Harus Tahu ! Ini Dia Perbedaan Kulit Kering dan Dehidrasi, Serta Cara Tepat Merawatnya

Harus Tahu ! Ini Dia Perbedaan Kulit Kering dan Dehidrasi, Serta Cara Tepat Merawatnya

Apakah kulitmu terlihat kusam dan terasa kering ? Bisa jadi kulitmu mengalami dua kemungkinan kondisi, yaitu antara kulit kering dan juga dehidrasi. Banyak orang yang masih kesulitan membedakan antara kondisi kulit yang mengalami dehidrasi dengan kulit yang memang kering, dan bahkan ada yang menganggap keduanya sama lho. Kulit dehidrasi dan kering merupakan suatu kondisi kulit yang berbeda, namun memiliki ciri yang hampir sama.

Baca Juga : Bahan-Bahan Alami yang Ampuh Atasi Kulit Wajah Kering

Untuk mengetahui lebih jelas perbedaan kedua kondisi kulit tersebut, langsung saja simak penjelasan berikut :

Kulit Dehidrasi

Pinterest.com

Kulit dehidrasi merupakan kondisi sementara dimana kulit mengalami kekurangan kandungan air pada lapisan luar kulit, yang dapat mempengaruhi tekstur kulit. Kulit dehidrasi dapat dialami oleh semua orang dengan berbagai jenis kulit yang berbeda. Ciri kulit dehidrasi hampir sama dengan ciri-ciri dari kulit kering. Kulit akan terasa kering, mengelupas, elastisitas berkurang, serta kerutan dan garis halus lebih mudah terlihat. Namun, ada perbedaan diantara kulit dehidrasi dan kering, dimana kulit dehidrasi akan terasa lebih sensitif, terdapat area kulit yang berminyak namun terasa kering, kusam dan terasa gatal.

Pinterest.com

Melakukan pinch test merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengetahui kondisi kulit dehidrasi. Pinch test dilakukan dengan cara mencubit kecil sebagian kulit, pada punggung tangan, pipi, perut atau dada selama beberapa detik, kemudian melepaskannya. Apabila kerutan bekas cubitan cepat pulih kembali seperti semula, maka kulitmu tidak mengalami dehidrasi. Namun sebaliknya, jika kulitmu lama kembali seperti semula, maka dipstikan kulitmu mengalami dehidrasi.

Penyebab Kulit Dehidrasi

Lain halnya dengan kulit kering, faktor utama penyebab kulit dehidrasi yaitu berasal dari faktor eksternal atau gaya hidup. Mulai dari faktor lingkungan dengan cuaca panas yang ekstrim, akibat polusi udara, kurangnya asupan cairan, jarang mengkonsumsi makanan bernutrisi, serta efek over eksfoliasi.

Kunci utama untuk mengembalikan kulit dehidrasi menjadi lebih lembab dan sehat kembali, yaitu dengan melakukan perawatan dari dalam. Sebisa mungkin menghindari minuman beralkohol, mengurangi konsumsi kafein tinggi, dan menghentikan kebiasaan merokok. Pastikan juga kamu beristirahat dengan cukup, serta hindari hal-hal yang dapat mengakibatkan stress. Selain itu, kamu juga membutuhkan perawatan dari luar, berupa perawatan wajah yang mampu mengembalikan hidrasi kulit dan tetap menjaga kelembabannya.

Baca Juga : Ingin Mengatasi Kulit Kering, Kusam dan Berjerawat ? Lakukan 5 Hal Ini.

Kulit Kering

Pinterest.com

Kulit kering merupakan salah satu tipe atau jenis kulit yang dimiliki oleh seseorang, akibat kulit kekurangan sebum atau minyak alaminya. Kulit kering bisa dimiliki oleh sekelompok orang yang secara genetik memang sudah memiliki kulit kering. Ada beberapa faktor lain yang dapat menjadikan seseorang memiliki kulit kering, diantaranya yaitu faktor internal seperti perubahan hormon, genetik, dan pengaruh penuaan atau pertambahan usia. Sedangkan faktor eksternal penyebab kulit kering yaitu akibat perubahan cuaca atau musim, sering terpapar sinar matahari, dan penggunaan skincare yang tidak cocok.

Ciri-ciri dari kulit kering sendiri yaitu, kulit memiliki pori-pori wajah yang kecil, terdapat garis halus dan kerutan yang nampak jelas, kulit terasa tidak elastis atau terasa kencang seperti ditarik, kulit mudah mengelupas, memerah, mudah mengalami iritasi dan lebih sensitif.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kulit Kering dan Kusam, agar Tetap Sehat dan Lembab

Cara Mengatasi Kulit Kering

Mengatasi kulit kering cukuplah mudah, kamu bisa merawatnya dengan cara memilih atau menggunakan produk skincare yang dapat menambah dan mengunci kelembaban kulit. Gunakanlah produk skincare yang dapat menjaga kelembaban alami kulit, yang di dalamnya mengandung minyak alami. Hindari menggunakan produk dengan bahan aktif yang keras dan bisa menyebabkan iritasi. Selain itu, saat kulitmu sedang kering, sebaiknya hindari melakukan eksfoliasi agar kulit tidak semakin kering dan skin barrier tidak rusak.

Setelah mengetahui kedua kondisi tersebut, menggunakan rangkaian skincare merupakan salah satu solusi untuk mengatasi kulit dehidrasi maupun kering. Qinara menyediakan rangkaian skincare yang dapat membantu mengatasi masalah kulit dehidrasi dan kering, dan mengembalikan kulit menjadi lebih lembab dan cerah. Dengan menggunakan rangkaian produk skincare dari Qinara yang mengandung bahan alami dan bahan aktif yang tepat lainnya, mulai dari facial wash, sunscreen, moisturizer dan night cream, maka kamu tidak perlu khawatir lagi kulitmu akan mengalami dehidrasi ataupun kering. Kondisi Kulit akan kembali lembab, kencang, cerah, sehat dan cantik sepanjang hari. Oleh karena itu, jika kulitmu bermasalah, jangan ragu untuk menggunakan produk Qinara ya.

Baca Juga : Kulitmu Kering tapi Berjerawat ? Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasinya

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X