Mengenal Berbagai Jenis Acid yang Terkandung pada Skincare, Beserta Manfaatnya untuk Kulit.

Mengenal Berbagai Jenis Acid yang Terkandung pada Skincare, Beserta Manfaatnya untuk Kulit.

Bahan aktif yang terkandung pada skincare, memang memiliki peranan yang sangat penting dalam memberikan hasil yang optimal pada kulit wajah. Sehingga, sebelum memilih atau menggunakan produk skincare tertentu, kamu harus mengetahui bahan aktif yang ada di dalamnya dan manfaatnya bagi kecantikan kulit. Dan salah satu bahan aktif yang banyak terkandung pada berbagai jenis skincare yaitu berupa acid. Acid atau asam sendiri terkenal memiliki berbagai manfaat untuk kulit, mulai dari mengatasi jerawat, kulit kusam dan kering, mengatasi masalah hiperpigmentasi, serta masalah kerutan atau penuaan di wajah.

Nah, jenis acid sendiri ternyata ada banyak sekali lho. Dan tidak semua acid cocok dengan semua jenis kulit wajah. Penggunaan skincare berbahan aktif acid atau asam, harus disesuaikan dengan jenis dan kondisi kulit wajah, agar cocok dan kulit tidak tambah bermasalah. Yuk langsung saja kenalan dengan 5 Jenis Acid pada skincare yang terkenal dan kaya akan manfaat, berikut ini :

1. Hyaluronic Acid

Pinterest.com

Hyaluronic Acid (HA) terkenal dengan kemampuannya dalam mengikat air untuk memberikan kelembapan pada kulit. Bahan aktif Hyaluronic acid ini, biasa ditemukan pada produk toner, moisturizer, sampai dengan produk anti aging. Sebenarnya, Hyaluronic acid juga sudah ada secara alami pada kulit wajah. Namun, keberadaanya bisa berkurang akibat berbagai faktor. Kulit yang kekurangan hyaluronic acid akan terlihat lebih kusam dan mudah muncul kerutan.

Baca Juga : 3 Tips Memilih Moisturizer Sesuai Jenis Kulit

Selain itu, manfaat lain yang diperoleh dengan menggunakan skincare berbahan hyaluronic acid yaitu, kulit akan terlindungi dari efek buruk radikal bebas, karena juga berperan sebagai sumber antioksidan. Kulit yang meradang juga dapat teratasi, karena sifatnya sebagai anti inflamasi.

2. Glycolic Acid

Pinterest.com

Glycolic acid juga sering ditemukan pada berbagai produk yang mengklaim dapat berperan sebagai anti aging atau yang dapat menunda penuaan kulit. Hal ini dikarenakan acid ini memang memiliki peranan yang penting dalam melawan tanda-tanda penuaan di wajah. Selain itu, Glycolic acid juga dapat membantu mempercepat proses regenerasi atau pergantian sel kulit, sehingga kulit terlihat lebih segar dan cerah. Penggunaan skincare berbahan Glycolic acid, harus diaplikasikan sesuai dengan petunjuk pengguaan produk. Penggunaannya yang berlebih justru dapat menyebabkan kulit iritasi, memerah dan mengelupas.

3. Salysilic Acid

Salah satu jenis acid yang saat ini paling nge tren dan banyak diburu pecinta skincare yaitu Salysilic acid atau bisa juga dikenal dengan Beta Hydroxy Acid (BHA). Hal ini dikarenakan Salysilic acid ini memiliki kemampuan dalam memperbaiki tekstur dan warna kulit tidak merata, dengan cara pengelupasan. Salysilic acid ini memiliki molekul yang sangat kecil, sehingga sangat efektif untuk membersihkan hingga ke dalam pori-pori wajah dan bekerja dengan baik pada kulit berminyak (oil-soluble). Sehingga, bagi kamu pemilik kulit yang cenderung berminyak, mudah berjerawat, berkomedo, serta memiliki tekstur kulit yang tidak rata, skincare berbahan Salysilic acid bisa menjadi solusinya.

Baca Juga : 5 Manfaat Salysilic Acid, Atasi Kulit Wajah Berjerawat

Acne Solution

Acne Solution dari Qinara, merupakan salah satu skincare yang mengandung bahan aktif salysilic acid. Produk ini memang sudah terbukti efektif untuk mengatai masalah jerawat dan komedo di wajah. Penggunaan Acne Solution dengan cara yang tepat sesuai anjuran dan dilakukan secara rutin, maka masalah yang sering muncul pada kulit berminyak dapat segera dicegah dan diatasi.

4. Lactic Acid

Pinterest.com

Lactic acid ini masih satu kelompok dengan Glycolic acid, namun jenis asam yang satu ini memiliki tekstur dan sifat yang lebih ringan. Lactic acid terkenal dengan manfaatnya yang dapat bekerja secara efektif pada lapisan kulit yang paling luar dan mengikis sel-sel kulit mati yang ada. Karena sifatnya tersebut, jenis asam ini dapat membantu dalam regenerasi kulit, dan sangat cocok digunakan untuk mengatasi noda atau flek hitam yang ada di wajah, serta membantu menajag kulit wajah tetap lembab. Tidak hanya itu, penggunaan skincare berbahan Lactic Acid secara rutin, juga dapat merangsang kolagen kulit yang dapat menjadikan kulit tetap awet muda.

5. Azelaic acid

pinterest.com

Jenis asam yang satu ini sangat baik digunakan pada kulit yang cenderung sensitif, tanpa harus khawatir kulit menjadi iritasi. Azelaic acid ini bekerja dengan efektif dalam membantu mengelupas atau mengeksfoliasi sel kulit wajah, mengontrol sebum dan menghambat pertumbuhan bakteri jerawat yang muncul pada kulit yang sensitif. Peran lain dari Azelaic acid yaitu menyamarkan noda bekas jerawat atau hiperpigmentasi pada kulit, karena berperan dalam menghancurkan atau menekan sel kulit yang memproduksi melanin. Karena sifatnya yang lembut dan cocok digunakan untuk kulit sensitif, azelaic ini juga m aman digunakan untuk ibu hamil, dengan penggunaan yang tepat atau tidak berlebih sesuai rekomendasi.

Sudah tahu kan jenis-jenis acid yang terkandung pada produk skincare, beserta manfaatnya bagi kulit ?. Saat hendak menggunakan skincare berbahan acid, yang terpenting yaitu kamu menyesuaikannya dengan jenis kulitmu ya.  Jangan sampai, kulitmu iritasi akibat acid yang kamu gunakan tidak cocok dengan kondisi wajahmu. Lalu, Kira-kira kulitmu butuh skincare dengan jenis acid yang mana nih ?

Share and Enjoy !

0Shares
0 0
X