Pori-Pori Besar Mengganggu Penampilan ? Ini Dia Penyebab dan Cara Aman untuk Mengecilkannya

Pori-Pori Besar Mengganggu Penampilan ? Ini Dia Penyebab dan Cara Aman untuk Mengecilkannya

Pori – pori yang besar kerap kali mengganggu penampilan karena menjadikan penampilan kurang menarik, dan dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri. Terkadang, pori-pori wajah yang besar selain mengganggu penampilan, juga dapat membuat make up yang diaplikasikan menjadi kurang merata atau sempurna. Pori-pori wajah sendiri merupakan lubang pada kulit yang berfungsi untuk mengeluarkan sebum atau minyak alami dari dalam. Penyebab utama pori-pori besar yaitu akibat pori-pori wajah terlalu banyak mengeluarkan sebum, atau dalam kata lain kelenjar minyak terlalu banyak memproduksi minyak alami dari dalam kulit.

Baca Juga : Pori-Pori Wajah Tersumbat ? Ini Dia Cara Tepat untuk Mengatasinya

Pori-pori wajah yang besar akan lebih mudah tersumbat oleh berbagai macam kotoran dan sel kulit mati, sehingga akan membuatnya semakin jelas terlihat. Selain itu, pori-pori yang terbuka atau membesar inilah yang akan lebih berpotensi menjadi tumbuhnya komedo ataupun jerawat. Selain akibat kelebihan minyak dan juga genetik, pori-pori membesar juga bisa diakibatkan oleh beberapa faktor berikut ini  :

1. Genetik dan penuaan

Penyebab kamu memiliki pori-pori besar, salah satunya bisa disebabkan karena faktor keturunan. Sama halnya dengan jenis kulit, jika keluargamu ada yang memiliki pori-pori besar, maka kemungkinan besar, kamupun juga memiliki pori-pori yang besar. Jenis kulit berminyak juga lebih rentan memiliki pori yang besar, karena sebum yang dihasilkan  cukup banyak.

Bertambahnya usia juga bisa meningkatkan resiko memiliki pori-pori besar. Usia yang semakin bertambah, dapat menurunkan produksi kolagen, sehingga kulit akan terlihat kendur dengan penampakan pori-pori yang membesar.

2. Paparan sinar matahari secara berlebih

Kulit yang sering terkena paparan sinar matahari, akan cenderung memiliki pori-pori yang membuka. Hal ini dikarenakan kulit lama-kelamaan akan mengalami penebalan, sehingga pori-pori yang membuka akan mudah terjadi. Paparan sinar matahari juga dapat mengakibatkan kerusakan pada kolagen yang mengakibatkan elastisitas kulit menurun, sehingga pori-pori besarpun tak bisa dihindarkan.

Baca Juga : Apa itu Kolagen? Sumber dan Manfaatnya Bagi Kulit

3. Hormon

Perubahan hormon yang kamu alami juga dapat menyebabkan pori-pori membesar lho. Perubahan hormon seperti saat monopause, menstruasi dan masa kehamilan, dapat merangsang produksi sebum yang tinggi dan mengakibatkan pori-pori wajah membesar.

Berbagai macam cara pasti dilakukan untuk dapat mengatasi pori-pori besar agar dapat mengecil bahkan tidak nampak. Kunci utama untuk mengatasi pori besar yaitu dengan cara membersihkan wajah dari kotoran dan sel kulit mati secara rutin, baik dengan cara mencuci wajah atau melakukan eksfoliasi. Dengan melakukan eksfoliasi dan mencuci wajah maka akan terjadi proses pengelupasan sel kulit mati serta pengangkatan kotoran, debu dan minyak penyebab pori tersumbat dan nampak membesar, sehingga pori akan terlihat lebih kecil.

Selain dengan cara tersebut, ada beberapa cara lain yang tepat dan aman untuk mengatasi pori-pori besar nih. Diantaranya yaitu :

1. Salysilic acid

Acne Night Care

Salysilic acid merupakan salah satu kandungan bahan aktif yang terdapat pada skincare. Salysilic pada skincare terbukti efektif dalam mengatasi pori-pori besar. Salysilica acid bekerja dengan cara membersihkan dan menghilangkan kotoran, sebum serta sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Salysilic acid juga sangat ampuh digunakan untuk mengatasi dan mencegah jerawat, komedo serta milia yang sering muncul pada kulit berminyak.

Acne Night Care dan Acne Solution dari Qinara, juga mengandung salysilic acid, yang dapat membantu mengecilkan pori, menyembuhkan jerawat serta menyamarkan flek bekas jerawat.

Baca Juga : 5 Manfaat Salysilic Acid Atasi Wajah Berjerawat

2. Retinol

Retinol memiliki fungsi utama dalam menstimulasi kulit untuk melakukan regenerasi atau menumbuhkan sel-sel kulit baru, serta merangsang produksi kolagen. Karena peran pentingnya tersebut, penggunaan retinol dengan cara dan takaran yang pas, dapat membantu mengecilkan penampakan pori yang besar, mengatasi masalah penuaan, dan menjadikan kulit lebih kencang, kenyal dan halus.

3. Clay mask

Pinterest.com

Masker wajah memiliki peran yang penting dalam menjadikan kulit bersih, cerah dan mulus. Ada beberapa macam face mask, yang semuanya memiliki bentuk, kandungan, dan juga manfaat yang berbeda pula tentunya. Masker wajah yang tepat untuk mengatasi pori-pori besar yaitu berupa clay mask. Clay mask merupakan salah satu jenis masker wajah yang diformulasikan khusus bagi kamu yang memiliki masalah kulit berminyak dan pori-pori besar. Clay mask sendiri merupakan jenis masker yang terbuat dari tanah liat pilihan, yang bekerja efektif dalam menyerap minyak berlebih dan melancarkan sirkulasi darah di dalam kulit. Menggunakan clay mask secara rutin 2-3 kali dalam seminggu, maka dapat mencegah minyak berlebih yang dapat menjadikan pori nampak besar.

Baca Juga : Mengenal Jenis dan Manfaat Face Mask yang sesuai dengan Jenis dan Kebutuhan Kulitmu

4. Produk Non comedogenik dan Oil free

Acne Series

Jika kamu memiliki pori-pori yang besar pastikan kamu menghindari penggunaan produk skincare atau make up yang bersifat comedogenik. Pilihlah produk perawatan dengan label non-comedogenik, karena produk tersebut sudah dijamin tidak dapat menyebabkan sumbatan pada pori-pori wajah. Produk dengan kandungan yang dapat menyumbat pori-pori, selain dapat memperbesar ukuran pori itu sendiri, juga dapat memicu tumbuhnya jerawat dan komedo membandel.

Produk dengan label Oil free juga harus kamu pilih, untuk mengatasi masalah pori-pori besar. Oil free menandakan bahwa produk tersebut tidak mengandung minyak, sehingga tidak dapat menambah minyak pada kulitmu semakin banyak. Penyumbatan pori akibat minyakpun tidak akan terjadi.

Acne Series dari Qinara, merupakan pilihan yang tepat untuk mengatasi pori-pori yang besar, karena bersifat non-comedogenik serta Oil free formula. Setelah menggunakan Acne Series, dipastikan pori-pori pada kulit tidak nampak, dan kulitmupun akan terbebas dari jerawat dan komedo.

5. Tabir surya

Suncare Oily High Protection

Penyebab pori-pori membesar salah satunya yaitu akibat terlalu sering terkena paparan sinar matahari secara langsung. Menggunakan tabir surya atau sunscreen merupakan cara tepat untuk mencegah pori membesar. Dengan menggunakan sunscreen, produksi kolagen pada kulit akan tetap stabil, sehingga kulit tidak kendur dan tetap kencang, serta pori-pori besar tak kan kelihatan.

Suncare Oily High Protection dari Qinara, bisa kamu gunakan untuk mencegah pori-pori yang besar. Sunscreen tersebut sangat cocok diguanakan bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, karena bebas minyak dan bersifat non comedogenik.

Pori-pori yang besar dapat tersamarkan, jika kamu memilih cara yang tepat dan aman seperti di atas. Pastikan kamu tidak asal dalam memilih cara mengecilkan pori-pori ya. Cara yang kurang tepat, malah dapat mengakibatkan kulitmu mengalami iritasi dan memicu masalah kulit lain muncul dengan mudah.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0
X