Hati-Hati, Ini Dia Akibat Kebiasaan Buruk Memencet Jerawat, Dan Lakukan Hal Berikut Jika terlanjur Melakukanya

Hati-Hati, Ini Dia Akibat Kebiasaan Buruk Memencet Jerawat, Dan Lakukan Hal Berikut Jika terlanjur Melakukanya

Jerawat yang muncul di wajah memang sering mengganggu, selain karena dapat menyebabkan penampilan wajah kurang menarik, juga dapat menimbulkan rasa sakit ataupun nyeri saat tersentuh.

Karena rasa tidak nyaman akibat adanya jerawat tersebut, mengakibatkan sebagian orang tidak tahan untuk memegang atau memencetnya. Namun ternyata, kebiasaan buruk memencet jerawat tersebut cukup berbahaya lho !. Berikut penjelasan mengenai dampak yang diakibatkan jika memencet jerawat :

Baca Juga : Kebiasaan Buruk Penyebab Jerawat yang Harus Dihindari

1. Jerawat menjadi infeksi

Saat jerawat dipencet, maka mengakibatkan adanya luka yang terbuka yang dapat mengakibatkan masuknya bakteri dari luar atau dari tangan dan menginfeksi luka yang terbuka tersebut. Akibat adanya bakteri yang masuk, serta adanya kerusakan jaringan pada kulit, maka dapat mengakibatkan kondisi jerawat semakin meradang dan parah.

2. Meninggalkan bekas luka

Dampak lain yang diakibatkan akibat memencet jerawat yaitu adanya bekas luka yang cukup sulit untuk dihilangkan. Akibatnya akan muncul flek hitam dan kemerahan di wajah yang tentunya sangat  mengganggu penampilan, dan dibutuhkan perawatan yang lebih untuk menyamarkannya.

3. Munculnya bopeng di wajah

Bopeng atau bolong-bolong yang muncul di wajah, muncul salah satunya akibat kebiasaan buruk memencet jerawat. Hal ini terjadi karena kelenjar minyak pada kulit pecah dan keluar, sehingga menimbulkan luka yang biasa disebut sebagai jaringan parut. Jaringan parut ini menarik kulit lapisan atas sehingga menimbulkan bekas cekung seperti berlubang.

Baca Juga : Stop Lakukan Kebiasaan Ini saat Kulitmu sedang Berjerawat

Tentu tidak mau kan jika jerawat yang ada kondisinya semakin parah, dan menjadikan penampilan wajah semakin tidak menarik ? Oleh karena itu, sebaiknya  mulai sekarang hindari kebiasaan memencet atau hanya sekedar memegang wajah ya ! Namun, bagaimana jika sudah terlanjur melakukannya ? Maka segera lakukan tindakan berikut, untuk mencegah kondisi jerawat semakin buruk :

Baca Juga : 5 Langkah Ampuh Mengatasi Jerawat Membandel yang Perlu Kamu Coba

1. Stop memegang dan memencet jerawat

Pinterest.com

Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu sebisa mungkin untuk memghentikan kebiasaan memegang atau menyentuh bekas pencetan jerawat. Karena, dengan menyentuh jerawat yang sudah dipencet tersebut malah dapat meningkatkan resiko infeksi yang semakin parah, dan dapat meninggalkan bekas jerawat yang menghitam.

Mencuci tangan sebelum memegang wajah sangat diperlukan untuk mengurangi resiko bakteri berpindah ke wajah. Dan pastikan selalu menjaga kebersihan wajah dengan rutin mencuci wajah menggunakan sabun wajah oil free formula, untuk membantu mencegah bakteri jerawat semakin berkembang. Oily Facial Cleanser dari Qinara bisa kamu gunakan, karena bersifat gentle dan sangat sesuai untuk membantu menjaga kebersihan wajah yang berjerawat.

2. Mengompres dengan es batu

Pinterest.com

Salah satu dampak yang ditimbulkan akibat terlanjur memencet jerawat yaitu, kondisi jerawat yang akan cenderung meradang, bengkak dan semakin memerah. Untuk membantu menenangkan area kulit yang berjerawat tersebut, kamu bisa mencoba mengompresnya menggunakan es batu.

Cukup bungkus es batu menggunakan kain yang lembut, lalu tempelkan pada area wajah yang berjerawat selama 10-15 menit saja. Sensasi dingin yang dihasilkan oleh es batu, mampu mengurangi peradangan termasuk rasa nyeri yang dihasilkan.

3. Selalu gunakan produk yang lembut

Acne Series

Saat jerawat terlalu sering dipegang dan dipencet, kulit wajahpun akan cenderung lebih sensitif dan mudah mengalami iritasi. Oleh sebab itu, untuk membantu memulihkan kondisi wajah yang rentan tersebut, kamu bisa menggunakan produk perawatan yang bersifat lembut dan gentle, dengan kandungan bahan aktif yang tidak terlalu kasar.

Rangkaian produk perawatan “Acne Series dari Qinara, bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memulihkan kondisi wajahmu. Acne Series dari Qinara, sangat aman digunakan untuk merawat wajah yang berjerawat, karena kandungan bahan aktif di dalamnya lembut, dan sudah disesuaikan dengan kondisi wajah yang berjerawat ataupun kulit yang sensitif.

4. Menggunakan sunscreen

Suncare Oily High Protection

Walaupun kondisi wajah sedang sensitif dan meradang, menggunakan sunscreen tetap tidak boleh dilupakan. Justru, penggunaan sunscreen dapat mencegah kulit yang sensitif semakin meradang dan memerah akibat paparan sinar matahari. Penggunaan sunscreen pada bekas pencetan jerawat juga membantu mencegah proses perubahan warna akibat luka yang dihasilkan, sehingga flek hitam pada wajah tidak mudah muncul.

Suncare Oily High Protection dari Qinara, merupakan sunscreen yang sudah diformulasikan untuk kulit yang sedang berjerawat. Kandungan oil free formula, serta sifatnya yang non-comedogenik, mampu mencegah munculnya jerawat yang baru.

5. Menghindari menggunakan make up

Pinterest.com

Wajah yang berjerawat memang sebaiknya menghindari penggunaan make up terlebih dahulu. Karena, bahan make up dikhawatirkan dapat menambah sumbatan pada pori-pori wajah yang malah dapat memperparah kondisi jerawat yang sudah dipencet dan memiliki luka terbuka tersebut.

Menggunakan make up yang bahan kimianya tak cocok juga akan menyebabkan jerawat membandel timbul disekitar jerawat yang lama. Namun, saat keadaan memaksa harus menggunakan make up, maka sebaiknya pilih jenis atau produk make up yang bersifat non-comedogenik dan acne friendly.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membantu menyembuhkan atau memperbaiki kondisi jerawat yang sudah terlanjur kamu pencet. Dan ingat, pastikan kamu menghindari kebiasaan buruk memencet jerawat, agar jerawat dapat cepat sembuh dan tidak infeksi ya.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0
X