Jerawat Selalu Muncul di Tempat yang Sama ? Yuk Cari Tahu Penyebanya !

Jerawat Selalu Muncul di Tempat yang Sama ? Yuk Cari Tahu Penyebanya !

Munculnya jerawat memang sering tak terduga. Terkadang muncul di berbagai area wajah yang berbeda tanpa bisa diprediksi, yaitu di area pipi, dahi, hidung, dagu, dan rahang. Namun, ternyata banyak lho yang mengalami munculnya jerawat di area atau lokasi yang sama terus menerus. Habis di obati dan hilang, eh jerawat datang lagi dan lagi, dan tentunya sangat mengganggu kenyamanan dan penampilan.

Kamu tak perlu khawatir, jika jerawat sering muncul di area yang sama ya!. Karena, bukan hanya kamu saja kok yanh mengalaminya. Hampir sebagian orang pernah mengalami munculnya jerawat di area yang sama, karena hal tersebut umum terjadi pada seseorang. Lalu, kira-kira apa sih penyebab munculnya jerawat di area yang sama tersebut ? Langsung saja simak penjelasannya berikut ini :

1. Produksi sebum lebih aktif di tempat tersebut

Pinterest.com

Salah satu penyebab utama munculnya jerawat yaitu akibat produksi sebum yang berlebih. Begitu halnya dengan penyebab jerawat yang sering muncul di tempat yang sama. Ada beberapa bagian wajah yang memang memiliki kadar produksi sebum yang lebih banyak dibandingkan area wajah yang lain. Seperti area T-Zone wajah, yang kelenjar minyak nya memang lebih aktif, sehingga wajah cenderung lebih berminyak. Dengan adanya kadar minyak yang tinggi tersebutlah, pori-pori wajah menjadi lebih rentan tersumbat sehingga jerawat selalu muncul di tempat yang sama tidak bisa dihindarkan. Untuk mengatasinya, pastikan untuk rajin membersihkan wajah menggunakan sabun wajah oil free formula, agar produksi sebum dapat dikontrol dengan baik dan pori-pori wajah menjadi bersih bebas dari sumbatan penyebab jerawat muncul.

Baca Juga : Ketahui Penyebab dan Masalah yang Sering Munucl pada Kulit Berminyak, Serta Cara tepat untuk Mengatasinya

2. Jerawat meradang sebelumnya tidak diatasi sampai tuntas

Pinterest.com

Mengeluarkan isi jerawat yang meradang memang bikin gemas, ada sensasi menyenangkan saat isi jerawat yang besar bisa dikeluarkan. Namun, walau enak dan mengasyikkan, ternyata mengeluarkan isi jerawat dengan cara yang belum tentu benar, dapat memberikan dampak yang lebih buruk pada jerawat itu sendiri. Saat kamu memeras isi jerawat sampai pecah, kemungkinan besar masih ada sisa penyumbatan jerawat yang tidak sepenuhnya dapat terangkat atau dalam kata lain, jerawat yang meradang sebelumnya tidak teratasi dengan tuntas. Hal tersebutlah yang dapat mengakibatkan jerawat atau kulit wajah menjadi iritasi, dan memicu munculnya jerawat baru di tempat yang sama atau disebelahnya. Sebaiknya, segera atasi dengan obat jerawat yang mengandung salysilic acid, agar bakteri tidak semakin berkembang dan peradangan dapat segera mereda.

3. Kebiasaan buruk yang sering dilakukan

Pinterest.com

Penyebab munculnya jerawat di berbagai area wajah, tidak terlepas dari akibat kebiasaaan buruk yang sering dilakukan. Yaitu, salah satunya akibat menyentuh atau memencet jerawat. Dengan menyentuh kulit yang berjerawat berulang kali di daerah yang sama, maka kotoran, bakteri dan minyak yang berasal dari tangan kita yang kotor, dapat terdorong masuk kembali pada pori-pori wajah, yang tentunya menyebabkan munculnya jerawat lagi ditempat tersebut. Selain itu, mengonsumsi makanan berlemak atau junk food, juga dapat memicu kelenjar minyak memproduksi sebum dalam jumalah yang lebih banyak dan potensi jerawat muncul juga menjadi lebih besar. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan tangan dengan rajin mencucinya menggunakan sabun, dan hindari menyentuh area wajah terutama yang sedang berjerawat.

Baca Juga : Stop ! Jangan Lakukan Kebiasaan Berikut saat Kulitmu sedang Berjerawat.

4. Jerawat kistik

Pinterest.com

Jerawat yang muncul di area yang sama tersebut, bisa jadi merupakan jenis jerawat kistik atau kista. Jerawat kistik yang terkenal dengan sifatnya yang sering membengkak memang sering muncul di tempat yang sama persis. Jerawat kistik banyak dialami oleh orang yang memiliki jenis kulit cenderung berminyak, wanita, remaja dan orang tua dengan ketidakseimbangan hormon. Jerawat kistik yang tidak diatasi dengan baik dan tuntas, akibatnya dapat muncul berulang di tempat yang sama seperti sebelumnya. Selain itu, jerawat kistik ini juga dapat meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan lho. Oleh karena itu, jika muncul jerawat kistik berulang dan tak kunjung sembuh, dianjurkan untuk memeriksakan pada dokter, yang biasanya akan diberikan obat atau suntikan kortison agar jerawat kistik dapat hilang teratasi.

Baca Juga : Mengenal Berbagai Jenis Jerawat yang Sering Muncul di Area Wajah

5. Penggunaan produk perawatan yang tidak sesuai kondisi kulit

Acne Series

Produk perawatan kulit atau skincare, ternyata memiliki pengaruh yang besar kenapa jerawat selalu tumbuh di tempat yang sama. Hal ini terjadi karena, produk skincare yang digunakan tidak tepat atau tidak sesuai dengan kondisi dan jenis kulit yang cenderung lebih rentan berjerawat. Waspada ! Beberapa produk skincare ternyata ada yang mengandung bahan aktif yang bersifat komedogenik, sehingga dapat memicu terjadinya penyumbatan pada pori-pori wajah penyebab munculnya jerawat. Jika ada beberapa titik bagian wajahmu yang terus menerus berjerawat, langsung saja cek label bahan aktif produk skincare yang kamu gunakan, dan pastikan produk yang kamu gunakan bersifat non komedogenik.

Baca Juga : Kandungan pada Skincare yang Cocok Melawan Jerawat

Rekomendasi Skincare

Agar masalah jerawat muncul di area yang sama tidak terulang kembali, kamu bisa menggunakan produk Qinara paket Acne Series. Produk skincare ini, sudah dijamin bersifat non komedogenik sehingga aman digunakan pada kulitmu yang rentan berjerawat. Dengan menggunakan paket Acne Series, tidak hanya jerawat di area tertentu saja yang dapat dicegah dan diobati, jenis jerawat di berbagai area wajah juga dapat dibasmi keberadaanya. Bahkan masalah komedo, milia, dan juga flek bekas jerawat hitam dan kemerahan juga dapat teratasi dengan mudah dan cepat. Produk Acne Series yang sudah diformulasikam untuk kulit berminyak dan berjerawat ini, sudah terdaftar BPOM, mengandung bahan aktif yang aman, bersifat gentle dan ringan, sehingga tidak menyebabkan kulit iritasi atau meradang, serta tidak bikin ketergantungan. Jadi, jika kamu merasa jerawat tak kunjung teratasi dan muncul di area yang sama terus, maka jangan ragu untuk menggunakan produk Qinara Acne Series, agar masalah jerawat tidak menganggu lagi !

Sudah tahu kan penyebab kenapa jerawat yang ada di wajahmu sering muncul di area yang sama ? Sebaiknya kamu mneghindari beberapa kebiasaan penyebab munculnya jerawat di area yang sama, serta segera melakukan pencegahan atau penanganan menggunakan perawatan kulit, baik dari dalam dan maupun luar menggunakan skincare. Jika, kondisi jerawat tidak mengalami perbaikan, maka jangan ragu untuk segera menghubungi dokter, agar diberikan penanganan yang tepat.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X