Waspada dengan Sun Damage ! Kerusakan Kulit Akibat Paparan Sinar Matahari

Waspada dengan Sun Damage ! Kerusakan Kulit Akibat Paparan Sinar Matahari

Sudah banyak diketahui bahwa, Sinar matahari merupakan salah satu penyebab utama kulit wajah mengalami berbagai masalah. Sinar matahari merupakan sumber sinar UV yang merupakan salah satu penghasil vitamin D yang bermanfaat untuk tubuh. Namun, sinar UV tersebut hanya bermanfaat bagi tubuh, jika diperoleh dalam jumlah yang cukup atau tidak berlebih. Hal ini dikarenakan, paparan sinar UV yang berlebih setiap harinya, justru dapat memberikan dampak yang buruk atau berbahaya bagi kesehatan kulit, karena dapat merusak jaringan tubuh.

Berikut 5 bahaya atau efek buruk paparan sinar matahari terhadap kesehatan kulit !

1. Sun Burn

Pinterest.com

Sun damage yang pertama yaitu sun burn. Sun burn merupakan keadaan kulit yang terkena sengatan paparan sinar matahari. Jika kulit terpapar sinar matahari atau sinar UV dalam jangka yang cukup lama atau secara berlebih, maka kulit akan menjadi terasa terbakar, memerah atau berwarna coklat terbakar, perih saat disentuh dan teriritasi. Kondisi kulit yang sering mengalami sunburn dan dibiarkan saja, malah dapat memicu terjadinya inflamasi pada kulit, yang dapat mengancam kesehatan tubuh. Kerusakan kulit ini, dapat berpotensi mengakibatkan kulit mengalami penuaan dini serta resiko terkena kanker kulit.

2. Sun Spot

Pinterest.com

Sun spot merupakan kondisi permukaan kulit, dimana akan muncul bintik-bintik kecil berwarna coklat tidak timbul yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari. Saat kulit sering terkena radiasi sinar UV, maka kulit akan mengeluarkan dan memproduksi melanin atau pigmen yang memberi warna kulit dalam jumlah cukup tinggi, untuk mencegah kerusakan. Sehingga, kulit akan nampak lebih gelap. Melanin yang dikeluarkan merupakan salah satu upaya tubuh dalam melindungi diri dari kerusakan akibat sinar UV agar kondisi kulit tidak semakin parah.

3. Penuaan

Pinterest.com

Paparan sinar matahari juga dapat mengakibatkan kulit mengalami penuaan. Yaitu seperti munculnya keriput, garis halus, dan kulit yang mengendur. Semakin sering kulit terpapar sinar matahari langsung, maka tanda penuaan akan semakin cepat dan jelas terlihat di area wajah. Penuaan ini terjadi karena, sinar matahari dapat memecah atau merusak serat kolagen dan elastin kulit yang terletak pada lapisan kulit dalam Dermis. Sinar UV akan merusak jaringan ikat bawah dari kulit, sehingga kulit kehilangan fleksibilitasnya. Hal tersebutlah, yang dapat memicu kulit menjadi keriput dan tidak kencang, serta terlihat lebih tua dari umur seharusnya.

4. Kulit Bertekstur

Pinterest.com

Kulit yang bertekstur dicirikan dengan keadaan kulit yang terlihat kasar, atau tidak halus pada permukaannya, karena terjadi kerusakan. Sinar UV, selain dapat menghambat produksi kolagen, juga dapat memperlambat laju pembaruan sel atau menghambat proses regenerasi sel kulit, yang memicu terjadinya penumpukan sel-sel kulit mati. Penumpukan sel kulit mati inilah, yang menyebabkan kulit memiliki tekstur yang tidak rata, seperti adanya bintik-bintik kecil di wajah. Selain bertekstur, kulit juga akan terasa kering, kasar saat disentuh, dan terlihat kusam atau tidak fresh.

Baca Juga : 5 Langkah Tepat Atasi Tekstur Kulit Wajah yang Tidak Rata

5. Kanker Kulit

Pinterest.com

Efek jangka panjang sun damage pada kulit yang paling berbahaya yaitu resiko terkena kanker kulit. Sinar UV yang berlebih masuk mengenai dan menembus permukaan kulit wajah, dapat merusak genetik sel kulit. Kerusakan ini jika dibiarkan terus menerus dapat menyebabkan pertumbuhan pada kulit jadi tidak terkendali, yang mengakibatkan terbentuknya kanker kulit

Baca Juga: Awas, Bahaya Penuaan Dini dan Kanker Kulit Mengintai Kamu yang Malas Menggunakan Sunscreen

Cukup berbahaya ya dampak sinar matahari bagi kulit ! Pasti tidak mau dong kulitmu terkena sun damage dan menjadi bermasalah ? Nah, untuk mencegah sun damage yang berbahaya tersebut, salah satu cara yang paling penting dan sangat efektif yaitu dengan menggunakan sunscreen. Sunscreen bekerja dengan cara melindungi atau menghalangi penyerapan radiasi sinar UV ke dalam permukaan kulit. Dengan memilih sunscreen yang mengandung bahan aktif dan SPF yang tepat, maka kulitmu dapat terlindungi dengan baik dan tidak akan menerima dampak buruk dari sinar matahari.

Suncare Oily High Protection

Untuk membantu mencegah sun damage pada kulit wajah, kamu bisa memilih menggunakan sunscreen dari Qinara ya !. Suncare Oily High Protection yang cocok digunakan untuk kulit berminyak dan berjerawat, serta Daily Cream White Intensive Sunscreen yang cocok untuk kulit normal sampai dengan kering ini, sudah mengandung SPF 30, sehingga dapat melindungi kulitmu dari radiasi sinar UV 30 kali lebih lama. Dengan menggunakan sunscreen dari Qinara yang sesuai dengan jenis kulitmu, kamu tidak perlu khawatir lagi kulitmu mengalami sun damage atau masalah yang muncul akibat paparan sinar UV. Oleh karena itu, pastikan selalu mengoleskan sunscreen setiap hari, saat hendak beraktivitas atau hanya di rumah saja, agar masalah penuaan, kulit terbakar, sampai kanker kulit tidak muncul pada kulitmu.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0
X