Ketahui Penyebab dan Masalah yang Timbul pada Kulit berminyak, serta Cara Tepat untuk Mengatasinya

Ketahui Penyebab dan Masalah yang Timbul pada Kulit berminyak, serta Cara Tepat untuk Mengatasinya

Kulit berminyak merupakan salah satu jenis kulit yang bisa dimiliki oleh seseorang. Kulit dapat berminyak jika kelenjar minyak pada kulit wajah memproduksi sebum atau minyak alami secara berlebih. Hal ini mengakibatkan kulit wajah akan terlihat lebih kusam, basah, lengket, mengkilap dan berkilau.

Ada beberapa faktor, kenapa sesorang bisa memiliki kulit yang berminyak, yaitu diantaranya :

Baca Juga : Ingin Kulit Cerah dan Berseri Meski Berminyak, Lakukan 7 Perawatan Ini

1. Genetik dan Hormon

Genetik atau keturunan merupakan salah satu faktor utama yang dapat menjadikan kulit berminyak. Jika orang tua memiliki kulit berminyak, kemungkinan besar bisa diturunkan kepada anak – anaknya.

Faktor hormon juga berperan besar dalam menjadikan kulit berminyak. Peningkatan hormon androgen atau testosteron, merupakan salah satu jenis hormon yang dapat mengakibatkan kulit berminyak. Hormon tersebut dapat memicu kelenjar minyak memproduksi minyak secara berlebih. Beberapa hal yang dapat meningkatkan hormon androgen yaitu masa pubertas, kehamilan, mengkonsumsi pil KB atau obat – obat tertentu.

2. Cuaca dan lingkungan

Lingkungan atau cuaca dimana kamu tinggal atau beraktivitas juga dapat mengakibatkan kulit berminyak. Di lingkungan dengan kelembaban udara yang tinggi dan cuaca yang panas, kulit akan merangsang sekresi sebum yang cukup tinggi untuk menstabilkan suhu. Kulit wajahpun nampak lebih berkilap saat cuaca panas.

3. Penggunaan Produk skincare

Menggunakan skincare atau produk perawatan kulit yang tidak tepat atau tidak sesuai dengan jenis kulit wajah, dapat meningkatkan kadar minyak. Hal tersebut dikarenakan komposisi atau kandungan yang terdapat pada produk tidak cocok diaplikasikan pada kulit berminyak. Selain itu, banyak yang beranggapan saat kulit berminyak, penggunaan pelembab tidak diperlukan. Salah, walaupun kulit berminyak, penggunaan pelembab jangan sampai dilewatkan. Kamu membutuhkan pelembab untuk mencegah kulit berubah menjadi kering. Jika setelah menggunakan pelembab kulitmu menjadi berminyak, kemungkinan produk yang kamu gunakan tidaklah tepat. Penggunaan yang benar tidak menjadikan kulit menjadi berminyak.

Kulit berminyak jika dibiarkan tanpa dilakukan perwatan dan pencegahan dengan baik, akan menyebabkan kulit mengalami berbagai masalah yang lain. Hal tersebut tentunya dapat mengganggu dan menjadikan kulit tidak sehat dan cantik.

Beberapa masalah yang timbul akibat kulit berminyak, seperti:

1. Jerawat

Minyak yang ada pada kulit sebenarnya memiliki fungsi yang baik, yaitu untuk mencegah kulit menjadi kering dan banyak kerutan. Akan tetapi, jumlah minyak berlebihlah yang dapat menimbulkan masalah pada wajah, salah satunya yaitu jerawat. Hal ini dikarenakan, pori – pori wajah tersumbat oleh minyak tersebut, sehingga memicu tumbuhnya jerawat.

Pinterest.com

2. Komedo

Komedo merupakan masalah lain yang timbul pada wajah berminyak selain jerawat. Dengan didukung adanya minyak berlebih, serta kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk pada pori – pori, maka komedopun dapat dengan mudah muncul pada area wajah.

Baca Juga : 5 Cara Ampuh Mengatasi Komedo Membandel yang Mengganggu Penampilan Anda

3. Pori – pori besar

Pori – pori wajah berperan dalam mengeluarkan keringat dan sebum wajah. Pori – pori wajah dapat membesar karena harus mengeluarkan banyak sebum atau minyak alami yang diproduksi secara berlebih oleh kulit. Jika pori – pori yang besar tersebut tersumbat oleh kotoran dan sel kulit mati, maka pori – pori yang terbuka akan tampak semakin jelas. Hal tersebut pastinya sangat menggangu penampilan kulit wajah.

Pinterest.com

Masalah yang ditimbulkan oleh kulit berminyak tersebut harus segera dicegah dan dilakukan perawatan dengan benar.

Cara mudah yang dapat dilakukan untuk mengatasi kulit berminyak dan mencegah masalah yang ditimbulkannya, yaitu :

1. Mencuci muka

Mencuci muka secara rutin 2 kali dalam sehari dapat membantu mengurangi minyak berlebih yang ada. Untuk mengatasi kulit berminyak, disarankan menggunakan sabun wajah yang ringan, lembut dan dapat melembabkan, serta diformulasikan khusus untuk jenis kulit yang berminyak. Gunakan sabun wajah yang tidak mengandung minyak, sehingga produksi minyak tidak semakin meningkat.

Baca Juga : Tips Memilih Cleanser Sesuai Jenis Kulit

Oily Facial Cleanser dari Qinara cocok untuk kamu yang memiliki masalah kulit berminyak. Sabun wajah tersebut merupakan sabun wajah yang diformulasikan bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, karena mengandung Oil Free dan bahan yang bermanfaat lainnya.

Oily Facial Cleanser

2. Menggunakan sunscreen dan moisturizer

Hal utama yang perlu diperhatikan dalam memilih sunscreen dan moisturizer untuk kulit berminyak, yakni pastikan produk tersebut bebas minyak dan bersifat non-comedogenic. Produk yang bebas minyak dan non-comedogenic membantu mencegah kulit terlihat mengkilap dan bahan yang digunakan tidak menimbulkan sumbatan pada pori-pori.

Baca Juga : Panduan Memilih Sunscreen Sesuai Jenis Kulit

Suncare Oily High Protection dari Qinara, bisa menjadi pilihan yang tepat untuk jenis kulit berminyak. Krim ini memiliki fungsi ganda, yaitu berperan sebagai sunscreen dalam melindungi kulit dari sinar UV, serta berfungsi juga sebagai pelembab untuk melembabkan dan mencegah kulit kering.

Suncare Oily High Protection

3. Menggunakan blotting paper (kertas minyak)

Cara yang cukup mudah untuk mengatasi minyak berlebih yaitu dengan menggunakan kertas minyak. Kertas minyak sangat membantu dan mudah diaplikasikan pada kulit berminyak. Kertas minyak ini dapat seketika menyerap minyak pada wajah, tanpa menjadikan kulit wajah berubah menjadi kering. Cara penggunaan kertas minyak yaitu dengan cara menempelkan dan menekannya dengan lembut pada area wajah yang berminyak, maka otomastis minyak pada kulit dapat terkurangi.

Pinterest.com

Jika kamu merasa memiliki ciri – ciri kulit yang berminyak, maka segeralah untuk mencegah dan mengatasinya, agar masalah kulit yang lebih banyak tidak dapat muncul. Pastikan kamu merawat dan menggunakan produk yang tepat, serta sesuai dengan kondisi kulit wajahmu.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0
X