Hati-Hati, Berikut Masalah yang Sering Dialami Akibat Kondisi Kulit Wajah yang Kering !

Hati-Hati, Berikut Masalah yang Sering Dialami Akibat Kondisi Kulit Wajah yang Kering !

Memiliki kulit wajah yang sehat, lembab dan terawat memang menjadi idaman para wanita. Hanya saja, akibat kondisi tertentu kulit bisa saja kehilangan cairan alaminya atau mengalami dehidrasi, sehingga kulitpun menjadi kering. Dan kondisi ini masih banyak dialami dan dikeluhkan oleh sebagian orang. Kulit kering sendiri merupakan masalah yang terjadi ketika lapisan kulit paling atas (epidermis) tidak mendapatkan kelembapan yang cukup.

Baca juga : Harus Tahu ! Ini Perbedaan Kulit Kering Dan Dehidrasi

Ada beberapa faktor yang dapat menjadikan seseorang memiliki kulit kering, diantaranya yaitu faktor internal seperti perubahan hormon, genetik, dan pengaruh penuaan atau pertambahan usia. Sedangkan faktor eksternal penyebab kulit kering yaitu akibat perubahan cuaca atau musim, sering terpapar sinar matahari, dan penggunaan skincare yang tidak cocok.

Kulit kering yang dibiarkan begitu saja atau tidak dirawat dengan benar, maka dapat menimbulkan berbagai masalah lain yang lebih fatal dan tentunya dapat mengganggu penampilan. Apa saja masalah yang sering timbul pada kulit wajah yang kering? Langsung simak penjelasan mengenai lima masalah yang sering muncul akibat kulit wajah kering berikut ini :

1. Kulit menjadi kusam

Pinterest.com

kulit yang kering merupakan salah satu faktor yang dapat menjadikan kulit terlihat lebih kusam. Kulit yang kusam mengakibatkan kulit tidak memiliki pancaran yang sehat, tidak berkilau, tidak fresh dan terlihat lelah serta layu. Kulit kusam pada kulit kering terjadi karena, kulit tidak mampu merefleksikan cahaya yang dikarenakan kondisi sel pada kulit tidak mengandung air, tidak lembab serta kondisi permukaan kulit yang tidak baik atau tidak terlalu rata. Hal tersebut menjadikan kulit nampak gelap atau tidak cerah.

Baca Juga : Tips Merawat Kulit Kering dan Kusam

2. Bertekstur / bersisik

Pinterest.com

Kulit yang bertekstur sebenarnya dapat dialami oleh semua jenis kulit. Namun, akan lebih rentan terjadi pada kulit yang kering. Kulit yang bertekstur menandakan bahwa kulit tersebut tidak dalam kondisi yang sehat, kelembaban dan kolagen pada kulit berkurang. Kulit bertekstur terjadi karena skin barrier atau atau pelindung kulit serta struktur kulit mengalami kerusakan. Jika lapisan kulit mengalami kerusakan, maka proses regenerasi sel kulitpun menjadi abnormal, dan kulitpun menjadi bertekstur.

Baca Juga : 5 Cara Tepat Mengatasi Tekstur Kulit Wajah yang Tidak Rata

3. Kulit pecah-pecah / mengelupas

Pinterest.com

Kulit kering akan cenderung mudah mengalami iritasi atau pecah-pecah. Saat kulit iritasi akibat zat tertentu, maka kulitpun mudah mengelupas. Selain itu, saat kondisi kulit sangat kering, sel-sel kulit tidak dapat menempel satu sama lain, sehingga mengelupas. Saat kulit pecah-pecah, biasanya kebanyakan orang senang untuk memegang dan mengelupas kulit yang pecah-pecah tersebut. Namun, sebisa mungkin hindari kebiasaan tersebut, karena dapat memperparah kondisi kulit. Kulit yang sering dikelupas malah akan memerah, terasa perih, dan bisa meninggalkan bekas luka berwarna kehitaman yang susah dihilangkan. Jika kulit mengelupas, hal yang perlu dilakukan yaitu dengan cara mengompres wajah dengan air hangat, kemudian mengoleskan pelembab yang lembut pada kulit.

4. Gatal dan Infeksi

Pinterest.com

Kulit kering seringkali menimbulkan rasa gatal dan mengakibatkan munculnya rasa tidak nyaman serta ingin menggaruknya bukan?. Akibatnya, kulit mengalami luka, lecet dan memerah. Dan hal tersebut tentunya dapat menjadikan penampilan kulit menjadi kurang menarik. Selain itu, kulit yang lecet dan mengalami luka juga akan mudah mengalami iritasi lho. Bakteripun menjadi lebih mudah masuk, sehingga luka yang ada beresiko mengalami peradangan, dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk proses penyembuhannya. Saat kulit lecet, gatal, mengelupas dan iritasi, maka pastikan untuk menghindari menggunakan scrub agar kondisi kulit dapat membaik.

5. Berjerawat

Pinterest.com

Kebanyakan orang mungkin menganggap bahwa jerawat hanya dapat muncul pada kulit yang berminyak atau pada kulit acne prone saja. Namun nyatanya, jerawat juga dapat dengan mudah muncul pada kulit yang cenderung kering. Kulit yang kering akan kehilangan kelembaban alaminya, dan mengakibatkan skin barrier mengalami kerusakan, sehingga rentan mengalami iritasi, serta berbagai macam zat iritan penyebab jerawat dapat masuk dengan mudah dan menyebabkan timbulnya reaksi peradangan. Jerawatpun mudah muncul pada kulit yang kering tersebut.

Baca Juga : Kulit Kering Tapi Kok Berjerawat ? Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasinya !

Perawatan kulit wajah yang benar perlu diterapkan untuk mengurangi resiko kulit menjadi kering dan masalah-masalah kulit lain yang lebih parah tidak ikut serta muncul. Salah satu cara merawat dan mengatasi kulit wajah yang kering yaitu dengan menggunakan rangkaian skincare yang tepat. Skincare yang diperlukan yaitu yang mampu menghidrasi kulit secara optimal, serta mampu mempertahankan kelembaban kulit dengan baik. Dan yang terpenting, penggunaan skincare berbahan lembut, tidak keras dan yang tidak mudah mengiritasi sangat dianjurkan.

Rekomendasi Skincare Atasi Kulit Wajah Kering

Rangkaian produk skincare White & Glow dari Qinara, merupakan paket skincare yang cocok dan efektif untuk mengatasi kulit wajah yang kering. Paket yang terdiri dari Facial wash white, Daily Cream White Intensive Sunscreen, Night Cream Moisturist, dan Night Cream Intensive Whitening Cream ini mengandung bahan alami dan bahan aktif yang dapat mengunci kelembaban alami kulit wajah. Dengan menggunakan rangkaian paket White & Glow dari Qinara, kulitmu akan terbebas dari kulit kering dan masalah lain yang timbul akibat kulit kering. Tidak hanya itu, kulit yang cerah dan sehat bisa juga kamu dapatkan dengan menggunakan rangkain produk Paket White & Glow secara rutin ya.

Namun, untuk memiliki kulit yang lembab pastikan kamu juga selalu menerapkan pola hidup sehat, seperti berolahraga, mengunsumsi makanan bernutrisi, serta tidak lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, dengan minum air putih minimal 2 liter per hari, agar tubuh dan kulit tidak mengalami dehidrasi.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0
X