Mengenal Penyebab dan Cara Tepat Merawat Kulit Acne Prone Skin

Mengenal Penyebab dan Cara Tepat Merawat Kulit Acne Prone Skin

Apakah kamu tahu apa itu Acne Prone Skin ? Mungkin banyak yang bingung nih, acne prone skin itu jenis kulit apa kondisi kulit sih? Mungkin banyak yang mengira, bahwa Acne Prone Skin merupakan jenis kulit seseorang, namun ternyata Acne Prone Skin merupakan masalah atau kondisi kulit, dan bukan jenis kulit.

Acne prone skin merupakan kondisi kulit dimana akan lebih sensitif terhadap berbagai virus atau bakteri, sehingga lebih rentan memiliki masalah jerawat, sering memerah, iritasi dan juga gatal-gatal. Acne prone skin ini biasanya lebih sering dimiliki oleh kulit berminyak, yang cenderung memiliki produksi sebum yang berlebih. Namun, pemilik kulit kering juga bisa memiliki masalah Acne Prone skin juga lho.

Baca Juga : Mengenal Jenis-Jenis Kulit Wajah

Lalu, kira-kira apa sih penyebab Acne Prone Skin sendiri? Langsung saja kita cari tahu penyebabnya di bawah ini yuk ! :

1. Bakteri

Penyebab utama Acne Prone Skin yaitu akibat bakteri yang menempel di wajah. Bakteri yang menempel di wajah, salah satunya bisa disebabkan karena kebiasaan kamu yang jarang membersihkan wajah, sehingga kotoran, minyak, dan sel kulit mati yang menumpuk dapat mengundang bakteri yang merangsang terjadinya inflamasi. Kebiasaan lain penyebab Acne Prone Skin yaitu akibat jarang mencuci dan mengganti bantal ataupun sprei, serta kebiasaan menyentuh wajah. Kebiasaan tersebutlah yang dapat menyebabkan berpindahnya bakteri, baik dari bantal, sprei ataupun tangan ke wajah, sehingga menyebabkan kulit mudah berjerawat.

2. Hormonal

Penyebab lain Acne Prone Skin yaitu akibat perubahan hormon. Peningkatan hormon androgen dan juga hormon kortisol yang disebabkan karena stress, dapat merangsang kelenjar minyak memproduksi sebum secara berlebih, sehingga dapat menyumbat pori-pori dan memicu munculnya jerawat. Selain itu, perubahan hormon estrogen akibat menstruasi contohnya, juga dapat memicu munculnya jerawat dengan mudah.

Itulah beberapa penyebab Acne Prone Skin. Jadi, apapun jenis kulitmu, tidak menutup kemungkinan kulitmu juga akan mengalami yang namanya Acne Prone Skin. Nah, agar kondisi kulit tidak semakin parah, kamu bisa lho melakukan beberapa tips berikut untuk mengatasinya :

1. Gentle cleanser

Pinterest.com

Penyebab utama Acne Prone Skin yaitu akibat kurangnya menjaga kebersihan wajah. Untuk menjaga wajah tetap bersih dan terhindar dari masalah kulit berjerawat, kamu bisa menggunakan sabun wajah yang bersifat gentle. Karena kondisi wajah lebih sensitif dan mudah mengalami iritasi dan meradang, memilih sabun wajah yang gentle atau bersifat lembut sangat diperlukan, untuk menghindari kulit semakin iritasi. Selain itu, pilihlah sabun wajah yang memiliki kandungan dapat mengontrol sebum, dan dapat mengangkat kotoran atau debu secara maksimal. Dan yang pasti, gunakan sabun yang tetap melembabkan dan tidak menyebabkan rasa tertarik pada wajah. Cukup bersihkan wajah 2 kali dalam sehari, yaitu pada pagi dan juga malam hari.

2. Eksfoliating dan Hydrating toner

Kulit yang lebih rentan berjerawat, maka sebaiknya harus dilakukan eksfoliasi secara rutin setiap minggunya. Untuk melakukan eksfoliasi pada Acne Prone Skin, bisa menggunakan eskfoliating toner, karena memiliki sifat yang lebih lembut dibandingkan dengan eksfoliating scrub. Disarankan menggunakan kandungan BHA atau salysilic acid, agar minyak, kotoran dan sel kulit mati dapat terangkat. Lakukan eksfolisi sesuai petunjuk penggunaan, agar kulit tidak semakin iritasi.

Selain itu, setelah membersihkan wajah, maka sebaiknya mengembalikan kelembaban wajah dan menyeimbangkan pH dengan menggunakan Hydrating toner.  Pilihlah hydrating toner yang mengandung bahan bahan alami dan bersifat anti inflamasi, seperti centella asiatica, aloe vera, dan juga green tea, untuk mencegah peradangan pada kulit.

3. Moisturizer

Moisturizer sangat dibutuhkan oleh pemilik Acne Prone Skin, karena saat kondisi kulit kering, maka kulit akan memproduksi lebih banyak minyak dengan sendirinya. Hal tersebut, tentunya dapat memicu semakin terjadinya penyumbatan pada pori-pori. Mositurizer yang tepat untuk Acne Prone Skin yaitu, yang formulanya Oil free agar tidak semakin berminyak, memiliki tesktur cream atau yang ringan di kulit untuk mencegah penyumbatan. Selain itu, pilihlah moisturizer yang mengandung bahan – bahan alami, agar dapat mengunci kelembaban kulit dengan baik, dan mencegah kerusakan skin barrier dari faktor eksternal, serta menenangkan peradangan pada kulit.

Baca Juga : 3 Tips Memilih Moisturizer Sesuai Jenis Kulit

4. Sunscreen

Pinterest.com

Menggunakan sunscreen tetap tidak boleh kamu lupakan!. Tanpa menggunakan sunscreen, maka sinar UV dapat memperparah kondisi Acne Prone Skin, dan menjadikan kulit semakin meradang. Pilihlah sunscreen yang cocok untuk Acne Prone skin, mengandung SPF minimal 30 dan mengandung bahan yang bisa melembabkan. Dan jangan lupa! untuk selalu re-apply sunscreen, agar sunscreen dapat tetap efektif dalam melindungi kulit.

5. Acne Spot Treatment

Acne Spot Treatment, merupakan salah satu skincare yang memiliki active ingredients yang cukup tinggi, yang dapat mengatasi jerawat dengan maksimal. Acne Spot Treatment, digunakan saat kondisi kelembaban kulit cukup terpenuhi. Dengan menggunakan Acne Spot Treatment, masalah jerawat pada Acne Prone Skin, dapat cepat sembuh dan mengering, karena kandungan bahan aktifnya dapat tepat dalam mengatasinya. Kamu cukup mengoleskan tipis pada bagian kulit yang berjerawat saja, baik itu jerawat yang kecil ataupun yang meradang, maka masalah jerawat pada kulit dapat segera diobati.

Acne Series Qinra natural Cosmetics

Apakah kamu pemilik Acne Prone Skin? Jika iya kamu bisa melakukan beberapa tips di atas, agar kondisi kulit kembali membaik. Selain itu, saat kamu mengalami kondisi Acne Prone Skin, kamu bisa memilih produk Qinara paket Acne Series, untuk membantu memperbaiki kondisi kulitmu. Paket Acne Series dari Qinara, terdiri dari Oily Facial Cleanser, Suncare Oily High Protection, Acne Night Care, serta Acne Solution yang semuanya bersifat lembut dan bersifat sebagai anti inflamasi. Semua produk Acne Series tersebut, sudah dirancang atau diformulasikan khusus untuk mengatasi masalah minyak berlebih, kulit berjerawat dan juga berkomedo, karena bersifat non comedogenik serta non acnegenik, Oil free formula, dan mengandung bahan alami. Jadi, saat kulitmu sedang mengalami Acne Prone Skin, jangan ragu untuk menggunakan paket Acne Series, agar jerawat, iritasi dan kondisi kulit yang meradang, dapat cepat teratasi.

Baca Juga : Cara Tepat Merawat Kulit Sensitif

Dan pastikan juga, kamu menerapkan pola hidup sehat, dengan berolahraga, memenuhi asupan cairan tubuh, dan mengonsumsi makanan bernutrisi dan sehat, agar kondisi kulit tetap sehat dan tidak rentang mengalami masalah Acne Prone Skin.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0
X