Ini Dia Efek Buruk Polusi Udara Bagi Kulit, Lakukan 5 Tips Berikut untuk Mencegahnya!

Ini Dia Efek Buruk Polusi Udara Bagi Kulit, Lakukan 5 Tips Berikut untuk Mencegahnya!

Polusi udara seperti debu dan asap rokok serta asap kendaraan bermotor, selain berdampak pada kesehatan dan saluran pernapasan kita,  juga dapat memberikan dampak buruk terhadap kulit, dan menjadikan kulit mengalami berbagai masalah lho.

Dampak buruk dari polusi udara bagi kulit yaitu diantaranya seperti:

1. Munculnya Jerawat

Jerawat pasti akan muncul akibat polusi udara.  Polusi udara ini mengakibatkan kotoran atau debu yang terkandung didalamnya, menempel pada kulit kemudian masuk dan menyumbat di dalam pori – pori wajah.  Pori – pori yang tersumbat jika dibiarkan tanpa dilakukan perawatan,  maka dapat merangsang tumbuhnya jamur,  kuman,  dan bakteri yang akan berkembang membentuk jerawat.

Baca Juga : Pori – Pori Tersumbat? Ini Dia Solusi Tepat untuk Mengatasinya

2. Flek hitam

Kondisi udara yang buruk juga dapat mengakibatkan iritasi pada kulit,  sehingga kulit akan memproduksi Antioksidan dan juga melanin yang berlebih dari dalam tubuh, yang berperan untuk menjaga ketahanan atau melawan kerusakan yang terjadi pada kulit. Akan tetapi,  akibat produksi melanin berlebih yang terjadi berkepanjangan tersebut,  maka dapat mengakibatkan timbulnya flek hitam pada kulit.  

Baca Juga : Penyebab Flek Hitam di Wajah dan Cara Menghilangkannya

Selain itu,  tingginya polusi udara juga meningkatkan jumlah radikal bebas yang berbahaya bagi kulit.  Adanya tingkat radikal bebas,  polusi udara,  dan sinar UV yang tinggi, juga dapat menurunkan dan menghambat produksi kolagen pada kulit. Oleh karena itu,  kulit yang sering terpapar polusi udara lebih cenderung kusam,  keriput,  dan kasar.

3. Resiko kanker kulit

Polusi udara yang ada, didalamnya banyak terkandung bahan – bahan kimia yang berbahaya, dan jika kulit terus menerus terpapar,  maka resiko terjadinya kanker kulit akan semakin besar,  apalagi ditambah dengan seringanya kulit terpapar langsung oleh sinar Ultra Violet.  

Baca juga: Gagal Glowing, Bisa Jadi Ini Masalahnya

Akan tetapi,  bahaya dari polusi udara ini dapat dicegah dan diatasi dengan berbagai cara yang tepat, diantaranya yaitu :

1. Penggunaan Sunscreen

Sunscreen berperan dalam melindungi kulit dari Sinar UV.  Akan tetapi dampak dari kombinasi polusi udara dan sinar UV merupakan salah satu masalah yang sangat besar bagi kulit, jika tidak diberi perlindungan, maka kulit pun akan mengalami masalah yang lebih parah tentunya. Sehingga,  sebaiknya jangan sampai melewatkan penggunaan sunscreen ya.  

Untuk penggunaan sunscreen,  bisa menggunakan produk dari Qinara “Oliy Facial Cleanser” yang cocok digunakan untuk kulit yang cenderung berminyak – berjerawat,  dan “Daily Cream White Intensive Sunscreen” bisa digunakan bagi yang memiliki kulit Normal – kering. Keduanya mengandung SPF 30 dan terbuat dari bahan – bahan alami dan bahan yang aman lainnya,  sehingga efektif untuk melindungi kulitmu dari sinar UV. Kamu bisa mendapatkan produk dari Qinara DI sini.

Suncare Oily High Protection

Baca Juga : Masih Perlukah Menggunakan Sunscreen, Saat Mendung dan Hujan?

2. Eksfoliasi

Eksfoliasi memiliki peran yang penting untuk menghindari efek buruk dari polusi udara.  Melakukan eksfoliasi secara rutin 1-2 kali dalam seminggu, dapat membantu meluruhkan atau mengangkat sel kulit mati,  debu dan juga kotoran dari polusi udara yang terperangkap di dalam kulit wajah. Melakukan eksfoliasi secara rutin membantu menjaga kondisi skin barrier lebih optimal dan mencegah iritasi atau dampak buruk dari polusi udara.

Pinterest.com

3. Double cleansing

Salah satu cara yang mudah dan sederhana yang bisa dilakukan untuk menangkal efek buruk polusi udara yaitu dengan rajin mencuci dan membersihkan wajah.  Double cleansing membantu membersihkan sisa makeup,  kotoran,  debu dan asap yang menempel pada kulit, yang jika dibiarkan maka akan menumpuk di dalam pori – pori, sehingga dapat memicu berbagai masalah pada kulit.  Membersihkan wajah 2 kali dalam sehari selain membantu membersihkan wajah juga dapat memberikan efek glowing pada kulit.

Baca Juga : Ini Dia Kesalahan Penggunaan Skincare yang Bikin Wajahmu Gagal Glowing

Untuk membersihkan wajah,  maka sebaiknya pilih sabun wajah yang lembut,  dan mengandung bahan – bahan alami yang bermanfaat bagi kulit.  Selain itu,  jangan lupa untuk selalu menyesuaikan dengan kondisi dan jenis kulit wajah kita juga ya.

seperti penggunaan sabun wajah dari Qinara yaitu “Oily Facial Cleanser” dan “Facial Wash White” yang merupakan pilihan tepat untuk membantu membersihkan wajah dan mencegah efek buruk polusi udara.

Facial Wash White

4. Antioksidan

Antioksidan berperan dalam menjaga sel kulit dari efek radikal bebas. Radikal bebas dapat mengakibatkan kerusakan atau dapat menghambat produksi kolagen yang ada pada kulit, sehingga akan muncul flek hitam, keriput,  garis halus dan elastisitas kulit yang menurun.  Sehingga penting untuk mengkonsumsi makanan yang kaya antioksidan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu,  penggunaan skincare yang mengandung antioksidan juga sangat membantu agar kulit bisa tahan dan terlindungi dari polusi udara atau radikal bebas.

Pinterest.com

5. Menggunakan Masker Wajah

Efek polusi udara juga menyebabkan kulit menjadi tidak sehat, akibat bahan – bahan kimia yang ada pada polusi udara menempel pada kulit wajah. Oleh karena itu penggunaan masker wajah secara rutin 2 – 3 kali dalam seminggu dapat membantu menjadikan wajah lebih sehat, lembab dan lebih cerah.

Baca Juga : Mau Kulit Lebih Cerah, Pastikan Skincare yang Kamu Gunakan Mengandung Bahan Aktif ini

Pinterest.com

Begitu besar dampak yang diakibat oleh polusi udara bagi kulit dan juga kesehatan tubuh.  Maka sebaiknya untuk selalu melindungi tubuh dan kulit kita dengan baik dari polusi udara,  agar tetap sehat dan cantik.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0
X