Waspada ! Berikut 7 Bahan Aktif pada Skincare yang Berbahaya, Dan Sebaiknya Kamu Hindari Penggunaanya

Waspada ! Berikut 7 Bahan Aktif pada Skincare yang Berbahaya, Dan Sebaiknya Kamu Hindari Penggunaanya

Bahan aktif yang terkandung pada Skincare, memang memiliki peranan masing-masing bagi kulit. Maka dari itu, saat hendak memilih skincare, sebaiknya kamu membaca dengan teliti bahan aktif apa saja sih yang terkandung pada produk tersebut serta mengetahui manfaatnya. Apakah kamu sudah tahu, Bahwa tidak semua bahan aktif atau bahan kimia yang terdapat pada skincare, memberikan dampak yang baik bagi kulit?. Ada banyak sekali, puluhan bahkan ratusan bahan kimia yang cukup berbahaya jika diserap dan masuk ke dalam kulit maupun tubuh. Jika bahan kimia yang berbahaya ada di dalam produk skincare, bukannya tambah mulus dan cantik, eh yang ada kulit dan anggota tubuh lainnya akan menerima dampak negatif dari bahan tersebut.

Baca Juga : Waspadai 5 Bahan Kimia yang Dilarang BPOM pada Kosmetik

Untuk mengetahui lebih jelas, bahan kimia apa saja yang berbahaya untuk digunakan dan harus dihindari, maka langsung saja simak infonya berikut ini :

1. Asam Retinoat

Pinterest.com

Asam retinoat pada umumnya diklaim dapat mengatasi masalah penyumbatan pada pori-pori dan masalah jerawat serta kerutan. Namun, ternyata penggunaan asam retinoat pada skincare, dapat mengakibatkan kulit menjadi iritasi, kering, sensitif, dan mengalami kemerahan serta membengkak. tidak hanya itu, asam retinoat juga dapat mempengaruhi janin dalam kandungan, sehingga dapat mengakibatkan kelainan pada anak. itu sebabnya, penggunaan produk yang mengandung asam retinoat, sebaiknya digunakan sesuai dengan saran dokter.

Baca Juga : 7 Kandungan Skincare yang Cocok Digunakan untuk Mengatasi Masalah Jerawat

2. Triclosan

Pinterest.com

Pada umumnya, triclosan dapat dengan mudah ditemukan pada produk pasta gigi, deodoran, dan sabun anti bakteri. Namun, triclosan juga bisa ditemukan pada beberapa produk skincare lho. Triclosan dikenal sebagai zat yang bersifat sebagai anti bakteri. Akan tetapi, ternyata penggunaan triclosan dapat membuat bakteri yang ada dalam tubuh, menjadi lebih kuat dan bertahan lebih lama, serta lebih sulit untuk mati lho. Dampak lain penggunaan triclosan yaitu berhubungan dengan gangguan fungsi otot, gangguan hormonal dan gangguan fungsi kekebalan tubuh.

Baca Juga : Inilah Kandungan Anti-Inflamasi pada Skincare yang Mampu Atasi Kulit Iritasi dan Meradang

3. Merkuri

Pinterest.com

Beberapa Produk skincare yang mengklaim dapat mencerahkan kulit secara instan, ada kemungkinan zat merkuri terkandung di dalamnya. Namun, bukan berarti semua skincare pemutih kulit mengandung bahan tersebut ya! . Merkuri ini termasuk sejenis metal yang memiliki dampak yang bahaya bagi kulit. Ketika merkuri masuk ke dalam kulit dan tubuh, dampak yang bisa diakibatkan yaitu terganggunya sistem saraf dan ginjal, serta dapat membahayakan janin jika produk tersebut digunakan oleh ibu hamil.

Baca Juga : Ingin Kulit Lebih Cerah ? Pastikan Skincare yang Kamu Gunakan Mengandung Bahan Aktif Berikut

4. Phatalates

Pinterest.com

Phatalates merupakan bahan kimia yang cukup berbahaya untuk digunakan. Zat ini banyak ditemukan pada banyak produk, seperti produk perawatan rambut dan kulit, karena memiliki peran dalam meningkatkan fleksibilitas dan kelembutan. Phatalates dikenal dapat mengganggu endokrin dan dikaitkan dengan peningkatan resiko kanker payudara, dan cacat lahir reproduksi bagi pria dan wanita.

5. Formaldehide

Pinterest.com

Zat formaldehide juga bisa banyak ditemukan pada lotion, produk perawatan rambut dan kulit, cat kuku, sampho dan yang lainnya. Penggunaan produk skincare yang mengandung bahan tersebut, dapat menyebabkan terganggunya sistem pernapasan, menimbulkan reaksi alergi kulit dan iritasi mata, serta dapat menimbulkan terbentuknya kanker.

6. Hydroquinone

Pinterest.com

Zat Hydroquinone ternyata juga banyak ditemukan pada beberapa produk skincare yang disinyalir dapat mencerahkan kulit. Akan tetapi, ternyata penggunakan skincare dengan kandungan tersebut, dapat meningkatkan resiko terbentuknya kanker dan menurunkan kekebalan tubuh. Zat hydroquinone ternyata sudah dilarang di beberapa negara, karena memang memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan kulit dan tubuh.

7. Timbal

Pinterest.com

Tidak hanya berbahaya bagi kulit dan tubuh saja, sudah sejak dulu diketahui bahwa timbal memiliki efek yang buruk bagi lingkungan juga. Timbal yang terdapat pada produk skincare, dapat masuk kedalam tubuh dan mengontaminasi darah. Akibat dari timbal yang masuk, dapat menyebabkan dampak buruk bagi tubuh, yaitu seperti anemia, kerusakan neurologis, kelainan bentuk dan fungsi tubuh, karies gigi, dan terganggunya fungsi ginjal.

Nah, itulah beberapa bahan aktif pada skincare yang cukup berbahaya bagi kulit, sehingga sebaiknya kamu hindari penggunaanya ya!. Tidak mau kan, kulitmu dan tubuhmu menerima dampak negatifnya ?. Maka, Pastikan kamu tidak memilih atau menghindari menggunakan skincare dengan bahan aktif tersebut, untuk mencegah kulit mengalami masalah yang lebih parah.

Baca Juga : Kombinasi Terbaik Bahan Aktif Skincare, yang Jadikan Kulitmu Tambah Cantik Maksimal

Untuk lebih amannya, kamu bisa lho memilih atau menpercayakan skincare rutinmu pada produk-produk Qinara. Semua produk Qinara dijamin tidak mengandung bahan aktif yang berbahaya tersebut dan yang lainnya, sehingga dipastikan aman dan tidak memberikan efek samping yang buruk bagi kulitmu. Produk Qinara mengandung bahan-bahan alami dan bahan aktif yang dijamin 100 % aman, serta cocok digunakan bagi remaja dan ibu hamil sekalipun.

Jika kamu menggunakan produk Qinara setiap hari secara rutin, sudah dipastikan semua masalah kulitmu, baik kulit kusam, kering, berjerawat dan yang lainnya, akan cepat hilang dan teratasi dengan maksimal.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0
X