Wajib Tahu ! Berikut Mitos Mengenai Sunscreen yang Tak Perlu Kamu Percaya

Wajib Tahu ! Berikut Mitos Mengenai Sunscreen yang Tak Perlu Kamu Percaya

Sunscreen merupakan salah satu skincare wajib yang tidak boleh dilewatkan penggunaanya. Hal ini dikarenakan, sunscreen berperan penting dalam melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar matahari atau sinar UV. Kulit yang tidak diberikan perlindungan dengan sunscreen, maka akan beresiko mengalami berbagai masalah kulit yang tentunya sangat mengganggu penampilan. Beberapa masalah kulit yang timbul akibat melewatkan sunscreen yaitu diantaranya, kulit menjadi belang, munculnya flek hitam atau hiperpigmentasi, kulit memerah dan rentan sensitif, serta kulit akan menjadi kusam dan juga kering. Selain itu, dalam jangka panjang kulit juga bisa beresiko terkena kanker kulit. Bahaya bukan ?. Oleh karena itu, jangan sampai kamu melewatkan menggunakan sunscreen setiap harinya ya !

Namun, ternyata ada beberapa mitos tidak benar mengenai sunscreen yang berkembang dan masih banyak dipercaya oleh sebagian orang lho ! Padahal jika mitos-mitos tersebut dipercaya, maka dapat memberikan dampak yang kurang bagi diri kamu sendiri. Sehingga, sangat dianjurkan untuk menggali dan memperdalam pengetahuan mengenai sunscreen yang benar, agar tidak beresiko. Lantas, mitos tentang sunscreen apa saja sih yang masih banyak berkembang di masyarakat ? Simak informasinya berikut ini :

1. Sunscreen dan sunblock adalah sama

Suncare Oily High Protection

Pasti banyak yang beranggapan bahwa, sunscreen dan sunblock merupakan produk yang sama. Namun faktanya, kedua produk tersebut tenyata berbeda, dari segi cara produk melindungi kulit dari sengatan matahari.

Sunscreen bekerja dengan cara memfilter & menyerap sinar UV lalu mengubahnya menjadi energi panas yang dikeluarkan melalui kulit. Sunscreen harus dioleskan 20 menit sebelum beraktivitas, karena kandungannya memerlukan waktu untuk menyerap. Cocok untuk kegiatan outdoor yang tidak terlalu lama, dan harus dilakukan re apply. Sunscreen sangat direkomendasikan penggunaanya dalam beraktivitas sehari-hari, karena memiliki formula yang lebih ringan dan nyaman.

Sedangkan sunblock Melindungi langsung dari sinar matahari, sebelum meresap ke dalam kulit atau melakukan perlindungan di atas permukaan kulit.

Sunblock ini bisa langsung bekerja sesaat setelah dioleskan pada kulit. Sunblock biasanya dapat digunakan untuk beraktivitas berjam-jam di bawah paparan matahari, seperti untuk berolahraga dan kegiatan outdoor lainnya.

Baca Juga : Penting untuk Kulit, Ini Dia Cara Re apply Sunscreen yang Tepat

2. Menggunakan make up ber SPF sudah cukup, dan tak butuh sunscreen lagi

Pinterest.com

Banyak wanita beranggapan bahwa, menggunakan make up atau bedak yang mengandung SPF sudah cukup melindungi kulit dari sengatan matahari, jadi tidak perlu menggunakan sunscreen lagi. Namun, ternyata persepsi tersebut tidak sepenuhnya benar lho. Pasalnya, penambahan zat SPF pada makeup hanya diperuntukan sebagai lapisan perlindungan tambahan saja, bukan satu-satunya lapisan perlindungan. Sehingga tidak cukup melindungi kulit wajah, dan tetap diperlukan sunscreen agar kulit terlindungi dengan maksimal sepanjang hari.

3. Kulit yang gelap tak perlu menggunakan sunscreen

Salah satu mitos sunscreen yang sering didengar yaitu orang yang memiliki kulit gelap tidak perlu menggunakan sunscreen lagi. Hal ini dikarenakan, banyak yang beranggapan bahwa kulit yang gelap mengandung melanin yang lebih tinggi, sehingga dapat menghalau atau mengurangi efek buruk sinar matahari yang mengenai kulit. Faktanya, orang yang memiliki kulit gelap juga membutuhkam sunscreen saat beraktivitas sehari-hari.

Melanin yang ada pada kulit, tidak dapat memblokir datangnya Sinar UV A, sehingga masih dapat mengenai kulit dan menyebabkan kerusakan. Sehingga, Kulit yang gelap jika terus menerus terkena sinar matahari, maka dapat beresiko juga mengalami penuaan dini, kerutan, hiperpigmentasi, serta kanker kulit.

Baca Juga : Tips Memilih Sunscreen yang Tepat Sesuai Jenis Kulit

4. Mengoleskan sunscreen di pagi hari, dapat melindungi kulit sepanjang hari

Pinterest.com

Siapa nih yang hanya mengoleskan sunscreen di pagi hari saja, dan tidak melakulan re apply ? Eitss, jangan dibiasakan lagi ya ! Pasalnya, mengoleskan sunscreen tidak cukup sekali saja. Perlu dioleskan kembali setiap 2 jam sekali, untuk memaksimalkan perlindungan dari sunscreen itu sendiri. Perlu diketahui bahwa, Mengoleskan sunscreen hanya di pagi hari saja, tidak dapat melindungi kulit sepanjang hari. Sunscreen yang dioleskan akan mengalami penipisan akibat terkena matahari atau terhapus oleh keringat, dan mengakibatkan keefektifannya dalam melindungi kulitpun akan semakin berkurang. Dengan mengoleskan sunscreen kembali, maka kulit akan terlindungi dengan baik, karena kemampuannya dalam melindungi tetap terjaga secara maksimal.

5. Sunscreen dapat menyebabkan jerawat

Pinterest.com

Ada yang masih takut menggunakan sunscreen, karena khawatir kulit menjadi berjerawat ? Yuk lupakan mitos tersebut. Pernyataan tersebut sudah dipastikan tidak semuanya benar. Penggunaan sunscreen tidak dapat menimbulkan jerawat kok, malahan dapat membantu mencegah jerawat yang muncul tidak mengalami peradangan yang lebih parah, akibat paparan sinar matahari. Jika kulitmu berjerawat setelah menggunakan sunscreen, bisa jadi dikarenakan kulitmu terlalu sensitif dan sunscreen yang kamu gunakan tidak tepat untuk jenis kulitmu yang mudah berjerawat tersebut. Maka, untuk kulit yang berjerawat, pilihlah sunscreen dengan kandungan water based atau oil free dan non-comedogenik, agar jerawat tidak mudah muncul dan meradang.

Daily Cream White Intensive Sunscreen

Sudah tahukan mitos mengenai sunscreen apa saja yang sebaiknya tidak kamu percaya ! Untuk menjaga kulit tetap terlindung dari sinar UV, kamu bisa menggunakan produk sunscreen dari Qinara yang aman dan dapat melindungi kulit dengan maksimal. Suncare oily high protection untuk kulit berminyak berjerawat dan Daily cream white intensive sunscreen untuk kulit kering atau normal, dapat kamu tambahkan dalam rangkaian skincare rutinmu ya. Sunscreen yang sudah diformulasikan sesuai jenis dan kebutuhan kulitmu tersebut, sudah mengandung SPF 30, yang tentunya dapat melindungi kulit 5 kali lebih lama. Selain itu, sunscreen dari Qinara tersebut, juga mampu menjaga kelembapan kulit dan dapat membantu menjadikan kulit tetap cerah dan terlihat segar setiap harinya. Nah sekarang, yuk mulai menggunakan sunscreen dari Qinara, dan siap-siap untuk memperoleh manfaatnya !

Share and Enjoy !

0Shares
0 0
X