Ini Dia Manfaat Antioksidan bagi Kulit, yang Bisa Bikin Kamu Tambah Cantik

Ini Dia Manfaat Antioksidan bagi Kulit, yang Bisa Bikin Kamu Tambah Cantik

Membicarakan mengenai manfaat antioksidan, maka berkaitan pula dengan radikal bebas. Hampir setiap hari kulit kita terpapar sinar UV, polusi, debu, asap rokok yang semua itu dapat menghasilkan radikal bebas bagi tubuh. Efek buruk dari radikal bebas yaitu salah satunya dapat menyebabkan berbagai masalah bagi kulit. Akan tetapi dalam jangka yang panjang, radikal bebas ini dapat memepengaruhi kesehatan tubuh yang lebih berbahaya.

Salah satu cara untuk menangkal efek buruk dari radikal bebas bagi kesehatan kulit , yaitu dengan memanfaatkan zat antioksidan. Antioksidan berperan dalam penyeimbang radikal bebas dan mampu menjaga sel – sel kulit menjadi lebih kuat untuk menghadapi oxidative stress seperti polusi. Maka dari itu, untuk mencegah dan menangkal radikal bebas maka sebaiknya kita memanfaatkan zat antioksidan yang ada. Baik yang berasal dari bahan alami yang dapat kita konsumsi secara langsung, ataupun dengan menggunakan skincare yang mengandung antioksidan.

Baca Juga : Ini Dia Dampak Buruk Polusi Udara, dan Lakukan Tips Berikut untuk Mengatasinya

Berikut beberapa manfaat antioksidan bagi kulit yang harus kamu ketahui :

1. Mengurangi tanda – tanda penuaan

Manfaat antioksidan yang pertama yaitu mengatasi masalah penuaan, seperti kerutan, garis halus dan juga kulit yang kendur. Antioksidan berperan dalam meningkatkan fungsi kulit dan meremajakannya. Sehingga, kulit dapat menjadi lebih kencang dan tampak lebih segar.

Baca Juga : Cegah Penuaan Kulit dengan Krim Malam sebagai Anti Aging

Efek radikal bebas yaitu salah satunya dapat menurunkan produksi kolagen di dalam kulit dan mengurangi perbaikan alami kulit. Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan pada kulit dan juga dapat memicu peradangan. Maka dari itu, zat antioksidan dibutuhkan untuk menetralkan radikal bebas dan merangsang peningkatan produksi kolagen di dalam kulit. Kulit yang kencang dan terlihat awet mudapun bisa didapatkan.

Pinterest.com

2. Melindungi dari bahaya sinar matahari

Antioksidan juga memiliki peran dalam melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar UV. Sinar matahari merupkan salah satu sumber radikal bebas bagi kulit. Kulit yang terus menerus terkena paparan sinar matahari secara langsung, maka sel yang ada di dalam kulit akan mengering dan mengalami kerusakan. Akibatnya kulit pun menjadi kasar, kusam dan keriput.

Zat antioksidan memiliki peran sebagai anti – inflamasi yang dapat mencegah bahaya akibat sinar matahari. Caranya yaitu dengan merangsang aliran darah di dalam kulit untuk membentuk sel – sel baru pada kulit yang rusak. Sehingga dapat mencegah peradangan dan efek terbakar juga. Dengan pemanfaatan antioksidan yang berupa Vitamin A, C dan E yang memiliki sifat antikarsinogenik, juga dapat berperan dalam mencegah kanker kulit akibat efek buruk paparan sinar UV.

Untuk mencegah efek buruk sinar UV penggunaan sunscreen dengan kandungan antioksidan bisa menjadi pilihan yang tepat. Yaitu salah satunya menggunakan “Daily Cream White Intensive Sunscreen” dari Qinara. Sunscreen ini mengandung minyak zaitun, Vitamin C dan E yang kaya antioksidan, sehingga mampu melindungi kulitmu dari efek buruk sinar UV.

Daily cream white intensive sunscreen
Daily Cream White Intensive Sunscreen

3. Mencerahkan kulit

Efek radikal bebas dan sinar UV bagi kulit yaitu dapat memicu produksi melanin yang lebih tinggi. Melanin yang berlebih ini dapat menjadikan warna kulit lebih gelap dan tidak merata. Bintik – bintik hitam atau melasma pada kulit wajahpun dapat muncul akibat paparan sinar matahari. Akan tetapi, dengan pamanfaatan antioksidan berupa vitamin C terbukti dapat membantu mengatasi pigmentasi kulit yang berlebih. Selain itu vitamin C yang kaya antioksidan juga dapat menghambat kerja enzim tirosinase, atau enzim yang dapat merangsang produksi melanin dalam kulit.

night cream intensive whitening
Night Cream intensive Whitening Cream

Night Cream Moisturist dan Night Cream Intensive Whitening Cream, merupakan krim malam yang kaya antioksidan. Dengan kombinasi antara Vitamin E, Glutathion dan arbutin di dalamnya, krim tersebut mampu menjadikan kulit lebih lembab dan juga cerah.

Night Cream moisturist

4. Mengurangi jerawat

Vitamin A merupakan salah satu zat antioksidan yang bermanfaat dalam perawatan kulit wajah. Vitamin A atau yang dikenal juga dengan sebutan retinoid, berperan dalam menghilangkan atau membersihkan sumbatan akibat kotoran, minyak berlebih, ataupun sel – sel kulit mati yang terperangkap di dalam pori – pori. Sumbatan – sumbatan tersebutlah yang dapat merangsang tumbuhnya jerawat dan juga komedo.

Baca Juga : Bahan – Bahan pada Skincare yang Cocok Digunakan untuk Melawan Jerawat

Dengan memanfaatkan vitamin A sebagai zat antioksidan maka dapat mengatasi masalah minyak berlebih, komedo dan juga jerawat membandel yang muncul pada kulit wajah.

Pinterest.com

Penggunaan krim malam Acne Night Care dari Qinara, merupakan salah satu pilihan yang tepat. Krim malam ini mengandung Nano retinol, Vitamin E dan Salysilic acid yang berperan dalam mengatasi masalah jerawat, komedo dan menyamarkan bekas jerawat. Anda dapat memesan produk Qinara Di sini.

Acne night care
Acne Night Care

5. Mengobati bekas luka

Bekas luka yang ada pada kulit juga bisa diatasi dengan penggunaan antioksidan. Antioksidan berperan dalam meningkatkan aliran darah menuju pada jaringan yang mengalami luka. Antioksidan ini membantu menghilangkan atau menyamarkan bekas luka, dengan membantu merangsang pertumbuhan kulit baru.

Sumber zat antioksidan juga bisa didapatkan dari beberapa jenis makanan buah dan juga sayur yang ada. Beberapa makanan yang kaya antioksidan cenderung memiliki penampilan yang cerah dan mencolok, contohnya yaitu, Pepaya, jeruk, strawberry, bayam, brokoli dan masih banyak jenis lainnya. Dengan mengkonsumsi makanan yang kaya antioksidan secara rutin, dan dengan diimbangi penggunaan skincare yang kaya antioksidan juga, maka kulit sehat dan cantik pun bisa kita peroleh dengan mudah.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0
X