Ketahui 7 Penyebab Mata Panda dan Cara Mengatasinya

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Mata Panda merupakan salah satu masalah kecantikan yang sering dikeluhkan para wanita.  Di bawah ini akan dibahas penyebab mata panda dan cara mengatasinya.

Lingkaran hitam di bawah mata, kantung mata, atau cincin mata adalah istilah yang menggambarkan mata panda. Mata panda ditandai dengan bagian kantung mata yang lebih gelap dari warna kulit wajah.

Banyak orang yang beranggapan mata panda disebabkan karena kurang tidur. Ketika Anda kurang tidur maka aliran darah menjadi kurang baik, sehingga darah yang terkumpul di bagian bawah mata tampak jelas karena kulit di bagian ini sangat tipis. Hal inilah yang menyebabkan mata panda.

Ternyata penyebab mata panda tak hanya sebatas kurang tidur saja, bisa dari berbagai faktor lain. Simak, yuk, 7 penyebab lain mata panda dan cara mengatasinya

  1. Bertambahnya Usia

Kulit menjadi kehilangan elastisitas dan menipis saat usia Anda bertambah sehingga pembuluh darah di bawah mata terlihat lebih jelas. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya mata panda.

  1. Faktor Genetik

Mata panda bisa terjadi karena faktor genetik dan risiko kulit gelap lebih tinggi mengalami mata panda dibandingkan orang dengan kulit cerah.

  1. Terpapar Sinar Matahari

Kulit yang terpapar sinar matahari akan menyebabkan pigmentasi di daerah mata sehingga warnanya menjadi lebih gelap.

  1. Dehidrasi

Saat tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan air, kulit di bawah mata terlihat sayu dan cekung di bawah mata yang mengakibatkan mata panda.

  1. Alergi

Saat tubuh mengalami alergi, maka histamin akan dilepaskan sebagai respon tubuh. Efek histamin membuat pembuluh darah membesar dan menjadi lebih jelas sehingga memicu terjadinya kantung mata atau mata panda.

  1. Menatap Layar Terlalu Lama

Ketegangan mata bisa terjadi saat menatap layar gawai, komputernya atau pun televisi dalam waktu yang lama. Akibatnya pembuluh darah di sekitar Mata membesar dan kulit sekitar mata menjadi gelap.

  1. Gaya Hidup yang Buruk

Kebiasaan minum alkohol dan merokok menyebabkan terjadinya penumpukan cairan pada tubuh. Gaya hidup yang buruk seperti kedua hal di atas lama kelamaan membuat aliran darah di sekitar kulit wajah tidak lancar.

Cara mengatasi mata panda atau lingkaran hitam di bawah mata adalah dengan tidur cukup, mengoleskan eye cream, concealar di bawah mata, gunakan kaca mata hitam sebagai pelindung, hindari menggosok area mata ketika terjadi reaksi alergi, hindari gaya hidup yang buruk dan kompres mata dengan air es.

Itulah 7 penyebab mata panda dan cara mengatasinya. Konsultasikan dengan dokter apabila kondisi mata panda tak kunjung membaik. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi Anda yang membacanya.

 

 

 

 

adminqinara

Leave a Replay

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update tips cantik dan promo produk dari Qinara Natural Cosmetics

Cara Jitu Cegah Flek Hitam Wajah

E book ini hanya ada di Qinara Natural Cosmetics. Dapatkan secara GRATIS dengan mengisi form di bawah ini