Ini Dia Perbedaan Komedo Blackhead dan Whitehead, serta 5 Cara Tepat Mengatasinya

Ini Dia Perbedaan Komedo Blackhead dan Whitehead, serta 5 Cara Tepat Mengatasinya

Komedo merupakan salah satu masalah kulit yang dialami oleh hampir semua orang. Komedo biasanya banyak muncul pada area hidung dan pipi. Keberadaan komedo sangat menggangung penampilan dan kenyamanan tentunya. Dan Ternyata komedo ada 2 jenis lho. Ada yang berwarna hitam atau biasa disebut blackhead dan ada juga yang berwarna putih yang biasa disebut whitehead.

Lalu apa bedanya ya? simak penjelasannya dibawah ini :

Blackhead 

Komedo terbentuk karena adanya sel kulit mati, kotoran atau debu, serta minyak berlebih yang menumpuk, sehingga menyumbat pori-pori. Pada komedo blackhead, Penumpukan – penumpukan tersebut terjadi pada pori – pori yang terbuka, dimana pori – pori tersebut berukuran besar dan dapat terkena udara, sehingga mengakibatkan kotoran dan yang lainnya mengalami proses oksidasi. Proses oksidasi ini lah yang menyebabkan kotoran, minyak dan sel kulit mati yang menumpuk pada pori – pori tersebut berubah warna menjadi kehitaman.

Baca Juga : Pori – Pori Tersumbat? Ini Dia 5 Solusi Tepat untuk Mengatasinya

Whitehead

Proses terbentuknya whitehead yaitu sama dengan proses terbentuknya blackhead. Perbedaanya terletak pada ukuran pori – pori yang terbuka. Pada whitehead pori – pori yang terbuka berukuran kecil, sehingga tidak terkena udara dan tidak terjadi proses oksidasi, sehingga komedo ini berwarna putih.

Cara mengatasi komedo

Keberadaan komedo sering kali membuat tangan gatal, dan selalu ingin memegang dan memencetnya. Usahakan jangan memencet komedo – komedo yang ada ya, karena dengan memencet komedo tidak semua isinya dapat terangkat keluar, yang ada malah dapat menjadikan pori – pori kulit akan membesar.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi komedo blackhead dan whitehead yaitu :

1. Membersihkan wajah

Komedo terbentuk karena adanya kotoran, minyak dan sel kulit mati yang memumpuk, sehingga membersihkan wajah 2x dalam sehari sangat penting untuk menghilangkan kotoran dan yang lainnya.

Untuk mengatasi komedo bisa menggunakan Oily Facial Cleanser dari “Qinara” yang merupakan sabun wajah dengan formula oil free, yang tentunya cocok digunakan untuk membersihkan minyak berlebih pada wajah penyebab komedo.

oily facial cleanser
Oily Facial Cleanser

Baca Juga : Tips Memilih Cleanser yang Tepat Sesuai Jenis Kulit Anda

2. Menggunakan sunscreen

Untuk semua jenis kulit baik yang bermasalah ataupun tidak, penting untuk selalu menggunakan sunscreen ya. Tujuan penggunaannya yaitu untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, sekaligus mencegah terbentuknya komedo.

Baca Juga : 5 Kesalahan Penggunaan Sunscreen yang Sering Dilakukan

Untuk mengatasi komedo, sebaiknya gunakan sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak. Salah satunya yaitu menggunakan Suncare Oily High Protection dari Qinara, yang mengandung sedikit minyak, yang cocok digunakan untuk kulit berminyak, sehingga membantu mencegah komedo serta jerawat.

suncare oily high protection
Suncare Oily High Protection

Baca Juga : Panduan Memilih Sunscreen Sesuai Jenis Kulit Anda

3. Pola hidup sehat

Rajin berolahraga, minum yang cukup, serta mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak antioksidan. Makanan yang mengandung antioksidan, membantu mencegah komedo, karena melawan bahaya dari radikal bebas. Selain itu, maka sebaiknya hindari stress yang berkepanjangan, karena stress dapat merangsang hormon penyebab peradangan, sehingga dapat meningkatkan produksi minyak pada wajah, yang tentunya dapat memicu timbulnya komedo.

Baca Juga : 5 Tips Diet Sehat, yang Bisa Membantu Mengatasi Masalah Jerawat

4. Rutin melakukan Eksfoliasi

Komedo selain disebabkan karena minyak dan kotoran berlebih, bisa juga disebabkan oleh sel – sel kulit mati yang menyumbat pori – pori. Maka sebaiknya untuk selalu melakukan Eksfoliasi secara rutin 1 – 2 kali dalam seminggu, untuk mengangkat sel – sel kulit mati yang dapat merangsang terbentuknya komedo.

5. Salysilic Acid

Salysilic acid merupakan salah satu bahan aktif yang dapat membantu menghilangkan komedo. Pada Salysilic acid ini juga berperan sebagai zat anti inflamasi yang bermanfaat dalam membantu memperlambat pelepasan sel – sel kulit mati dan mengangkat kotoran penyebab komedo.

Baca Juga : Manfaat Salysilic Acid untuk Atasi Kulit wajah Berjerawat

Acne solution merupakan salah satu skincare yang mengandung salysilic acid. Skincare ini selain dapat mengatasi komedo, juga membantu dalam menyembuhkan masalah jerawat.

Acne solution
Acne Solution

Nah itu tadi perbedaan blackhead dan whitehead. Apapun jenis komedomu, jika dirawat dengan tepat, maka tidak butuh waktu lama untuk menghilangkan atau menyembuhkannya. Akan tetapi, jika komedo masih terus mengganggu, jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0
X