Ini Dia Ciri dan Penyebab Skin Barriermu Mengalami Kerusakan, Berikut 5 Cara untuk Mencegahnya !

Ini Dia Ciri dan Penyebab Skin Barriermu Mengalami Kerusakan, Berikut 5 Cara untuk Mencegahnya !

Rajin melakukan perawatan dengan berbagai macam skincare, tapi masalah kulit wajah tak kunjung teratasi? Sudah saatnya kamu fokus untuk memperhatikan skin barriermu yang mungkin sudah mengalami kerusakan. Skin barrier sendiri merupakan lapisan pelindung terluar pada kulit, yang berfungsi menjaga dari kerusakan – kerusakan yang disebabkan oleh faktor eksternal, seperti matahari, polusi, radikal bebas, dan yang lainnya.

Jika skin barrier sudah mengalami kerusakan, maka akan muncul berbagai macam masalah pada kulit. Ciri skin barrier mengalami kerusakan yaitu, kulit mudah kering dan dehidrasi, mengalami breakout yang cukup sering, kulit menjadi terlalu sensitif, memerah, meradang, mengelupas, kusam, gatal, perih, serta berminyak, berjerawat dan kasar secara bersamaan.

Baca Juga : Harus Tahu! Ini Dia Beda Purging dan Breakout Akibat Memakai Skincare

Penyebab skin barrier rusak yaitu diantaranya dikarenakan :

1. Terlalu sering terpapar sinar matahari dan juga radikal bebas dalam jangka waktu yang cukup panjang tanpa diberikan perlindungan. Efek buruk sinar UV dan radikal bebas, memang cukup besar dalam merusak kulit.

2. Melakukan eksfoliasi yang berlebih, sehingga terjadi over exfoliated, yang mengakibatkan menipisnya lapisan kulit pelindung atau skin barrier dan menimbulkan kerusakan.

3. Mencuci wajah terlalu sering dengan pemilihan produk facial wash yang kurang tepat atau berbahan keras yang dapat menyebabkan iritasi. Kulit akan menjadi lebih kering dan rentan mengelupas.

4. Pengaruh suhu atau cuaca yang ekstrim, dapat berpengaruh terhadap kondisi kulit.

5. Stress berlebih dan kurang tidur

6. Tidak menjaga kelembaban kulit. Kulit yang cenderung kering, akan sering terkena berbagai masalah kulit.

7. Usia yang semakin bertambah atau menua, dapat menyebabkan kondisi skin barrier melemah.

Oleh karena itu, wajib bagi kamu untuk menjaga skin barrier sedini mungkin, agar kerusakan pada skin barrier atau lapisan pelindung dapat dicegah dan teratasi dengan baik.

Beberapa cara yang dapat dilakukan yaitu seperti :

1. Fokus Menghidrasi Kulit

Night Cream Moisturist

Apapun jenis dan kondisi kulitmu, menjaga kelembaban dengan cara menggunakan pelembab, toner, atau serum merupakan suatu keharusan. Kulit yang lembab dapat membantu memperbaiki keadaan skin barrier yang rusak. Kulit yang kering akan lebih cenderung mengalami beberapa masalah, yaitu seperti munculnya komedo, jerawat, dan juga breakout.

Untuk membantu memperbaiki kondisi skin barrier, kamu bisa menggunakan Night Cream Moisturist dari Qinara yang membantu mengunci kelembaban pada kulit wajah.

Baca Juga : Tips Memilih Moisturizer yang Tepat Sesuai Jenis Kulit

2. Meminimalisir Penggunaan Skincare

Pinterest.com

Menggunakan skincare dalam jumlah yang banyak tidak menjadikan kondisi skin barrier menjadi lebih baik, yang ada kondisi skin barrier akan bertambah parah. Saat skin barrier rusak, maka sebaiknya kamu meminimalisir penggunaan berbagai macam produk perawatan kulit atau skincare, karena skin barrier sedang tidak bisa bekerja dengan baik. Cukup gunakan skincare dasar seperti cleanser, moisturizer dan sunscreen sambil menunggu kondisi skin barrier membaik. Selain itu, hindari penggunaan skincare berbahan keras, guna mencegah terjadinya iritasi pada kulit.

3. Memilih Skincare yang Bersifat Menenagkan

Qinara Natural Cosmetics

Saat skin barrier rusak, maka jerawat, komedo, dan breakout akan lebih sering muncul. Menggunakan skincare yang bersifat sooting dan calming, dapat membantu menenangkan kulit dan meminimalisir terjadinya peradangan. Kamu bisa menggunakan skincare yang mengandung bahan- bahan alami, seperti aloe vera, tea tree, dan centella asiatica.

Penyebab skin barrier rusak diantaranya yaitu akibat terkena paparan sinar UV dan radikal bebas. Oleh karena itu, penggunaan skincare dengan kandungan antioksidan sangat dianjurkan untuk membantu memperbaiki kondisi skin barrier yang rusak akibat sinar UV, Polusi, dan Radikal bebas tersebut.

Penggunaan produk-produk dari Qinara merupakan pilihan yang pas, karena mengandung bahan-bahan alami seperti aloe vera dan minyak zaitun, yang membantu menenangkan kondisi kulit. Produk Qinara juga kaya antioksidan tinggi yaitu mengandung vitamin C dan E, sehingga dapat mencegah kerusakan dan membantu memperbaiki kondisi skin barrier. Klik Di sini untuk info pemesanan produk Qinara.

Baca Juga : Mengenal Jenis – Jenis Vitamin pada Skincare dan Manfaatnya Bagi Kulit.

4. Menghentikan Kegiatan Eksfolisi Kulit

Pinterest.com

Salah satu penyebab skin barrier rusak yaitu akibat terlalu sering melakukan eksfoliasi. Untuk memperbaiki dan mengembalikan kondisi skin barrier, maka hindari terlebih dahulu kegiatan mengeksfoliasi kulit. Saat kondisi skin barrier rusak, melakukan eksfoliasi justru dapat memperparah kondisinya, kulit akan semakin tipis, sensitif, dan masalah kulit lain akan lebih rentan muncul.

5. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Pinterest.com

Selain melakukan perawatan dari luar, perawatan dari dalam juga sangat dibutuhkan. Menerapkan pola hidup sehat merupakan salah satu solusi untuk mencegah skin barrier rusak. Selalu mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi, memperbanyak minum air putih, berolahraga, tidak merokok, dan selalu berfikir positif guna menghindari stress.

Jika tidak menginginkan kulit sering mengalami masalah, maka rawatlah skin barrier kulitmu dengan benar dan tepat. Jika kondisi kulit tidak mengalami perkembangan yang baik, maka jangan ragu untuk langsung berkonsultasi dengan dokter.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0
X