Mengenal Macam dan Manfaat Face Mask, yang Sesuai dengan Jenis dan Kebutuhan Kulitmu

Mengenal Macam dan Manfaat Face Mask, yang Sesuai dengan Jenis dan Kebutuhan Kulitmu

Merawat kulit memang menjadi keharusan dan kewajiban jika menginginkan wajah yang sehat dan cantik. Selain perawatan dengan skincare mulai dari mencuci wajah, menggunakan toner, serum, moisturizer dan sunscreen, penggunaan face mask atau masker wajah merupakan salah satu yang penting untuk membantu menjaga kesehatan kulit dan penampilan tetap cantik. Tak perlu rutin ke salon jika menginginkan wajah yang sehat dan terawat, karena penggunaan masker wajah yang mudah dan tak menghabiskan waktu itu, juga bisa membantu merawat kulit wajahmu.

Penggunaan masker wajah secara rutin dan benar, memiliki banyak manfaat untuk kulit. Selain membantu dalam mengangkat sel – sel kulit mati dan juga membersihkan kotoran, masker wajah juga bermanfaat untuk melembabkan kulit, mengencangkan wajah, bahkan mengatasi masalah jerawat dan komedo.

Baca Juga : Ini Dia Perbedaan Komedo Blackhead dan Whitehead serta Cara Tepat Mengatasinya

Ternyata jenis masker wajah sangat beragam lho, dan mungkin bikin kamu bingung mau pilih yang mana. Dan untuk menggunakannya, sebaiknya kamu memilih masker wajah yang sesuai dengan jenis dan kondisi wajahmu, agar diperoleh hasil yang maksimal.

Baca Juga : Mengenal Jenis – Jenis Kulit Wajah

Yuk, langsung simak beberapa macam masker wajah berikut beserta kandungannya, agar kamu tidak salah pilih tentunya.

1. Sheet mask

Pinterest.com

Sheet mask merupakan salah satu jenis masker wajah yang paling banyak dan sering digunakan, yang berbentuk lembaran dan biasanya terbuat dari kertas ataupun pulp kelapa. Di dalam lembaran masker wajah tersebut, terdapat berbagai macam kandungan yang baik untuk menutrisi kulit wajah, diantaranya yaitu vitamin, serum, atau mineral lainnya. Sheet mask sangat cocok digunakan bagi kamu yang memiliki jenis kulit wajah yang kering dan cenderung kusam, tetapi bisa juga dipakai untuk semua jenis kulit.

Beberapa contoh kandungan yang ada pada sheet mask dan bermanfaat untuk kulit yaitu, humektan emolien yang berfungsi untuk menghidrasi kulit, ada centella asiatica, niacinamide, dan aloe vera yang membantu menenangkan kulit akibat peradangan dan iritasi, serta kandungan peptides yang berperan sebagai anti aging. Banyaknya cairan yang terdapat pada sheet mask, menjadikan masker wajah tersebut efektif untuk menjadikan kulit wajah lebih lembab. Selain itu, manfaat lain yang dapat diperoleh diantaranya, kulit menjadi lebih halus, segar, dan lebih cerah.

Sheet mask dapat digunakan dua kali dalam seminggu secara rutin untuk hasil yang maksimal. Cara penggunaanya yaitu, dengan menempelkannya pada wajah dan diamkan selama 15 – 20 menit atau tergantung saran pemakaian produk. Setelah sheet mask dilepas, kamu bisa mengoleskan cairan yang tersisa pada wajah dan sheet mask ke area wajah, leher atau bagian tubuh yang lain, karena cairannya yang mengandung banyak serum, memberikan manfaat yang baik untuk kulit.

2. Clay mask

Pinterest.com

Clay mask merupakan masker wajah yang berbahan dasar tanah liat alami (clay) yang mengandung banyak mineral yang baik. Clay mask juga memiliki tekstur yang kering, sehingga membantu menyerap kelebihan minyak dan kotoran yang tersumbat pada pori – pori wajah. Karena sifatnya tersebut, clay mask ini cocok digunakan bagi yang memiliki kulit wajah yang berminyak dan acne – prone.

Beberapa manfaat menggunakan clay mask yaitu, membersihkan pori – pori wajah, mengurangi produksi sebum, meregenerasi sel kulit, serta mencegah jerawat dan juga komedo. Clay mask dapat digunakan 1 – 2 kali dalam seminggu, dan bagi yang memiliki kulit wajah kering, sebaiknya membatasi pemakaiannya agar kulit tidak semakin kering.

3. Gel mask

Pinterest.com

Sesuai dengan namanya, Gel mask merupakan masker wajah yang berbentuk gel (water based) yang mengandung cairan yang cukup tinggi. Penggunaan gel mask memberikan efek yang menenangkan dan mendinginkan bagi kulit wajah. Adanya kandungan glycerin di dalamnya, gel mask cocok digunakan bagi yang memiliki kulit kering karena dapat membantu menghidrasi kulit wajah. Selain itu, adanya kolagen dan antioksidan pada gel mask, membantu pemulihan kulit akibat iritasi, gatal, atau kerusakan yang disebabkan oleh matahari.

Gel mask dapat digunakan 1 – 2 kali dalam seminggu setelah membersihkan atau mencuci wajah. Diamkan selama 15 – 20 menit atau sesuai petunjuk, kemudian bilas sampai bersih menggunakan air biasa.

4. Peel – off mask

Jika menginginkan wajah yang cerah, penggunaan peel – off mask dapat menjadi salah satu pilihanmu. Masker ini berbentuk krim atau gel yang dapat mengering dan dikelupas setelah beberapa menit dioleskan pada wajah. Peel – off mask efektif untuk mengangkat komedo yang membandel di area wajah, terutama hidung. Kulit wajah yang halus, kencang dan cerah bisa juga didapatkan, karena masker ini membantu dalam mengangkat sel kulit mati dan kotoran, serta melancarkan peredaran darah di wajah. Bagi yang memiliki kulit yang sensitif, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu kandungan yang ada di dalamnya, agar tidak menimbulkan reaksi alergi dan iritasi.

Baca Juga : Mau Kulit Lebih Cerah? Pastikan Kamu Menggunakan Skincare yang Mengandung Bahan Aktif Berikut

5. Sleeping mask

Pinterest.com

Sleeping mask biasa juga disebut overnight mask, yang berarti masker wajah yang digunakan semalaman di saat tidur. Sleeping mask memiliki tekstur yang ringan dan mudah menyerap ke dalam kulit. Masker ini cocok digunakan untuk kulit kering, karena mengandung bahan alami, vitamin dan kolagen yang membantu melembabkan, menyegarkan kulit dan meregenerasi kulit saat tidur.

Sleeping mask biasanya bebentuk gel atau krim yang dioleskan keseluruh wajah, dan akan mengering dengan sendirinya. Jangan lupa untuk membersihkan wajah dengan pembersih pada keesokan harinya, agar masker dapat hilang dan wajah yang lebih lembab dan segar bisa dirasakan. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa menggunakan sleeping mask 2 – 3 kali dalam seminggu.

6. Eksfoliating mask

Pinterest.com

Kulit kusam dan kasar sangat cocok untuk menggunakan eksfoliating mask. Sesuai dengan namanya, masker yang berbentuk butiran halus ini membantu dalam mengeksfolasi wajah dengan cara mengangkat sel – sel kulit mati, kotoran dan komedo, sehingga menjadikan kulit wajah menjadi lebih cerah. Bahan eksfoliator yang terkandung pada masker ini bisa berupa bahan kimia, seperti AHA dan BHA, sedangkan bahan alami yaitu seperti gula, kopi dan oat.

Eksfoliting mask bisa digunakan 1 – 2 kali dalam seminggu selama 15 menit, dan jangan lupa untuk memijatnya secara halus dengan gerakan memutar, agar kotoran dan sel kulit mati dapat terangkat. Pastikan membilasnya dengan bersih agar dapat dilanjutkan dengan penggunaan skincare lainnya.

7. DIY mask

Pinterest.com

DIY mask merupakan masker yang dibuat sendiri menggunakan bahan – bahan alami. Masker ini termasuk masker yang paling aman untuk digunakan, walaupun hasil atau manfaat yang diperoleh membutuhkan waktu yang relatif lama. Kamu bisa memilih atau menggunakan bahan – bahan alami, seperti tomat, timun, madu, alpukat, minyak essensial, ataupun bahan alami lainnya, sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit wajahmu.

Itu tadi beberapa jenis masker wajah yang bisa menjadi pilihanmu. Saat menggunakan masker, sebaiknya kamu menghindari bagian wajah tertentu, seperti bagian mata dan bibir. Penggunaan masker yang baik tidak dianjurkan lebih dari 20 menit, kecuali untuk penggunaan sleeping mask. Menggunakan masker melebihi waktu yang disarankan, dapat mengakibatkan kulit menjadi bermasalah, seperti kering, iritasi dan muncul jerawat.

Nah, Sudah tidak bingung memilih masker wajah yang tepat kan? Pastikan memilih masker wajah yang aman dan sesuai kebutuhan kulitmu. Jika masih ragu dan bingung memilih masker yang cocok untuk kulitmu, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Untuk mendapatkan hasil kulit wajah yang lebih sehat dan cantik, bisa kamu imbangi dengan penggunaan rangkaian produk skincare rutin dari Qinara. Produk – produk dari Qinara terbukti aman dan memberikan manfaat yang baik untuk kulit wajahmu.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0
X