Lupa Hapus Make up saat Hendak Tidur di Malam Hari? Ketahui Resiko dan Cara Mengatasinya

Lupa Hapus Make up saat Hendak Tidur di Malam Hari? Ketahui Resiko dan Cara Mengatasinya

Setelah seharian beraktivitas, rasa capek pasti sering kamu jadikan alasan untuk tidak menghapus make up atau riasan wajahmu. Langsung rebahan dan Tidur memang sangat nikmat, saat kondisi tubuh lelah setelah seharian bekerja, sekolah dan yang lainnya. Namun, kebiasaan tersebut jangan kamu ulangi lagi ya! Kebiasaan tidur dengan wajah penuh riasan atau make up, dapat memberikan resiko yang buruk bagi kondisi kesehatan dan kecantikan kulit wajahmu lho.

Baca Juga : Pilih Make up atu Skincare, Ini Dia Keunggulan Skincare dibandingkan Make Up yang Harus Diketahui

Berikut beberapa resiko yang harus kamu tanggung, akibat tidak menghapus make up saat hendak tidur di malam hari :

1. Kulit Kusam

Pinterest.com

Salah satu penyebab kulit kusam yaitu akibat penumpukan sel-sel kulit mati dan kotoran. Jika kamu tidak membersihkn wajah setelah beraktivitas, maka penumpukan kotoran tersebut akan terus menempel dan menghalangi kulit untuk bernafas dengan baik. Maka, kulitmupun akan menjadi lebih kusam.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kulit Kering dan Kusam, agar Tetap Sehat dan Lembab

2. Munculnya jerawat dan komedo

Contoh Masalah kulit yang bakal muncul diantaranya yaitu jerawat dan komedo. Jerawat dan komedo, dapat muncul dengan mudah jika kulitmu tersumbat oleh kotoran yang berasal dari riasan yang kamu gunakan. Apalagi jika kulitmu kondisinya berminyak, sudah dipastikan kondisi kulitmu yang berjerawat dan berkomedo akan semakin parah.

Baca Juga : Jangan Lakukan Kebiasaan Ini, saat Kulitmu Sedang Berjerawat

3. Munculnya penuaan

Pinterest.com

Akibat beraktivitas seharian, kulit pastinya akan sering terpapar debu, polusi, sinar matahari dan juga radikal bebas. Kombinasi antara polusi – polusi tersebut, dengan riasan yang tebal pada wajah, ternyata dapat menyebabkan penuaan kulit akan semakin cepat. Kulit akan terlihat lebih keriput dengan garis-garis halus yang terlihat jelas.

4. Mudah mengalami iritasi

Kebanyakan produk kecantikan atau make up memiliki kandungan bahan kimia. Kandungan bahan kimia tersebut lama kelamaan akan masuk ke dalam kulit jika kamu tidak membersihkannya. Bahan kimia tersebut, yang sudah tercampur berbagai macam kotoran, debu ataupun polusi, maka akan lebih rentang mengakibatkan kulit mengalami iritasi dan peradangan.

5. Bibir kering dan pecah-pecah

Pinterest.com

Menggunakan lipstik atau sejenisnya selama seharian, tanpa di hapus di malam hari, juga berpotensi menjadikan bibirmu mengalami kering dan pecah-pecah. Bibir juga perlu istirahat lho, maka jika terlalu lama terkena bahan kimia dari make up, maka bibir yang kering dan pecah-pecah tak dapat dihindarkan, karena warna pada lipstik dalam menghilangkan kelembaban kulit.

Wah, bahaya juga resikonya. Pasti kamu tidak mau kan, jika kulitmu bermasalah akibat kebiasaan burukmu tersebut? Nah, jika sudah terlanjur, dan kulit menjadi bermasalah, kamu bisa melakukan beberapa tips berikut, agar kondisi kulitmu kembali lebih sehat dan optimal :

1. Double Cleansing

Hal pertama yang harus kamu lakukan, yaitu melakukan double cleansing. Double cleansing yaitu membersihkan wajah dengan dua kali tahapan, agar kulit menjadi lebih bersih maksimal. Tujuan cleansing yang pertama yaitu mengangkat semua kotoran yang menempel pada wajah, baik itu make up, kotoran dari polusi, ataupun debu. Cleansing yang kedua, bertujuan untuk membersihkan secara sempurna, setelah melakukan cleansing yang pertama. Karena, walaupun sudah dilakukan pembersihan yang pertama, kemungkinan besar masih ada kotoran yang tersisa dan masih menempel. Cleansing pertama bisa menggunakan micellar water ataupun milk cleanser, sedangkan cleansing kedua menggunakan facial wash yang tepat. Namun, Double Cleansing ini berlaku bagi kamu yang benar-benar menggunakan make up yang sangat tebal. jika kamu menggunakan make up yang tipis atau biasa saja, kamu hanya perlu melakukan cleansing dengan facial wash saja.

Baca Juga : Tips Memilih Cleanser Sesuai Jenis Kulit

Facial Wash White

Untuk membersihkan wajah, kamu bisa menggunakan facial wash dari Qinara, yang dijamin aman, nyaman, lembut dan mampu membersihkan sampai ke dalam pori wajah. Dengan menggunakan facial wash Qinara, maka make up dan kotoran yang menempel semalaman, dapat dibersihkan dengan baik.

2. Aplikasikan toner

Membersihkan wajah menjadi kewajiban utama, saat hendak mengembalikan kondisi kulit menjadi optimal. Namun, mengembalikan pH wajah juga sangat penting, agar kondisi kulit tetap stabil. Setelah membersihkan wajah, maka baiknya kamu mengaplikasikan toner dengan tepat. Toner berperan dalam menyeimbangkan pH wajah, agar kulit tidak bermasalah atau tidak terlihat terlalu kering maupun terlalu berminyak. pH wajah yang pas, dapat mencegah berbagai masalah pada kulit,

3. Pelembab kulit dan bibir

Selain membersihkan makeup pada kulit wajah, area mata dan bibir, hal yang penting dilakukan juga yaitu mengembalikan kelembabannya. Kulit yang tidak dibersihkan dengan baik, maka dapat menyebabkan munculnya banyak masalah yang berakibat pada rusaknya skin barrier. Setelah membersihkan wajah, maka pastikan kamu tidak lupa untuk mengembalikan kelembaban kulitmu. Kulit yang lembab dan terhidrasi, sangat membantu dalam memperbaiki kondisi kulit dan skin barrier, agar dapat bekerja secara efektif.

Lupa menghapus make up juga dapat menyebabakan masalah pada bagian mata dan juga bibir. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan lip mask yang mengandung bahan pelembab, agar bibir kembali lembab dan tidak pecah-pecah.

Baca Juga : Tips Memilih Moisturizer yang Tepat, Sesuai Jenis Kulit

4. Lakukan eksfoliasi kulit

Akibat lupa tidak menghapus make up, maka masalah kulit akan lebih rentan muncul. Salah satu solusi yang wajib kamu lakukan yaitu, segera melakukan eksfoliasi wajah. Eksfoliasi wajah sangat berperan dalam mengangkat dan membersihkan sel kulit mati dan juga kotoran yang ada di dalam pori. Dengan melakukan eksfoliasi, maka sel-sel kulit mati yang sudah kotor dan rusak akan tergantikan dengan sel-sel kulit yang baru, sehingga kulit kembali menjadi lebih sehat. Kulit kusam merupakan salah satu masalah yang dapat diatasi dengan eksfoliasi. Pilihlah eksfoliasi yang tepat, maka kulitmupun akan kembali bersinar.

5. Gunakan masker wajah

Pinterest.com

Akibat tidak menghapus make up, kulit akan cenderung terlihat tidak sehat dan layu. Untuk mengembalikan kondisi kulit menjadi lebih segar, kamu bisa menggunakan face mask atau masker wajah yang tepat. Pilihlah masker wajah yang dapat menghidrasi kulit dengan baik, serta mengandung kandungan yang dapat menutrisi, seperti yang mengandung vitamin, antioksidan atau bahan aktif yang melembabkan.

Baca Juga : Mengenal Macam dan Manfaat Face Mask yang sesuai dengan Jenis dan Kebutuhan Kulit

Itulah beberapa resiko akibat kebiasaan buruk tidak menghapus make up saat hendak tidur. Pastikan kamu selalu membersihkan wajah terlebih dahulu dan melakukan perawatan yang tepar, agar kulit dapat beristirahat dengan baik, sehingga kulit selalu dalam kondisi yang sehat. Lakukan beberapa tips di atas, jika kulitmu sudah mengalami masalah ya!. Tips – tips di atas, mampu membantu mengembalikan kondisi kulit menjadi seperti semula, tanpa adanya masalah.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0
X