timbulnya jerawat.

Pinterest.com

4. Mengganti masker

Masker harus sering diganti setelah 4 jam pemakaian, atau ketika masker sudah lembab, basah ataupun kotor. Bagi yang lebih banyak beraktivitas diluar ruangan dengan kondisi yang cukup panas dan berpolusi, maka sebaiknya lebih sering mengganti masker kain yang dipakai. Setelah masker digunakan, maka  harus dicuci dengan sabun, bilas sampai bersih, kemudian dikeringkan.

5. Menggunakan Skincare yang tepat

Memilih skincare yang tepat sangatlah penting untuk mencegah terjadinya permasalahan pada kulit. Penggunaan pelembab sangat penting untuk memperbaiki kondisi kulit wajah, terutama bagi yang memiliki kulit yang sensitif. Memilih pelembab tanpa pewangi dan hypoallergenic, sedangkan bagi yang memiliki permasalahan jerawat, gunakan pelembab yang non – comedogenic aplikasikan secukupnya saat tidak memakai masker kain dirumah.

Penggunaan skincare “Acne Series” dari “Qinara” merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi kulit wajah yang berjerawat akibat memakai masker kain, karena dapat efektif mengobati jerawat dan bruntus, serta mengatasi flek bekas jerawat, komedo dan membantu mengecilkan pori. Produk ini juga aman digunakan oleh remaja dan aman dipakai dalam jangka waktu yang panjang.

Acne series Qinara
Acne Series by Qinara Natural Cosmetics

Bila muncul permasalah kulit seperti jerawat dan mengalami keluhan berlanjut walaupun pemakaian masker sudah dihentikan, dapat dikonsultasikan dengan dokter untuk diberikan penanganan yang tepat.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0
X