Terganggu dengan Bekas Jerawat Kemerahan yang Susah Hilang? Berikut Tips untuk Menyamarkannya

Terganggu dengan Bekas Jerawat Kemerahan yang Susah Hilang? Berikut Tips untuk Menyamarkannya

Jerawat memang masih menjadi salah satu masalah kulit yang paling banyak dialami dan dikeluhkan oleh banyak orang. Alih – alih pusing karena kesusahan dalam mengatasi jerawat itu sendiri, ternyata banyak yang lebih kesulitan dalam mengatasi masalah bekasnya. Menghilangkan bekas jerawat bisa dibilang jauh lebih susah dibandingkan dengan mengatasi jerawat. Bekas yang ditimbulkan oleh jerawat membutuhkan waktu yang cukup lama dan memberikan kesan yang kurang menarik pada kulit wajah.

Bekas jerawat berwarna kemerahan merupakan bekas jerawat yang paling banyak dialami oleh sebagian orang. Bekas jerawat tersebut akan sangat menganggu, terutama pada orang yang memiliki kulit berwarna terang, karena akan semakin nampak terlihat.

Bekas jerawat berwarna merah atau yang biasa disebut Post Inflamatory Ertythema (PIE), muncul akibat adanya proses pembesaran pembuluh darah yang posisinya berada dekat dengan permukaan kulit wajah, dan berubah warna menjadi kemerahan karena adanya peradangan yang melibatkan lapisan kulit yang lebih dalam.

Baca Juga : Cara Menyamarkan Flek Hitam di Wajah

Bekas jerawat kemerahan cenderung lebih susah diatasi atau disamarkan dibandingkan dengan bekas jerawat berwarna kehitaman.

Akan tetapi, beberapa cara dapat dilakukan untuk membantu menyamarkan dan mengatasinya agar tidak semakin parah, yaitu diantaranya :

1. Bahan alami

Pinterest.com

Cara yang paling mudah yaitu dengan memanfaatkan bahan – bahan alami. Penggunaan bahan alami cukup membantu untuk meredakan peradangan pada jerawat dan memudarkan bekas kemerahan jerawat di kulit. Beberapa bahan alami yang bisa digunakan yaitu bawang putih. Bawang putih memiliki sifat sebagai antimikroba, sehingga mampu mencegah munculnya jerawat dan menyamarkan bekasnya.

Baca Juga : Inilah Bahan Alami yang Ampuh Mengempeskan Jerawat

Penggunaan bahan alami yang lain yaitu bisa dengan memanfaatkan masker dari buah tomat. Buah tomat kaya akan antioksidan yang jika digunakan secara rutin, membantu menghaluskan dan mencerahkan wajah, serta menyamarkan bekas jerawat kemerahan. Minyak essensial seperti minyak kelapa, minyak zaitun dan minyak almond juga bisa digunakan sebagai bahan alami yang dapat mengatasi bekas jerawat kemerahan. Minyak alami tersebut dapat merangsang produksi kolagen yang ada pada kulit, sehingga kulit akan terlihat lebih mulus, cerah, lembut dan terbebas dari bekas jerawat.

Baca Juga : Mengenal Berbagai Jenis Jerawat yang Muncul, Begini Cara Membedakannya

2. Menggunakan skincare yang tepat

Qinara Natural Cosmetics

Penggunaan skincare berperan penting dalam menghilangkan bekas jerawat kemerahan. Pemilihan skincare yang bersifat shooting dan calming, merupakan pilihan yang tepat. Skincare yang bersifat shooting dan calming, membantu menyejukkan dan menenangkan kulit yang mengalami iritasi atau yang bersifat sensitif. Produk – produk dari Qinara bisa kamu coba, karena mengandung bahan alami seperti aloe vera, witch hazel, dan alpukat, yang membantu meredakan dan menenangkan iritasi dan peradangan, serta mengurangi kemerahan pada kulit akibat jerawat.

Baca Juga : Ingin Kulit Lebih Cerah, Pastikan Kamu Menggunakan Skincare dengan Bahan Aktif Berikut

Penggunaan skincare yang tidak boleh dilewatkan yaitu penggunaan pelembab dan sunscreen. Menghidrasi kulit mampu menjaga dan mencegah moisture barrier atau pelindung kulit mengalami kondisi yang lebih parah, karena kulit kering dapat memeperparah bekas jerawat kemerahan. Selain itu, jangan lupa untuk melindungi kulit dari sinar matahari dengan menggunakan sunscreen. Kulit dengan bekas jerawat kemerahan akan tampak semakin memerah jika terpapar sinar matahari. Sinar matahari juga dapat menyebabkan proses penyembuhan dan pemulihan kulit akan semakin lama. Oleh karena itu, jika tidak mengingkan kulit mengalami masalah yang lebih, lindungilah kulitmu menggunakan sunscreen.

Baca Juga : Panduan Memilih Sunscreen sesuai Jenis Kulit

Suncare Oily High Protection dari Qinara bisa menjadi pilihan yang tepat. Krim pagi ini memiliki peran ganda, yaitu melindungi kulit dari sinar matahari, dan juga bisa membantu menghidrasi dan melembabkan kulitmu. Selain itu, krim tersebut juga mengandung bahan – bahan alami, yang membantu menenangkan kondisi kulit.

3. Perawatan Laser dan Chemical peeling

Pinterest.com

Mengatasi bekas jerawat memang tidaklah mudah, butuh ketelatenan dan waktu yang cukup lama untuk menyamarkannya. Cara yang relatif cepat untuk dilakukan yaitu diantarnya dengan melakukan prawatan laser. Perawatan ini bekerja dengan menembus sampai ke lapisan kulit yang dalam, hingga ke pembuluh darah dan membantu melancarkan aliran darah. Efek dari perawatan laser yaitu membantu menghilangkan bekas luka dan mengurangi bekas jerawat baik yang kemerahan maupun kehitaman.

Pinterest.com

Selain itu bisa juga menggunakan peeling untuk menyamarkan bekas jerawat kemerahan. Dengan menggunakan bahan atau cairan kimia tertentu, chemical peeling ini berfungsi untuk mengangkat sel – sel kulit mati dan meregenerasi sel kulit baru. Kulitpun bisa berubah menjadi lebih halus dan bersih. Baik perawatan laser maupun chemical peeling, tentunya harus dilakukan sesuai dengan anjuran dan pengawasan dokter.

Jika dirawat dan diatasi dengan rutin dan benar, bekas jerawat kemerahan akan lebih cepat untuk disamarkan. Akan tetapi, hal tersebut harus diimbangi dengan kebiasaan yang baik untuk menghindari memperparah iritasi jerawat pada kulit wajah. Cara yang dapat dilakukan untuk menghindari iritasi jerawat yang lebih parah yaitu, dengan tidak menyentuh atau memencet jerawat yang ada dan teratur dalam membersihkan wajah setiap hari.

Baca Juga : Stop! Lakukan Kebiasaan Ini saat Kulitmu Berjerawat

Share and Enjoy !

0Shares
0 0
X