Waspadai 5 Bahan Kimia yang dilarang BPOM pada Kosmetik

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Waspadai 5 Bahan Kimia yang Dilarang BPOM pada Kosmetik

Beredarnya kabar mengenai keberadaan bahan kimia berbahaya yang dilarang oleh BPOM pada kandungan kosmetik sangat meresahkan masyarakat, terutama kaum wanita. Kita perlu memastikan kosmetik yang dipakai aman dari bahan berbahaya tersebut.

Seperti dilansir liputan6.com tanggal 06 November 2015, Badan POM menemukan 977 jenis (595.218 kemasan) kosmetika tanpa izin edar dan mengandung bahan berbahaya senilai lebih dari Rp 20 miliar.

Ternyata  beberapa kandungan kosmetik masih mengandung bahan kimia berbahaya yang dilarang BPOM dan beredar di pasaran. Kosmetik ini bisa  menimbulkan masalah bagi kulit dan kesehatan.

Simak, ya, 5 bahan kimia berbahaya yang dilarang BPOM pada kosmetik yang beredar di pasaran.

  1. Merkuri

Penggunaan Merkuri pada kosmetik sering kali ditambahkan pada lotion pemutih atau krim kulit.  Merkuri bisa menyebabkan bintik-bintik hitam di kulit, alergi, bahkan iritasi kulit.

Paparan Merkuri jangka panjang bisa membahayakan kesehatan karena bisa menyebabkan kanker, merusak ginjal, menyebabkan gangguan perkembangan janin, dan kerusakan sistem syaraf pusat.

Baca juga: Cara Merawat Kulit Kombinasi Agar Tampak Segar dan Sehat

  1. Hidrokinon

Hidrokinon seringkali disalahgunakan sebagai pencerah kulit atau pemutih. Padahal kosmetik tidak boleh menggunakan hidrokinon karena sifatnya yang larut dalam air dan menghambat pembentukan melanin.

Penggunaan jangka panjang dan dosis tinggi bisa menyebabkan hiperpigmentasi kulit dan dapat menimbulkan ochronosis atau kulit berwarna kehitaman.

Hidrokinon yang terakumulasi pada kulit  dapat menyebabkan mutasi dan kerusakan DNA, sehingga bisa menjadi karsinogenik pads pemakaian jangka panjang.

  1. Asam Retinoat

Asam Retinoat seringkali digunakan pada obat jerawat, pemutih, dan peeling dengan cara pengelupasan kulit. Efek pemakaian Asam Retinoat diantaranya kulit kering, rasa terbakar dan teratogenik.

  1. Timbal

Kandungan Timbal pada kosmetik seringkali ditemui pada lipstik, blush on atau pun eyeliner. Penggunaan timbal pada kosmetik bisa menimbulkan efek buruk bagi kesehatan seperti gangguan sistem syaraf pusat, kardiovaskuler dengan meningkatnya tekanan darah dan hipertensi,  dan menurunkan fungsi ginjal.

  1. Rhodamin B

Rhodamin B pada lipstik, eyeshadow, dan  blush on masih ada yang beredar di pasaran karena bisa memberikan warna yang cerah.

Umumnya pewarna sintesis Rhodamin B digunakan pada industri kertas dan tekstil. Paparan Rhodamin B dalam jangka panjang dapat merusak hati dan karsinogenik.

Sebagai pengguna, kita harus lebih berhati-hati memilih dan memastikan keamanan kosmetik yang dipakai.

Tak perlu takut mengenai bahan Kimia berbahaya yang dilarang BPOM pada kosmetik. Beralihlah ke Qinara Natural Cosmetics, produk kecantikan yang alami, aman dan  memberikan solusi terbaik untuk Anda. Semua Produk Qinara Natual Cosmetics sudah terdaftar di BPOM sehingga aman digunakan jangka panjang dan tidak menimbulkan ketergantungan.

adminqinara

Leave a Replay

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update tips cantik dan promo produk dari Qinara Natural Cosmetics

Cara Jitu Cegah Flek Hitam Wajah

E book ini hanya ada di Qinara Natural Cosmetics. Dapatkan secara GRATIS dengan mengisi form di bawah ini