Kulit Bermasalah Akibat Over Eksfoliasi ? Lakukan 5 Langkah Berikut untuk Mengatasinya

Kulit Bermasalah Akibat Over Eksfoliasi ? Lakukan 5 Langkah Berikut untuk Mengatasinya

Eksfoliasi kulit wajah setiap minggunya memang sangat penting dan dapat memberikan banyak manfaat bagi kulit. Melakukan eksfoliasi dapat membantu mengangkat kotoran, debu, polusi dan sel kulit mati yang menumpuk pada pori – pori wajah, dan membantu kulit mempercepat proses regenerasinya, sehingga kulit akan tampak lebih bersih dan segar. Dengan melalukan eksfoliasi secara rutin, maka dapat memaksimalkan proses pembersihan pada kulit, dan mencegah pori-pori mengalami sumbatan. Namun, proses ini bisa juga menjadi penyebab masalah pada kulit kita, jika kamu terlalu sering melakukan eksfoliasi dan melakukannya tidak sesuai dengan anjuran pemakaian yang semestinya, bukannya jadi bersih dan mulus, justru dapat melukai lapisan kulit dan menjadi iritasi, jika kamu terlalu sering melakukan eksfoliasi atau over eksfoliasi.

Baca Juga : Ini Dia Ciri dan Penyebab Skin Barriermu Mengalami Kerusakan, Berikut Cara Mengatasinya

Penyebab lain over eksfoliasi selain akibat frekuensi penggunaannya yang terlalu sering, yaitu akibat terlalu banyak menggunakan produk eksfoliasi, seperti AHA, BHA, retinol, scrub wajah dan peeling, dalam satu waktu, tanpa memperhatikan kondisi dan proses adaptasi kulit. Melakukan eksfoliasi tanpa diimbangi dengan penggunaan sunscreen dan produk yang bersifat hydrating dan menenangkan, juga dapat mengakibatkan kondisi kulit bertambah parah dan mengalami over eksfoliasi.

Dampak buruk yang harus kamu terima akibat over eksfoliasi yaitu seperti, kulit menjadi lebih kering, iritasi, lebih sensitif, kemerahan dan terlalu kencang atau terasa seperti ditarik, dan yang lebih parahnya, kulit akan terasa panas dan mengalami breakout yang tak kunjung dapat teratasi lho.

Baca Juga : Cara Mudah Merawat Kulit Sensitif

Jika kulitmu sudah mengalami masalah-masalah tersebut, maka kamu dapat melakukan beberapa langkah berikut, untuk membantu meredakan dan menenangkan kulit akibat over eksfoliasi :

1. Hindari melakukan eksfoliasi

Pinterest.com

Jika kamu merasakan dampak buruk dari over eksfoliasi, dan sudah merasakan atau mengalami tanda-tanda nya, maka segera hentikan kegiatan eksfoliasi menggunakan jenis apapun itu. Biarkan kulitmu beristirahat tanpa merasakan kandungan eksfoliator yang dapat merusak kondisi kulitmu tersebut. Usahakan untuk berhenti melakukan eksfoliasi sampai kondisi kulit kembali membaik seperti semula, tanpa ada masalah sedikitpun. Proses pemulihan kulit membutuhkan waktu mulai dari 2 – 4 minggu dan dilakukan secara bertahap, agar kulit dapat beradaptasi.

2. Gunakan basic skincare

Qinara Natural Cosmetics

Saat kulitmu mengalai over eksfoliasi, usahan untuk mengurangi penggunaan beberapa produk skincare. Cukup gunakan basic skincare untuk mencegah kondisi kulit semakin parah, akibat terpapar banyak bahan kimia yang terkandung pada produk skincare. Basic skincare yang bisa kamu gunakan, diantaranya yaitu facial wash, moisturizer, dan sunscreen. Selain itu, sebaiknya hindari memebersihkan atau mencuci wajah terlalu sering, karena dapat mengurangi kelembaban alami pada kulit. Sebisa mungkin, kegiatan mencuci wajah cukup dilakukan 2 kali dalam sehari, agar kulit tidak menjadi kering.

Pilihlah produk facial wash yang tepat, yang memiliki pH seimbang serta mampu menghidrasi dan tidak menjadikan kulit kering. Facial wash white dan Oily facial Cleanser dari Qinara, bisa kamu gunakan untuk membantu mengembalikan kondisi kulit yang bermasalah akibat over eksfoliasi.

Selain penggunaan facial wash, menggunakan moisturizer dan sunscreen juga tetap dibutuhkan sebagai basic skincare, agar kulit tetap terhidrasi dan mendapat perlindungan dari sinar UV. Dan hentikan sementara penggunaan serum wajah, karena serum mengandung bahan aktif dengan konsentrasi yang tinggi, dan jika digunakan pada kulit yang mengalami over eksfoliasi, malah dapat menjadikan kulit semakin iritasi dan meradang.

Baca Juga : Mengenal Diet Skincare, Tren Kecantikan dari Korea Jadikan Kulit Mulus yang Anti Ribet

3. Gunakan produk yang menghidrasi dan bersifat gentle

Night Cream Moisturist

Saat kulit mengalami iritasi akibat over eksfoliasi, itu menandakan bahwa skin barrier yang berfungsi sebagai pelindung, juga mengalami kerusakan. Ketika skin barrier atau bisa disebut dengan moisture barrier mengalami kerusakan, maka kulit akan lebih rentan mengalami masalah seperti breakout dan sensitif. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengembalikan kelembaban alami pada skin barrier, agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Kelembaban skin barrier dapat kembali dengan cara menambahkan kadar air atau kelembaban pada kulit menggunakan moisturizer atau pelembab. Pilihlah pelembab yang efektif dalam mengunci kelembaban alami kulit, serta bersifat gentle atau menenangkan dan tidak mengandung bahan yang dapat mengiritasi kulit. Night Cream Moisturist dari Qinara, bisa menjadi pilihan tepat untuk mengembalikan kelembaban kulit yang mengalami masalah. Krim tersebut mengandung bahan – bahan alami yang aman dan bersifat lembut, sehingga cocok digunakan untuk memperbaiki kondisi kulit akibat over eksfoliasi.

4. Hindari penggunaan make up

Pinterest.com

Usahakan untuk menghentikan atau mengurangi penggunakan make up atau riasan wajah terlebih dahulu. Berikan waktu beberapa hari untuk kulit kembali pulih tanpa terpapar krim ataupun bahan kimia lain yang berasal dari produk kecantikan yang kamu gunakan. Bahan kimia yang terkandung pada produk riasan atau make up, kemungkinan besar dapat mengakibatkan kulit mengalami iritasi dan memerah. Dengan mengurangi penggunaanya, maka dapat membantu mempercepat proses pemulihannya.

5. Lindungi kulit dari sinar UV

Daily Cream White Intensive Sunscreen

Kulit yang mengalami over eksfoliasi, maka akan lebih sensitif, terutama bila terkena paparan sinar matahari atau sinar UV. Jika tidak diberikan proteksi, kondisi kulit akan semakin parah dan tak kunjung mengalami penyembuhan. Dengan menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF yang tepat, maka dapat membantu menangkal efek sinar UV dan memulihkan kondisi skin barrier.

Daily cream white intensive sunscreen dan Suncare oily high protection dari Qinara, bisa menjadi sunscreen andalanmu untuk melindungi kulit dari sinar UV dan memperbaiki kondisi kulit. Sunscreen tersebut sudah mengandung bahan alami dan disesuaikan dengan jenis kulit masing – masing, sehingga tak perlu khawatir akan menimbulkan masalah kulit lainnya. Klik Di sini untuk info pemesanan produk – produk Qinara.

Langkah-langkah tersebut dapat kamu terapkan dengan benar, untuk membantu mengobati kondisi kulitmu yang mengalami over eksfoliasi. Namun, jika kulitmu tidak mengalami kemajuan dan masih mengalami masalah secara terus menerus, maka segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0
X