Harus Tahu ! Ini Dia Beda Purging dan Breakout Akibat Memakai Skincare yang Perlu Diperhatikan

Harus Tahu ! Ini Dia Beda Purging dan Breakout Akibat Memakai Skincare yang Perlu Diperhatikan

Skincare saat ini merupakan barang wajib yang harus dimiliki oleh seseorang, terutama yang menginginkan kulit wajah yang cantik, sehat dan glowing. Banyak produk skincare yang menawarkan berbagai macam manfaat yang diperoleh, seperti untuk menjaga kelembaban, mencerahkan, dan mengatasi jerawat. Semua produk skincare yang digunakan harus cocok dan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulit, agar hasil yang maksimal dapat diperoleh.

Baca Juga : Ingat Ini Dia 5 Kesalahan Penggunaan Skincare yang Bikin Wajahmu Gagal Glowing !

Pernahkah kamu, saat rajin menggunakan skincare, eh malah muncul banyak jerawat, bruntusan dan masalah kulit lainnya? Bisa jadi munculnya masalah kulit tersebut, menandakan bahwa kulitmu mengalami purging dan juga breakout. Lalu, apa sih yang dimaksud purging dan breakout? Apa bedanya? Bagi yang sedang perawatan menggunakan skincare, wajib tahu nih, perbedaan kedua hal tersebut. Yuk cari tahu perbedaanya di bawah ini!

1. Kenapa bisa terjadi purging dan breakout

Menemukan produk untuk perawatan wajah yang tepat, bukanlah hal yang mudah. Butuh proses dan waktu yang cukup panjang untuk menentukan produk perawatan mana sih yang cocok dan membantu menjadikan kondisi wajah lebih baik. Bagi pecinta skincare dan yang rajin melakukn perawatan, pasti tidak asing dengan istilah purging dan juga breakout. Banyak juga nih, yang tentunya masih bingung apa yang membedakan dari keduanya? Agar tidak bingung mari kita bahas bersama mengenai kedua kondisi tersebut.

a. Purging

Pinterest.com

Purging merupakan sebuah proses “detoksifikasi kulit”, dimana akan muncul banyak jerawat pada area wajah yang pernah ditumbuhi jerawat sebelumnya. Jerawat – jerawat tersebut merupakan reaksi peradangan dari proses penyembuhan atau pergantian sel kulit akibat menggunakan suatu produk perawatan. Proses pergantian sel kulit tersebut, membantu mengangkat sel kulit mati, kotoran, sebum berlebih yang menyumbat pori-pori penyebab jerawat, komedo dan bruntusan. Akibat proses tersebut, kulit akan lebih cepat mendorong proses pemulihannya. Selain jerawat, ada beberapa masalah lain yang ditimbulkan, yaitu seperti komedo, kulit kering dan juga mengelupas, tergantung kondisi dan reaksi kulit masing – masing.

Baca Juga : Stop Lakukan Kebiasaan Ini saat Kulitmu Berjerawat!

Beberapa contoh bahan yang terkandung pada skincare yang dapat mendorong timbulnya purging yaitu, asam retinoid, AHA, BHA, Vitamin C dan Benzoyl Peroxide. Jenis perawatan wajah dengan penggunaan prosedur medis juga dapat memberikan efek purging lho, diantaranya yaitu akibat terapi laser, chemical peeling, dan mikrodermabrasi. Kondisi purging akan berlangsung cukup singkat, atau hanya terjadi dalam waktu 1-2 minggu bahkan beberapa hari saja, dimana jerawat akan lebih cepat kering dan sembuh.

b. Breakout

Pinterest.com

Breakout menandakan bahwa kulit wajahmu tidak cocok dengan bahan yang terkandung pada produk perawatan atau skincare yang kamu gunakan. Breakout juga ditandai dengan kulit wajah yang memerah akibat peradangan dan juga munculnya banyak jerawat pada wajah, tetapi pada area yang tidak mengalami masalah sebelumnya. Berbeda dengan purging, jerawat yang muncul akibat breakout muncul dengan jumlah yang lebih banyak dengan ukuran yang lebih besar, serta dapat cepat bertambah banyak seiring waktu. Jika breakout dibirkan maka akan menganggu dan menyebabkan masalah yang lain pada kulit wajah.

Baca Juga : Wajib Tahu, Berikut Bhan – Bahan Skincare yang Tidak Seharusnya Kamu Gunakan Secara Bersamaan

Selain diakibatkan oleh zat kimia atau bahan aktif yang terkandung pada skincare, breakout juga bisa diakibatkan oleh kebiasaan buruk yang sering dilakukan. Kebiasaan buruk dalam merawat wajah yang menyebabkan breakout diantaranya, sering gonta-ganti skincare, jarang atau bahkan terlalu sering mencuci wajah, kebiasaan menyentuh wajah dan jerawat, pola hidup tidak sehat, terlalu kasar dalam menggosok wajah, dan stress berlebih.

2. Cara Mengatasi Purging dan Breakout

Purging dan breakout dapat diminimalisir dengan beberapa cara, agar efek atau resiko yang ditimbulkan tidak begitu parah.

a. Cara Mengatasi Purging

Masalah purging akibat penggunaan skincare, bukanlah hal yang perlu ditakutkan. Purging yang merupakan kondisi kulit akibat respon yang menandakan kulit cocok dalam menggunakan skincare, dapat dengan mudah hilang dan cepat membaik. Mengurangi intensitas penggunaan skincare yang mengandung bahan kimia, merupakan satu hal yang dapat dilakukan untuk meredakan purging di wajah. Kamu bisa mengurangi intensitas pemakaiannya menjadi 2 -3 kali dalam seminggu, atau tidak serutin biasanya. Selain itu, kurangilah dosis pemakaiannya atau oleskan sedikit saja pada area wajah yang bermasalah.

Jerawat yang muncul akibat purging, sebaiknya dibirkan saja. Jangan menyentuh atau memencet jerawat karena akan memperparah dan memperlama proses penyembuhannya. Walaupun wajahmu mengalami purging, sebaiknya jangan melupakan penggunaan sunscreen ya. Sunscreen sangat berperan dalam melindungi kulit dari sinar UV yang berdampak buruk bagi kulit. Saat mengalami purging, pilihlah sunscreen yang non-comedogenik agar tidak menyumbat pori-pori. Sunscare Oily High Protection dari Qinara, bisa kamu gunakan karena non-comedogenik, oil free formula, sehingga cocok bagi kulitmu yang sedang berjerawat akibat purging. Kamu bisa mendapatkan produk Qinara Di sini.

b. Cara Mengatasi Breakout

Menggunakan produk perawatan secara bertahap bisa membantu mengurangi dampak breakout pada wajah, seperti contoh, pada minggu pertama, kamu bisa menggunakan skincare 3 hari sekali, minggu kedua 2 hari sekali, dan seterusnya, agar kulit dapat beradaptasi dengan bahan aktif pada skincare. Seperti halnya purging, saat muncul banyak jerawat maka hindari memencet dan menyentuhnya, dan jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen dan moisturizer agar kulit tetap terlindungi dan terhidrasi dengan baik.

Baca Juga : Hindari 5 Kesalahan Penggunaan Moisturizer Berikut, agar Diperoleh Hasil Maksimal !

Saat kulit mengalami breakout, hindari penggunaan produk yang dapat mengakibatkan iritasi, dan pilihlah produk yang non-comedogenik. Membersihkan wajah 2 kali dalam sehari dan menghindari penggunaan make up berlebih juga bisa menjadi solusi untuk meminimalisir efek dari breakout. Saat muncul jerawat kamu juga bisa menggunakan obat jerawat yang mengandung salysilic acid untuk mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan. Kamu bisa mencoba menggunakan Acne Solution dari Qinara yang merupakan obat jerawat dengan kandungan salysilic acid, sehingga efektif untuk menyembuhkan jerawat dan juga komedo membandel akibat breakout.

Itu tadi perbedaan breakout dan purging, serta cara meredakannya. Tidak semua orang akan mengalami hal tersebut saat menggunakan produk perawatan. Semua tergantug dari jenis dan kondisi kulit wajahmu tentunya. Kulit yang cenderung sensitif, akan lebih rentan mengalami purging dan juga breakout dibanding jenis kulit yang lain. Jadi, selalu perhatikan kandungan dari produk yang akan kamu gunakan, agar purging dan breakout tidak dapat muncul dengan mudah. Selain itu, hindari stress berlebih dan tetap lakukan pola hidup sehat, agar kulit tidak rentan mengalami masalah.

Beberapa cara diatas bisa kamu coba untuk membantu mengatasi breakout dan purging. Akan tetapi, jika purging dan breakout tidak kunjung sembuh dan semakin parah, maka jangan ragu untuk langsung berkonsultasi dengan dokter.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0
X