Kulit Kering tapi Berjerawat ? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kulit Kering tapi Berjerawat ? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kebanyakan orang mungkin menganggap bahwa jerawat hanya dapat muncul pada kulit yang berminyak saja. Namun nyatanya, jerawat juga dapat dengan mudah muncul pada kulit yang cenderung kering lho. Hal tersebut pastinya dapat menambah rasa kesal dong tentunya, kulit sudah kering eh malah tumbuh jerawat juga.

Kulit kering sendiri diakibatkan oleh kurangnya produksi sebum atau minyak alami di dalam kulit, atau bisa juga disebabkan karena kulit mengalami dehidrasi akibat faktor tertentu, baik internal maupun eksternal, seperti pola hidup tidak sehat, cuaca ekstrim dan penggunaan skincare yang tidak tepat. Kulit yang kering dan kehilangan kembapannya, mengakibatkan skin barrier mengalami kerusakan dan akan mudah mengalami iritasi, bersisik dan mengelupas. Karena skin barrier mengalami kerusakan atau tidak bekerja dengan baik, maka jerawat juga dapat berpotensi muncul pada kulit kering tersebut. Hal itu dikarenakan berbagai macam zat iritan penyebab jerawat dapat masuk dengan mudah dan menyebabkan timbulnya reaksi peradangan.

Mengatasi dan memilih perawatan yang tepat untuk kulit kering dan berjerawat memang cenderung lebih sulit, dibandingkan merawat kulit berminyak berjerawat, Karena sebagian produk skincare untuk jerawat lebih banyak ditujukan bagi tipe kulit yang berminyak saja. Untuk itu, perawatan yang dipilih harus seimbang,  agar kulit tetap terhidrasi dan jerawat cepat sembuh. Jika tidak tepat  dalam memilih produk perawatan, malah dapat menimbulkan resiko kulit akan semakin kering dan mengelupas. Jadi, Kunci utama memilih perawatan untuk kulit kering berjerawat yaitu, yang dapat membantu mengunci kelembaban alami kulit dan menyembuhkan jerawat, tanpa membuat kulit semakin kering.

Baca Juga : Bahan – Bahan Alami yang Ampuh Mengatasi Kulit Kering

Nah, agar tidak bingung lagi dalam mengatasi kulit kering berjerawat, simak beberapa tips berikut yang bisa kamu terapkan dengan benar :

1. Gunakan sabun wajah lembut tanpa busa

Facial Wash White

Apapun masalah kulitmu membersihkan atau mencuci wajah menggunakan sabun wajib kamu lakukan. Mengatasi kulit kering berjerawat, harus benar-benar tepat dalam memilih dan menggunakan sabun wajah. Pilihlah sabun wajah yang mengandung sedikit busa, karena sabun wajah dengan busa melimpah yang dihasilkan dari zat surfaktan dapat mengakibatkan kulit semakin kering, akibat kemampuannya dalam membersihkan terlalu kuat.

Sabun wajah yang bersifat lembut dan gentle juga sangat disarankan, agar kondisi kulit dapat membaik. Selain itu, gunakan juga sabun wajah dengan kandungan bahan alami dan yang mampu melembabkan, seperti mengandung aloe vera di dalamnya. Hindari sabun wajah dengan kandungan yang cukup keras dan mampu mengiritasi, agar kulit tidak semakin mengelupas dan bersisik.

Facial wash white dan Oily facial cleanser dari Qinara, patut kamu coba untuk mengatasi kulit kering berjerawat. Facial wash tersebut memilihi pH balanced, lembut dan mengandung sedikit busa, namun tetap dapat membersihkan dengan maksimal, tanpa mengurangi kelembaban kulit.

Baca Juga : Tips Memilih Cleanser Sesuai Jenis Kulit

2. Hindari harsh exfoliant

Pinterest.com

Melakukan eksfoliasi wajah memang penting untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit. Namun, penting untuk diperhatikan yaitu memilih jenis eksfoliasi yang tepat agar kondisi kulit tidak memburuk. Jika kulit dalam keadaan kering namun berjerawat, sebaiknya hindari harsh exfoliant atau eksfolisi yang berbentuk scrub atau butiran kasar. Harsh exfoliant tersebut dapat memperburuk kondisi skin barrier yang sedang mengalami kerusakan. Kamu bisa memilih jenis chemical exfoliant, karena bersifat lebih gentle dalam menghilangkan sel kulit mati. Eksfoliasi dengan formula AHA dan PHA juga bisa kamu coba, karena lembut dan ringan, serta tidak menyebabkan kulit menjadi kering. Namun, pastikan kamu melakukan eksfolisi saat kondisi kulitmu tidak terlalu kering ya, karena kulit yang terlalu kering akan semakin kering dan bermasalah jika dilakukan eksfoliasi.

Baca Juga : Kulit Bermasalah Akibat Over Eksfoliasi ? Lakukan Tips Berikut untuk Mengatasinya

3. Gunakan produk yang menghidrasi dan kaya antioksidan

Acne Night Care

Karena kulitmu kering, maka menggunakan produk yang mampu menghidrasi sangatlah penting. Produk-produk yang dapat menambah hidrasi pada kulit yaitu bisa berupa toner, face mist, serum maupun pelembab. Produk tersebut mampu menjaga kelembaban kulit dan membantu sel-sel kulit menahan kadar air dari dalam kulit. Saat kelembapan kulit dalam kondisi yang optimal, maka skin barrier dapat bekerja sebagaimana mestinya, dan mencegah berbagai zat iritan yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat masuk ke dalam kulit.

Gunakan pelembab yang ringan dan yang mampu menjadikan kulit lebih lembut dan terhidrasi dengan baik. Kamu bisa memilih pelembab dengan tekstur krim yang dapat mudah menyerap dan kaya akan bahan alami serta antioksidan. Pelembab yang kaya antioksidan dapat membantu melembabkan dan mencerahkan kulit. Acne night care dari Qinara merupakan pilihan yang tepat, karena krim tersebut selain dapat mengatasi jerawat juga mampu mengunci kelembaban pada kulit, sehingga masalah kulit kering dan berjerawat dapat dengan mudah teratasi.

Suncare Oily High Protection

Sunscreen harus selalu kamu gunakan diakhir rangkaian skincare pagi yang kamu terapkan. Menggunakan sunscreen dapat mencegah kondisi kulit yang kering dan berjerawat semakin memburuk, karena paparan sinar matahari secara langsung dapat mengakibatkan kulit mengalami banyak masalah. Dengan menggunakan sunscreen, maka kulitmu akan tetap terlindungi.

Jika bingung memilih sunscreen yang tepat, kamu bisa menjatuhkan pilihanmu pada Suncare Oily High Protection dari Qinara, yang sangat cocok digunakan untuk kulit yang sedang berjerawat. Sunscreen tersebut kaya akan antioksidan yang baik dalam menjaga kelembaban kulitmu.

5. Aplikasikan Obat jerawat

Acne Solution

Untuk mengatasi jerawat yang tumbuh pada kulit yang kering, mengoleskan obat jerawat totol bisa menjadi solusinya. Dengan menggunakan obat jerawat, maka jerawat yang ada dapat mudah sembuh tanpa mempengaruhi kondisi kulitmu. Hal itu dikarenakan, obat jerawat lebih spesifik dalam mengatasi jerawat karena diaplikasikan hanya pada area kulit yang ditumbuhi jerawat saja.

Untuk mengobati jerawat, kamu bisa memilih produk yang mengandung asam salsilat dengan dosis yang tepat. Acne Solution dari Qinara, bisa kamu jadikan obat jerawat andalan dalam mengatasi jerawat. Acne solution mengandung salysilic acid, yang ampuh mengempeskan dan menyembuhkan jerawat yang meradang. Kamu bisa menggunakannya dua kali sehari secara rutin, agar jerawat dapat cepat teratasi.

Jika kamu memiliki masalah kulit kering berjerawat, kamu bisa menerapkan beberpa tips diatas, agar kulit kembali lembab dan jerawat tidak mudah muncul. Namun, jika sudah beberapa kali dilakukan perawatan dan kondisi kulit tak kunjung mengalami perkembangan yang baik, jangan tunda untuk segera mengunjungi dokter ya, agar diberikan penanganan yang tepat.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0
X